6 Tips Agar Lebih Aman Mengemudi Saat Covid-19

Kebiasaan Baru Meminimalisir Penyebaran Virus

Saat dunia berjuang menahan penyebaran Covid-19, banyak dari kita yang diharuskan menjalankan karantina di rumah. Ketika aturan-aturan lockdown perlahan ditarik, kita perlu menerapkan new normal – kebiasaan baru untuk lebih menjaga kebersihan, memakai masker dan menjaga jarak satu sama lain. Di Carsome, kebiasaan-kebiasaan ini telah diterapkan secara regional sebagai standar prosedur operasional baru dimana para pekerja di seluruh cabang mengambil langkah-langkah yang memadai untuk keselamatan semua orang.

new normal-tips mengemudi

Namun, ketika bepergian dengan mobil, apa yang dapat kita lakukan untuk meminimalisir penyebaran virus tersebut? Lanjutkan membaca untuk mengetahui lebih lanjut.

Peka terhadap apa yang kamu sentuh

Berdasarkan informasi yang dirilis oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), virus Covid-19 dapat bertahan hingga 72 jam saat menempel pada plastik dan besi tahan karat, serta kurang dari 4 jam saat menempel pada tembaga. Mulai dari pegangan pintu, tombol lift hingga pompa bensin, semuanya dapat menjadi perantara penyebaran. Karena itu, sangat penting untuk sering mencuci tangan atau memakai hand sanitizer serta mengikuti aturan.

Bersihkan dan basmi kuman pada bagian-bagian mobil yang sering disentuh

Kami telah membagi beberapa tips mengenai cara terbaik untuk membersihkan dan membasmi kuman dari kabin mobilmu, termasuk bahan-bahan paling efektif yang bisa kamu gunakan. Baik menggunakan kain lap, spray atau sabun, fokuslah pada area yang sering disentuh seperti pegangan pintu, dasbor, ventilasi AC dan setir mobil.

Buka kaca untuk ventilasi sementara atau selama perjalanan

Ketika membahas cara meminimalisir penyebaran virus di dalam mobil, salah satu topik yang sering dibicarakan adalah meningkatkan ventilasi. Udara di dalam kabin dapat bertahan dalam kurun waktu yang lama. Meskipun tidak ada penelitian mengenai efek peyebaran Covid-19 dari luar ke bagian dalam mobil, tapi telah terbukti bahwa kualitas udara di dalam mobil lebih buruk dari luar.

Buka kaca untuk ventilasi - tips mengemudi

Telah terbukti bahwa membuka kaca mobil saat mengemudi dapat meningkatkan sirkulasi udara – kamu bisa mengikutinya. Penggunaan tombol udara segar AC dan resirkulasi saat mengemudi juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi udara.

Ganti saringan udaramu

Berdasarkan survei Carsome terkini mengenai kebiasaan konsumen, hanya 8% responden yang tahu kalau mereka seharusnya membuka kaca mobil saat dibutuhkan, dan hanya 4% yang mengganti saringan AC mereka secara rutin.

ganti saringan AC secara rutin

Apakah kamu tahu kalau selain mesin saringan udara, ada satu bagian lain yang terletak di dalam kabin? Seringkali terletak di belakang kompartemen sarung tangan, manfaat dari saringan udara kabin adalah untuk membantu menjebak partikel dari memasuki mobil. Ada berbagai tipe saringan udara, sesuai dengan kegunaannya. Mengetahui perbedaan antara saringan karbon aktif vs HEPA akan memudahkanmu menentukan pilihan.

Simpan stok kain disinfektan, tisu, masker dan tempat sampah mini di dalam mobilmu

Pepatah “lebih baik bersiap-siap daripada menyesal” sangat pas dengan kondisi sekarang. Banyak survei, termasuk survei Carsome terkini yang menyimpulkan bahwa lebih banyak orang yang menggunakan kendaraan peribadi daripada transportasi umum saat pandemi Covid-19. Karena itu, menyimpan stok kain disinfektan, tisu, masker hingga tempat sampah mini di dalam mobilmu akan bermanfaat. Bagaimana pun juga, menjaga kebersihan adalah kesalehan.

Batasi jumlah penumpang di dalam mobil

Menerapkan new normal akan menjadi tantangan bagi semua orang, termasuk jumlah penumpang di dalam mobil. Ini karena pembatasan jumlah penumpang akan sangat membantu menghalang penyebaran yang lebih luas. Ingatlah untuk menjaga keselamatan dan ambil langkah ekstra, terutama menjaga jarak satu sama lain, jika memungkinkan.

Menerapkan tindakan pencegahan di atas dapat membuatmu terhindar dari infeksi virus, tapi yang lebih penting, juga dapat memastikan kalau kamu mendapat penawaran terbaik atas mobilmu saat membawa mobilmu untuk inspeksi di Carsome dan penjualan secara tunai secepat satu jam!* 

*Syarat & ketentuan berlaku