Kembali Ke Atas

Kunjungi Carsome di negara-negara berikut!

Mengurus BPKB Menjadi Lebih Mudah Dengan Sistem Online, Mau Coba?
01/12/2017



Peresmian Integrated BPKB System yang dilakukan oleh Ditlantas Polda Metro Jaya (Source: Merah Putih.com)

Apakah kamu salah satu pemilik kendaraan yang selalu pusing apabila waktu kepengurusan BPKB tiba? Sekarang kamu tidak perlu pusing lagi! Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, telah meresmikan Integrated System dalam penerbitan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) secara online atau menggunakan sistem digital. Sistem terbaru ini diharapkan dapat membantu masyarakat dalam mengurus BPKB dan menghindari pungutan liar atau korupsi.

Selain melakukan peresmian Integrated BPKB System, Ditlantas Polda Metro Jaya juga akan menerima penghargaan rekor Muri terkait hal digitalisasi penerbitan BPKB pertama. Tentunya, pada pembangunan digitalisasi sistem pelayanan BPKB ini Ditlantas Polda Metro Jaya bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil), Agen Pemegang Merk (APM) serta lembaga pembiayaan (multifinance) sehingga dapat terwujudnya pelayanan digital yang terintegrasi secara sistem yang dinamakan "Integrated BPKB System".

Cara pengurusan BPKB secara online ini tergolong cukup mudah dan praktis. Pemohon diharuskan untuk datang langsung ke Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya. Setelah itu, pemohon akan diminta untuk menunjukkan berkas BPKB lama (dikhususkan untuk permohonan pergantian kepemilikan) maupun berkas dari diler ataupun lembaga pembiayaan (untuk pengajuan baru).

Setelah berkas yang dikumpulkan telah lengkap, pemohon akan diberikan kartu Radio Frequency Identification (RFID). Kartu ini dapat digunakan sebagai akses masuk tempat pengurusan BPKB. Pengurusan BPKB online diawali dengan pemohon diminta mengisi e-form. Namun, cara yang dilakukan berbeda dengan cara yang lama, melalui e-form ini pemohon tidak perlu lagi mengisi seluruh kolom yang ada pada formulir. Tetapi cukup menuliskan Nomor Induk Kependudukan (NIK) saja. Jika NIK yang dimasukkan benar, maka seluruh kolom formulir akan terisi secara otomatis.

Setelah mengisi formulir, kemudian formulir akan dicetak, kemudian dibawa oleh pemohon ke loket pembayaran bank. Setelah pembayaran dilakukan, pemohon hanya menyerahkan berkas ke loket pendaftaran.

Pemohon menyerahkan berkas formulir pendaftaran ke loket pendaftaran (Source: Padamu.net)

Apabila berkas telah diserahkan ke loket pendaftaran, pemohon diminta untuk menunggu yang nantinya akan dipanggil di loket penyerahan. Setelah beberapa menit, pemohon akan dipanggil oleh petugas di bagian loket penyerahan untuk mengambil BPKB yang telah diurusnya.

Salah satu Tim pricing list dari platform penjualan mobil bekas Carsome Indonesia, berpendapat bahwa inovasi teknologi terbaru ini yang mulai diterapkan dapat mempermudah masyarakat dalam memproses pengurusan BPKB secara online. Sehingga, tidak ada lagi alasan dari beberapa masyarakat yang mengeluh betapa sulitnya dan banyaknya antrian dalam mengurus BPKB, hal tersebut di buktikan dengan adanya fitur layanan e-queue (nomor antrean elektronik) yakni penerapan informasi teknologi pelayanan BPKB pada sistem antrian yang telah dilengkapi dengan sistem RFID untuk mengakses fasilitas e-form.

Selamat Mencoba! 


Terkini

21/08/2017
Tag : 24 Jam Mobil Laku, Mobil Bekas Jakarta, Promosi, Berita, Jual Beli Mobil, Jual Mobil, Mobil, Otomotif, Reviews
07/11/2017
Tag : Berita, Jenis Mobil, Mobil, Mobil Terbaik, Mobil Terbaru, Otomotif
01/12/2017
Tag : Berita, Jenis Mobil, Mobil Terbaru, Ulasan
01/02/2018
Tag : 24 Jam Mobil Laku, Aktivitas, Jual Beli Mobil, Jual Mobil, Jual Mobil Bekas, Promosi, Tips
27/02/2018
Tag : Berita, Gaya Hidup, Jenis Mobil, Otomotif