5 Hal Wajib Periksa Pada Mobil Anda!

Libur Lebaran Telah Usai, 5 Hal Wajib Dicek Sebelum Perjalanan

Bagaimana perjalanan mudik anda dikampung halaman? Pastinya banyak hal baru dan istimewa yang dirasakan setelah bertemu sanak saudara di kampung halaman. Nah, buat Anda yang kemarin bermudik dengan mobil pribadi, pastinya mobil akan mengalami “kelelahan”. Hal ini disebabkan karena menempuh perjalanan yang jauh, belum lagi dipakai untuk berwisata dan silahturami saat hari raya lebaran.

hal wajib periksa mobil
Source: Kompas

Setelah melakukan perjalanan mudik maupun hanya untuk sekedar berlibur, ada beberapa hal yang harus dilakukan yaitu melakukan pemeriksaan mobil pasca mudik lebaran. Hal ini dapat mencegah kerusakan besar terjadi, apalagi saat perjalanan mudik melewati kondisi jalanan yang kurang baik atau macet.

Berikut ini Carsome Indonesia akan menjelaskan beberapa komponen mobil yang wajib diperiksa pasca libur lebaran:

#1 Pelumas atau Oli Mesin

hal wajib periksa mobil
Source: Kompas

Jika sebelum berangkat mudik telah dilakukan pergantian oli, Carsome menyarankan untuk tetap melakukan pengecekan apakah terdapat kebocoran atau tidak. Pengecekan ini bisa dilihat melalui dip stick lalu diperiksa juga disekitar bagian mesin apakah ada rembesan oli atau tidak. Disarankan jika mobil telah digunakan dengan jarak tempuh mencapai 2500 km atau lebih untuk dilakukan pergantian oli mesin. Penggunaan oli baru dapat membuat pelumasan kembali sempurna.

#2 Komponen Rem dan Kopling

hal wajib periksa mobil
Source: Orklan

Setelah melakukan perjalanan yang jauh, biasakan juga untuk melakukan pengecekkan komponen rem dan kopling. Perjalanan yang panjang dengan kecepatan yang tinggi dan diselingi dengan kondisi macet biasanya akan membuat kampas rem atau kopling menjadi lebih  tipis. Meski masih bisa digunakan dan tidak harus diganti, tetap lakukan pemeriksaan untuk memastikan demi keamanan pemakaian Anda.

#3 Kaki-kaki Mobil

Macam-macam kondisi jalan membuat bagian ini menjadi rentan terhadap pengaruh dari aktivitas berkendara Anda sehingga membutuhkan pemeriksaan secara menyeluruh. Pemeriksaan kaki-kaki cukup mudah, misalnya di bagian shockbreaker, anda cukup melihat dan meraba bagian tabung, jika ada rembesan oli bisa jadi piranti mengalami kerusakan.

#4 Ban Mobil

hal wajib periksa mobil
Source: Asapmobil

Pastikan kondisi ban mobil Anda masih baik dan layak untuk digunakan, tetapi harus diganti jika sudah mengalami kebotakan atau tipis. Ban tergolong sangat vital untuk mencegah risiko kecelakaan saat berkendara, utamanya saat hujan terjadi.

#5 Bagian Dalam Mobil

hal wajib periksa mobil
Source: Freepik

Bukan hanya bagian luar mobil saja yang harus dilakukan pemeriksaan, tetapi pada bagian dalam yaitu kabin mobil ini tentunya telah menjadi rumah kedua selama perjalanan liburan Anda. Untuk itu pasti banyak sisa-sisa makanan di dalam kabin, jika dibiarkan kotoran ini akan menjadi kuman penyakit. Untuk itu sebaiknya kabin mobil dibersihkan secara menyeluruh menggunakan vacuum cleaner. 

Bagaimana? Sudah tahukan apa saja yang perlu diperiksa pada mobil Anda pasca libur lebaran kemarin? Nah, bagi Anda yang mulai bosan dengan mobil lama Anda dan berencana untuk mudik dengan mobil baru di mudik lebaran tahun depan. Yuk jual mobil lama Anda dengan cepat dan mudah di Carsome.id. Dengan harga penawaran yang transparan dilakukan oleh lebih dari 600 dealer Jabodetabek, mobil Anda akan dibeli dengan Harga Terbaik! Jual Mobil Cepat dan Mudah? Carsome-in Aja!