Fitur Safety Canggih Mitsubishi Mirage di Thailand

Mitsubishi Mirage: Kualitas Produk Global Yang Patut Dipuji

Tingkat pamor Mitsubishi Mirage di Indonesia memang redup. Berdasarkan data whole Januari sampai Mei 2018, hanya terkirim sebanyak 259 unit. Tampak kerepotan melawan rival di segmen city car 1,2-liter seperti Suzuki Ignis, Honda Brios RS dan Daihatsu Sirion. Padahal, sebagai produk global, Mirage memiliki kualitas yang patut dipuji.

Mitsubishi Mirage

source : Otoasia

Jelas butuh perubahan agar Mirage kembali memiliki keunggulan bersaing. Seperti yang dilakukan Mitsubishi Thailand, dengan menambahkan dua fitur keselamatan canggih ke dalam Mirage spek lokal sana. Dua teknologi berbasis sensor itu adalah sistem Forward Collision Mitigation (FCM-LS) dan Radar-Sensing Misacceleration Mitigation (RMS-FORWARD). Fitur yang biasanya ada di mobil-mobil mewah, kini mulai tersedia di segmen yang jauh lebih murah.

FCM-LS merupakan sistem untuk mencegah tabrakan frontal dengan mobil di depannya. Rata-rata sedan premium Eropa sudah dilengkapi fitur ini. Menggunakan radar yang terletak di balik kaca spion dalam, bertugas memonitor jarak dengan kendaraan depan. Bila terlalu dekat dan berpeluang terjadi tabrakan, sistem memberi peringatan ke pengemudi untuk mengurangi laju. Meski belum dikombinasikan rem otomatis, tentu sangat membantu dalam menambah kewaspadaan berkendara.

Mitsubishi Mirage

source : Inews

Sementara RMS-FORWARD juga memakai radar untuk memantau area depan. Tugasnya, mencegah benturan dengan objek bila terjadi akselerasi mendadak yang tidak disengaja. Jarak objek yang dipantau sampai 4 meter. Misal mobil diparkir tepat menghadap tembok. Bila pedal akselerator terinjak tak sengaja, mesin langsung memutus tenaga dan rem segera aktif tanpa pedalnya diinjak. Tentunya meminimalisir risiko kerusakan akibat kecerobohan pengemudi.

Dua fitur baru menambah safety Mirage selain dual SRS airbag, ABS+EBD+BA, Active Stability Control (ASC), Traction Control System (TCL) dan Hill Start Assist (HSA). Tidak hanya fitur keselamatan, Mitsubishi Thailand juga menambah koneksi Apple CarPlay yang terintegrasi di head unit. Semuanya tersedia sebagai fitur standar di varian GLS Limited.

Bagaimana dengan Mirage lokal yang notabene rakitan Thailand? Sepertinya tidak mungkin, karena spesifikasi dasarnya saja sudah amat berbeda. Kalaupun ditambahkan, pasti harganya bakal melonjak tajam. Di sini, Mirage terbagi dalam varian GLX, GLS dan Exceed. Varian tertingginya belum punya ASC, TCL, HSA dan cruise control seperti Mirage Thailand termahal.

harga city car ini dibanderol mulai dari angka sekitar Rp 173 juta untuk tipe GLX yang merupakan tipe terendah. Sementara itu, untuk Mitsubishi Mirage tipe GLS yang setingkat di atas tipe GLX akan dibanderol dengan harga sedikit lebih tinggi yakni Rp 185 juta. Nah, bagi kawan-kawan yang berjiwa muda dan ingin tampil elegan, sobat Mas Sena bisa memilih tipe Exceed. Nah, untuk harga Mitsubishi Mirage Exceed ini berada pada kisaran angka Rp 197.5 juta. Tipe Exceed ini merupakan varian paling tinggi di antara GLS dan GLX. Selain itu, melihat kelengkapan fitur, tentunya harga Mitsubishi Mirage tipe Exceed yang merupakan paling tinggi adalah pilihan yang paling tepat.

Nah bagaimana? Tertarik untuk punya Mitsubishi Mirage? Jual dulu mobil lama Anda di Carsome. Tidak perlu takut mobil Anda tidak laku laku karena lebih dari 600+ dealer se-Jabodetabek siap membeli mobil Anda dengan harga terbaik. Jual mobil? Carsome-in aja!