Bagaimana Kamu Bisa Menjadi Penumpang yang Lebih Baik untuk Setiap Perjalanan ?

Tidak fokus saat menyetir adalah masalah besar yang terjadi di seluruh dunia, sekarang sebagian besar perhatian tertuju pada pengemudi dan HP. Uniknya, salah satu hal yang membuat tidak fokus bisa jadi adalah si penumpang. Beberapa peneliti menemukan kalau sikap penumpang sama pentingnya dengan sikap pengemudi dalam hal keselamatan. Sebuah penelitian awal menunjukkan kalau pengemudi yang membawa penumpang 60% lebih cenderung mengalami kecelakaan yang menyebabkan luka serius dibandingkan saat menyetir sendirian. Para penumpang memainkan peran penting karena mereka dapat memengaruhi sikap pengemudi, baik secara positif maupun negatif. Misalnya, meskipun wanita tidak biasanya mengambil risiko saat menyetir, namun kehadiran seorang pria di kursi penumpang lebih memungkinkannya untuk mengambil risiko dibandingkan dengan bepergian dengan wanita lain. Pengemudi juga cenderung menjadi kurang waspada dan kurang mampu mengantisipasi bahaya jika ada penumpang di mobil.

5 Petunjuk Mudah untuk Menjadi Penumpang yang Baik :

  • Jadilah co-pilot yang baik.

Sangat penting untuk berperan aktif saat perjalanan dengan membantu navigasi, menjawab telepon, mengingatkan bahaya di depan dan menemani si pengemudi.

  • Jangan mengganggu si pengemudi.

Jika kamu ingin si pengemudi untuk fokus ke jalan, kamu harus ikut berperan dalam meminimalisir gangguan. Jangan bicara keras-keras di telepon, menggonta-ganti musik atau mengomentari cara mereka menyetir. Hal ini bisa memengaruhi mental mereka.

  • Tetap terjaga

Penumpang yang tidur bisa meningkatkan kemungkinan si pengemudi juga tertidur. Jika perlu, gantianlah menyetir saat perjalanan jauh supaya semua orang bisa tidur sejenak saat rasa lelah mulai merayap.

  • Pastikan Anak-anak Aman

Hindari galau dengan menyiapkan makanan ringan, buku atau aktivitas lainnya untuk anak-anak. “Muatan terpenting” – alias semua orang di mobil – seharusnya aman dengan memakai sabuk pengaman dan kursi mobil yang sesuai untuk meminimalisir gangguan dan meningkatkan keselamatan.

  • Jangan Takut Bersuara

Kamu punya hak untuk memberitahu pengemudi agar tidak membahayakan nyawamu jika mereka menyetir dengan sembrono atau melakukan hal-hal yang berisiko.

Singkatnya, daripada menciptakan atau berkontribusi atas masalah di jalan, kamu bisa lebih bertanggung jawab sebagai co-pilot yang aktif. Tetaplah tenang, bantu pengemudi untuk menavigasi jalan. Ingat juga, jika suatu saat si pengemudi salah belok, jadilah penumpang yang baik dengan bersikap sabar dan tunjukkan arah yang benar secara halus. Hal ini memastikan pengalaman yang aman di jalan bagi pengemudi dan penumpang.

Jika kamu ingin menjual mobilmu, prosesnya seharusnya tidak ribet. Carsome melakukannya secara profesional, nyaman, dan cepat untukmu!