Pasang Audio Mobil dengan Aman Bagi Pemula

Pasang audio mobil berkualitas tentunya membutuhkan kinerja yang ekstra untuk memperhatikan beberapa komponen kelistrikan. Mobil memang selalu menjadi rumah kedua bagi para pengendara. Untuk itu membuatnya senyaman mungkin adalah suatu kewajiban. 

Audio mobil yang berkualitas tentu saja dapat menunjang kenyamanan saat berkendara di jalan raya. Namun, Anda sebagai pemilik mobil juga harus memahami cara pasang audio mobil yang benar agar bisa menghasilkan kenyamanan yang optimal.

Terdapat beberapa hal yang harus Anda pahami sebelum memilih dan memasang sistem audio yang berkualitas di mobil. Pada artikel kali ini Carsome sudah menyiapkan berbagai informasi seputar audio mobil yang tentunya akan sangat berguna bagi Anda!

pasang-audio-mobil

Jenis-Jenis Audio Mobil

Audio mobil yang dipasang sembarangan bisa menyebabkan terjadinya korsleting pada kabel. Kesalahan ini yang membuat suara kurang berkualitas akhirnya. Masing-masing audio mobil tentu memiliki fungsi yang berbeda. Simak terlebih dahulu jenis audio mobilnya:

Audio Sound Pressure Level (SPL)

Jenis audio yang pertama adalah audio SPL atau Sound Pressure Level. Jenis audio SPL sangat menonjolkan sisi kekerasan suara yang dihasilkannya (diukur dengan satuan desibel). Ciri khas dari jenis yang satu ini adalah penggunaan subwoofer dengan jumlah yang sedikit namun dengan volume yang besar. Audio SPL cocok bagi Anda yang menyukai sistem audio dengan suara bass yang besar.

Audio Sound Quality (SQ)

Jenis yang kedua adalah sistem audio Sound Quality (SQ). Audio Sound Quality lebih mengumatakan kualitas dari suara yang dihasilkan, mulai dari tingkat kejernihan suara, kedalaman suara, hingga dari sisi bayangan suara yang dihasilkan. Itulah mengapa suara yang dihasilkan dari jenis audio yang satu ini sangat baik dan paling mendekati suara aslinya.

Audio SQ dilengkapi dengan head unit speaker dan prosesor khusus dengan kualitas tinggi sehingga akan semakin mendukung kualitas suara yang dihasilkan nantinya.

Audio Sound Quality Load (SQL)

Jenis audio yang terakhir merupakan perpaduan dari dua jenis audio yang sebelumnya sudah dibahas. Audio SQL sendiri merupakan audio dengan kualitas suara yang baik, jernih, dan memiliki volume yang juga keras. Namun, tentu saja untuk dapat mendapatkan seluruh kualitas tersebut Anda harus menggunakan speaker serta subwoofer dengan jumlah yang tidak sedikit.

Peralatan & Komponen untuk Pasang Audio Mobil

Sebelum melakukan pemasangan, ada baiknya Anda terlebih dahulu memahami komponen audio mobil dan menyiapkan berbagai peralatan. Sehingga tidak sampai melakukan berbagai kesalahan yang fatal di kemudian hari. Simak selengkapnya dibawah ini: 

Head Unit

Head Unit sering disebut sebagai otak dari seluruh sistem perangkat audio mobil. Komponen ini memiliki peranan yang sangat penting karena berfungsi untuk mengatur seluruh komponen yang lain yang terhubung dalam sistem audio mobil. Saat ini, kebanyakan head unit sudah berbentuk layar sentuh sehingga memudahkan pengendara dalam mengatur seluruh sistem audio.

Speaker

Komponen kedua yang juga tak kalah penting adalah speaker. Pada komponen inilah suara dihasilkan dari sinyal elektrik yang dikirimkan dari head unit. Speaker mobil sendiri dapat dibagi menjadi beberapa tipe khusus berdasarkan frekuensi suara yang dihasilkannya, antara lain:

  • Tweeter (3500 Hz – 20 Khz).
  • Midrange (350 Hz – 4500 Hz).
  • Midbass (80 Hz – 350 Hz).
  • Subwoofer (kurang dari 100 Hz).

Amplifier

Amplifier merupakan sebuah alat yang digunakan untuk memperkuat sinyal suara yang dikirimkan dari bagian head unit. Setelah itu sinyal akan dibagi ke beberapa volume untuk tiap-tiap komponen dari sistem audio mobil. Selain itu, amplifier juga berguna untuk menambah daya sehingga kualitas suara yang dihasilkan menjadi lebih kuat dan jernih.

Tips memasang audio mobil dengan tepat tentunya dengan memperhatikan penggunaan kabel yang tepat untuk menyambungkan speaker dan aki. 

Kabel RCA

Kabel RCA berfungsi untuk mengalirkan sinyal dan suara dari head unit ke prosesor.  Pemakaian kabel RCA ini wajib disesuaikan dengan fungsi yang Anda inginkan. Anda dapat mentransfer dalam bentuk sinyal dan gambar. Fungsi dari kabel RCA ini digunakan sebagai jalur utama analog dari head unit ke amplifier. Dengan adanya kabel RCA ini dapat menghasilkan suara yang lebih jernih. 

Kabel Remote

Kabel rem atau remote kabel tape mobil berfungsi sebagai power amplifier yang berfungsi untuk memonitor power amplifier. Jika kabel remote ini rusak dan tidak mengeluarkan arus listrik, maka power amplifier tidak dapat hidup. Power amplifier digunakan untuk meningkatkan level sistem audio Anda dan meringankan kinerja aki. 

Aki

Jika Anda ingin meningkatkan sistem audio mobil pastikan aki Anda sudah lebih besar amperenya. Supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak Anda inginkan seperti audio drop karena tidak diputar secara maksimal.Sebelum terlalu fokus pada sistem yang teknis, ada baiknya Anda memastikan terlebih dahulu apakah komponen-komponen pendukung sudah lengkap atau butuh ditambahkan untuk memaksimalkan pekerjaan audio mobil. 

Cara Pasang Audio Mobil untuk Pemula

Sebelum memasang audio untuk mobil Anda, ada baiknya untuk menyesuaikan kualitas installer dengan budget terlebih dahulu. Kenali juga kebutuhan Anda dari segi perangkat, apakah membutuhkan penambahan subwoofer atau amplifier. 

  • Gunakan jenis kabel yang sesuai untuk menyalurkan daya listrik. Jika memungkinkan untuk mendapatkan wiring harness, maka lebih baik menggunakannya. 
  • Potong dan sambungkan kabel secara rapi (agar tidak saling menumpuk) agar terhindar dari risiko konslet. Gunakan kabel speaker 12-18WG untuk memastikan rangkaian terpasang dengan baik. 
  • Salurkan sumber listrik dari kepala aki positif dan negatif.
  • Sambungkan komponen amplifier dengan menggunakan kabel speaker dan subwoofer
  • Tutup dan lapisi kabel yang telah disambungkan dengan menggunakan isolasi.
  • Letakkan power audio mobil pada posisi yang tidak mudah tersentuh ataupun tersenggol penumpang yang berada di dalam mobil.

Berniat Modifikasi Mobil, Benarkah Mengurangi Harga Jual? 

Menjual mobil bekas di Carsome tentu sangat terpercaya, mudah dan cepat! Hal yang perlu Anda perhatikan adalah modifikasi yang Anda lakukan apakah mengubah fungsi mesin mobil secara keseluruhan. Mobil modifikasi biasanya dianggap menjadi versi orisinil yang ada di pasaran. 

Hindari melakukan modifikasi yang merubah struktur hingga tampilan terlalu banyak. Contohnya, mengganti velg mobil biasanya bisa mengurangi manuver berkendara. Adapun modifikasi mobil juga bisa menghilangkan garansi resmi pabrikan mobil. Jika memiliki garansi mobil, ini tentunya akan menjadi poin untuk lebih cepat menjual mobil Anda

Jadi hati-hati jika melakukan modifikasi mobil, ya! Jika sekiranya membuat mobil Anda menjadi lebih berfungsi lebih baik secara umum dipasaran, maka ini bisa menjadi poin yang baik untuk Anda. Namun, jika perubahan terlalu banyak maka Anda patut memperhatikan lebih baik lagi. 

Jual beli mobil bekas di Carsome sangat mudah dan praktis! Tukar tambah dengan mobil bekas berkualitas dapat Anda lakukan juga di Carsome. Budget menjual mobil Anda tentu akan cair hanya dalam satu hari saja. Pastikan semua kebutuhan dokumen transaksi terpenuhi dengan baik! 

Baca juga: 25 Mobil Kecil Murah Baru dan Bekas Harga Mulai 100 Jutaan