Apa Itu Water Hammer? Dampak, Pencegahan dan Perbaikannya Pada Mesin Mobil!

Water hammer adalah gangguan yang terjadi pada proses pembakaran mesin dikarenakan air yang terlalu banyak menggenang. Hal ini terjadi biasanya dalam musim hujan dan ketika mobil terendam banjir.

Mencuci mobil dengan cara yang salah juga bisa menyebabkan air masuk ke dalam mesin dan menyebabkan water hammer. Kondisi ini merupakan hal yang sangat menakutkan bagi para pengendara mobil. Namun, sebenarnya apa itu water hammer? Simak selengkapnya hanya di Carsome!

water-hammer-adalah

Apa Itu Water Hammer?

Water hammer merupakan sebuah kondisi yang cukup mengancam bagi pengendara mobil apabila melewati jalanan yang tergenang air cukup dalam. Adanya genangan atau bahkan limpahan air tersebut dapat kapan saja masuk ke dalam mesin mobil.

Water hammer sendiri tidak hanya dapat terjadi karena masuknya air banjir ke dalam mesin mobil, namun juga dapat diakibatkan karena bercampurnya bensin dengan air. Begitu pula saat mencuci mobil, apabila prosesnya tidak dilakukan dengan benar juga mampu memicu terjadinya water hammer.

Proses Terjadinya Water Hammer

  • Air masuk ke dalam ruang pembakaran ataupun ruang untuk sistem pelumasan dalam mobil.
  • Air yang masuk ke dalam ruang pembakaran dapat menyebabkan tekanan menjadi lebih tinggi sehingga dorongan pada piston akan menjadi berlebih.
  • Karena tekanan ataupun dorongan pada piston terjadi secara berlebihan, piston dapat mengalami kebengkokan.
  • Kondisi tersebut membuat air bisa masuk ke dalam mesin dari berbagai celah, salah satunya dari komponen knalpot.

Dampak Water Hammer bagi Mobil

Water hammer adalah kerusakan yang cukup berarti untuk mobil Anda. Mengapa? Jika menjual mobil dikemudian hari masalah ini akan sangat menjadi pertimbangan untuk mobil Anda dijual dengan harga yang sesuai pasar. Selain menjual, memperbaikinya sendiri membutuhkan modal yang cukup banyak. Ketimbang memperbaiki mobil lama dengan harapan yang di kemudian hari belum tentu mobil pulih seperti semula. Anda tentu akan berpikir untuk melakukan tukar tambah dengan mobil baru ataupun mobil bekas bukan? Nah, kalau begitu simak dulu dampaknya pada mesin mobil Anda, ya!

1. Kebocoran dalam Mesin

Air yang masuk ke dalam mesin mobil dapat mengakibatkan kebocoran, terutama pada bagian sambungan mesinnya. Dampak yang satu ini memang tidak langsung terlihat karena biasanya terjadi sedikit demi sedikit. Namun, jika tidak segera ditangani dengan serius akan berdampak lebih besar bagi kerusakan mesin kedepannya.

2. Kerusakan Piston

Seperti yang sudah dijelaskan pada proses terjadinya water hammer. Masuknya air ke dalam komponen mesin mobil dapat membuat dorongan atau tekanan yang cukup kuat dan berlawanan dengan gerakan piston. Karena tekanan dihasilkan oleh air dan bukan udara, piston berpotensi untuk mengalami kebengkokan atau bahkan hancur.

3. Mobil Tidak Mau Menyala

Dengan berbagai kerusakan yang terjadi pada banyak komponen mesin mobil akibat water hammer, pada akhirnya tentu saja mobil tidak akan mau menyala. Kondisi tersebut biasanya terjadi karena sistem pembakaran yang terjadi di dalam mesin mobil sudah tidak bekerja sesuai dengan fungsinya.

Biaya Perbaikan Water Hammer

Menurut Otomotif Kompas, biaya untuk perbaikan kerusakan mesin mobil yang diakibatkan oleh water hammer berkisar dari Rp 5 juta. Biaya tersebut tentu saja akan berubah-ubah dan menyesuaikan dengan kondisi kerusakan yang terjadi. Biasanya menyesuaikan dengan kerusakan yang terjadi pada dua silinder, mesin mobil dengan 4 silinder maka harga yang dikenakan akan berbeda. 

Tips Pencegahan Terjadinya Water Hammer

Sudah mengenal apa saja dampaknya bukan? Tidak hanya menurunkan harga mobil saja, namun dari sisi perbaikan juga membutuhkan pendanaan yang cukup besar. Untuk itu saat berkendara, pahamilah cara berkendara di berbagai situasi dengan baik. Hindari bersikap emosional saat menyetir. Menurut penelitian Advances in Human-Computer Interaction menyatakan bahwa mengemudi dengan emosional yang tidak terkendali akan membuat Anda menjadi tidak fokus. Untuk itu, hindari terlalu emosional dengan keadaan dan lakukan beberapa tips ini saat melewati genangan air.

1. Hindari Area Banjir atau Tergenang Air

Seperti yang sudah Anda ketahui, water hammer biasanya terjadi karena masuknya air ke dalam mesin mobil. Karena itulah, sebisa mungkin hindari untuk melewati kawasan ataupun area yang terkena banjir dan tergenang air. Lebih baik mencari jalan alternatif yang memang terhindar dari banjir.

2. Selalu Kendalikan Kecepatan Mobil

Bagi Anda yang memang terpaksa harus melewati daerah yang terkena banjir, jangan lupa untuk selalu mengatur dan mengendalikan kecepatan mobil. Direkomendasikan agar menginjak gas secara stabil selama berkendara melewati area yang tergenang air. Hal tersebut ditujukan agar air tidak masuk ke dalam mesin melalui knalpot mobil.

3. Hindari Berkendara saat Arus Deras

Tips ini berguna bagi Anda yang mungkin sering melewati jalur pegunungan atau area yang menanjak. Kondisi hujan serta arus yang deras dapat mengakibatkan air masuk melalui knalpot mobil, terutama saat di jalan yang menanjak. Selain potensi akan water hammer, berkendara saat arus deras juga sangat berbahaya karena dapat menimbulkan kecelakaan.

4. Selalu Lakukan Pengecekan Rutin

Setelah Anda melewati jalur banjir atau jalanan yang tergenang air, ada baiknya lakukan pengecekan ke bengkel mobil resmi terdekat. Mesin mobil yang menyala bukanlah jaminan bahwa kondisi mesin mobil Anda baik-baik saja. 

Lebih baik mencegah kerusakan yang kecil dari pada harus menambah biaya perbaikan yang lebih besar nantinya. Untuk itu rutin setiap 6 bulan sekali atau setahun sekali untuk mengetahui masalah pada mesin mobil, ada baiknya Anda melakukan tune up

Jadi, bagi Anda yang berniat untuk menjual mobil bekas Anda di kemudian hari wajib memperhatikan mesin mobil dengan baik, ya! Mengapa? Jika Anda ingin menjual mobil bekas di Carsome, pastikan mesin mobil terbebas dari kendala atau kerusakan yang disebabkan oleh banjir. 

Jual beli mobil di Carsome sangat terpercaya, mudah dan cepat. Jika ingin menjual mobil, ingat untuk tidak mengulur waktu terlalu lama, karena mobil setiap harinya mengalami depresiasi harga. Namun, tidak perlu ragu Carsome menjanjikan Anda proses yang praktis dan pastinya transparan. Tunggu apa lagi, tidak perlu ragu jual mobil lama Anda di Carsome sekarang! 

Baca juga:  25 Mobil Kecil Murah Baru dan Bekas Harga Mulai 100 Jutaan