Mitos-mitos mobil: Mitos atau Fakta?

mitos-tentang-mobil

Kita sudah sering mendengarnya: memanaskan mobilmu di pagi hari sebelum menyetir dan memposisikan gigi pada posisi netral saat kamu berada di perhentian lalu lintas, dan seterusnya. Apakah cerita-cerita ini benar? Kami telah mengumpulkan beberapa mitos mobil dan cerita lama yang telah lama beredar. Temukan kebenaran di baliknya!

Menggunakan HP di pom bensin

mitos-menggunakan-hp-di-pom-bensin

Mitos: Penggunaan HP di pom bensin bisa menyebabkan kebakaran karena gelombang mikro yang terpancar dari HP bisa menghasilkan percikan.

Fakta: Menurut Dr. Chandima Gomes, seorang profesor teknik listrik dari Universitas Putra Malaysia di Malaysia, walaupun gelombang mikro dapat menghasilkan percikan saat bersentuhan dengan logam, gelombang yang terpancar dari HP terlalu lemah untuk menciptakan ledakan. Mitos ini bahkan telah diuji coba oleh MythBusters Discovery Channel dan dinyatakan palsu. 

Meskipun bukti ilmiah menyatakan sebaliknya, namun penggunaan HP masih dilarang di pom bensin dan kamu harus mematuhi aturan tersebut.

Lakukan pemanasan mesin sebelum mengemudi

mitos-pemanasan-mesin

Mitos: Menyetir mobil tanpa melakukan pemanasan akan merusak mesin.

Fakta: Sebagian dari mitos ini benar. Karburator pada mobil lama butuh pemanasan untuk bekerja dengan baik. Tanpa pemanasan, karburator tidak akan bisa mendapat campuran udara dan bahan bakar yang tepat di mesin, akibatnya mesin menjadi mati. 

Bagaimanapun, mobil zaman sekarang memiliki injeksi bahan bakar elektronik yang tidak membutuhkan pemanasan. Jika kamu harus melakukannya, menyetirlah dengan kecepatan rendah selama 1-2 menit sebelum menambah kecepatan.

Posisikan gigi pada kondisi netral di lampu lalu lintas

mitos-posisikan-gigi-pada-kondisi-netral-di-lampu-lalu-lintas

Mitos: Posisikan  gigi pada kondisi netral di setiap lampu lalu lintas akan meningkatkan keausan pada transmisi.

Fakta: Sayangnya, tidak ada jawaban pasti tapi mereka yang berpengalaman seperti Jason Fenske dari saluran YouTube Engineering Explained mengatakan walaupun tidak banyak dipakai karena kendaraan tidak bergerak, sebenarnya tidak ada alasan untuk menempatkan gigi pada netral. Sebagai perbandingan, artikel yang ditulis oleh Joey Bernadez, Editor Teknis Top Gear Filipina menyebutkan kalau ia sendiri melakukannya dan mobilnya telah melaju lebih dari 200.000 km tanpa masalah transmisi.

Harga mobilmu lebih rendah karena termasuk kendaraan operasional

mitos-harga-mobil-rendah-karena-mobil-operasional

Mitos: Kamu akan mendapat harga jual yang lebih rendah untuk mobil operasional karena mobilmu bukan kendaraan pribadi.

Fakta: Tidak, kamu tidak akan. Kepercayaan yang menyatakan kalau kamu akan mendapat harga yang lebih rendah karena mobilmu sebelumnya digunakan sebagai kendaraan operasional adalah palsu. Ketika menjual mobilmu pada Carsome, harga kendaraanmu akan tergantung pada kondisi dan jarak tempuhnya, sama seperti kendaraan transportasi lainnya. Bagaimanapun, kamu diharuskan untuk mengganti status kendaraanmu sebelum datang ke Carsome untuk inspeksi. Untuk informasi selengkapnya, klik di sini untuk panduan langkah-demi-langkah tentang apa yang harus kamu lakukan sebelum menjual kendaraan operasional pada Carsome.

Menjual mobilmu sekarang menjadi mudah dan tidak ribet. Carsome memang profesional, nyaman dan cepat untukmu!

Jika kamu ingin menjual mobilmu, prosesnya seharusnya tidak ribet. Carsome melakukannya secara profesional, nyaman, dan cepat untukmu!