Biar Mobil Gak Terlalu Boros, Simak Tips Mengemudi Irit Bahan Bakar

Belakangan ramai terdengar isu bahwa salah satu bahan bakar RON 90 yang banyak dijual di Indonesia alami penurunan kualitas. Banyak komentar netizen yang mengatakan bahwa mobil mereka menjadi lebih boros daripada biasanya. Padahal jumlah liter yang diisi dan kendaraan yang digunakan sama sebelum harga BBM naik.

Meskipun tidak terbukti secara ilmiah, namun salah satu cara agar irit BBM ialah mengemudi yang baik dan benar. Ada istilah eco driving, dimana pengemudi bisa melakukannya dan berdampak pada konsumsi bahan bakar yang sedikit. Lantas bagaimana cara mengemudi irit bahan bakar atau eco driving yang tepat?

  • Menjaga Putaran Mesin Mobil

Langkah pertama paling mudah cara mengemudi irit bahan bakar ialah menjaga putaran mesin mobil. Pengemudi harus menjaga mesin agar mobil saat melaju tetap dalam putaran rendah. Ketika mesin mobil berada dalam putaran tinggi maka akan lebih banyak menghabiskan bahan bakar.

Umumnya putaran mesin ideal dibawah 2.000 RPM. Hindari putaran mesin lebih dari 2.500 RPM apalagi 3.000 RPM karena akan membuat Anda sering mampir ke SPBU. Cara paling mudah untuk menjaga putaran mesin ialah menginjak pedal gas secara perlahan-lahan. Bila terlalu cepat menginjak akan membuat mesin mencapai putaran tinggi.

Baca artikel:
1. Bensin Semakin Mahal, Ini Pilihan Mobil Irit Dibawah 1.500 cc Harga Terjangkau
2. 12 Mobil Diesel Murah, Irit & Terbaik Incaran Konsumen!
3. 15 Rekomendasi Mobil City Car Terbaik dan Irit 2021
  • Kecepatan Mobil Konstan

Bila sudah bisa menguasai kaki untuk menjaga putaran mesin tetap rendah, langkah selanjutnya menjaga kecepatan mobil yang konstan. Situasi ini tentu bisa diterapkan ketika dalam kondisi lalu lintas lancar. Umumnya menjaga kecepatan mobil konstan di 60 km/jam atau paling tinggi 80 km/jam bisa lebih menghemat bahan bakar.

Fitur cruise control yang saat ini sudah cukup banyak ditemui mobil-mobil kelas menengah ke atas bisa dimanfaatkan. Ketika laju mobil sudah di 80 km/jam, maka aktifkan cruise control untuk menjaga efisiensi BBM. Namun kalau tidak ada fitur tersebut, cukup menahan injakan kaki di pedal gas saat jarum atau angka di speedometer sudah tercapai kecepatan yang diinginkan.

Baca juga: Kebiasaan Buruk yang Bisa Bikin Mobil Kamu Jadi Meledak!

  • Hindari Akselerasi Mendadak

Lantas bagaimana bila dalam situasi macet yang mengharuskan mobil stop and go? Untuk tips mengemudi irit bahan bakar pada kondisi ini, kesabaran adalah kunci utamanya. Jangan gegabah membuat mobil berakselerasi mendadak. Hal ini bisa memicu mesin bekerja berat yang membutuhkan bahan bakar lebih banyak.

Untuk mobil transmisi otomatis, bisa pindahkan tuas persneling ke D lalu biarkan mobil bergerak dan injak gas secara perlahan bila diperlukan. Sedangkan mobil transmisi manual bisa melepas injakan  kopling secara perlahan agar mobil bergerak maju diiringi menekan pedal gas secara lembut.

  • Pakai Transmisi Manual

Sudah banyak yang tahu bahwa mobil dengan transmisi manual umumnya lebih hemat bahan bakar dibandingkan otomatis. Salah satu tips mengemudi irit bahan bakar ialah menggunakan mobil dengan transmisi manual. Hal ini karena pengemudi bisa mengendalikan secara presisi baik putaran mesin maupun kecepatan mobil.

Tetapi ada juga mobil otomatis yang disematkan fitur perpindahan manual. Ini menjadi kelebihan karena pengemudi bisa fleksibel kapan membutuhkan transmisi manual atau otomatis. Meskipun mobil dengan transmisi manual seutuhnya bisa lebih irit BBM.

Baca juga: Bukan Cuma Satu, Kenali Jenis Transmisi Otomatis di Mobil

  • Engine Brake

Ketika ingin mengurangi kecepatan mobil, umumnya pengemudi melakukan pengereman atau melepas injakan pedal gas. Tetapi untuk mobil bertransmisi manual bisa memanfaatkan engine brake. Sehingga mobil bisa melambat lebih halus tanpa harus mengerem mendadak. 

Jual Mobil di CARSOME Mudah dan Cepat

Tidak hanya menjual mobil bekas berkualitas, CARSOME juga akan membeli mobil Anda dengan mudah dan cepat. Menjual mobil di CARSOME mendapatkan pengalaman yang mudah dan nyaman mulai dari proses inspeksi mobil secara gratis hingga proses pengurusan dokumen mobil.

Saat proses pengecekan mobil, kami mempunyai inspektor profesional untuk melakukan pemeriksaan secara menyeluruh dan mengetahui harga yang sesuai dengan kondisi mobil Anda. Selesai inspeksi maka Anda akan mendapatkan penawaran terbaik dari CARSOME. Bila tercapai kesepakatan, kami membayar mobil Anda hanya dalam 1 jam* saja. 

Baca juga: Jual Mobil Dengan Penawaran Terbaik Di CARSOME