BMW Seri 3 E36, Si Legendaris Yang Selalu Dicari

BMW Seri 3 E36: Generasi Ketiga daripada BMW

Siapa bilang mobil keluaran lama sudah tidak diminati lagi? Nah beberapa orang malah menyukai mobil antik loh! Apakah kamu salah satu penggemar mobil antik? Kalo iya, kamu perlu tahu nih tipe mobil BMW seri 3 (E36) yang merupakan generasi ketiga dari BMW seri 3 yang diproduksi oleh BMW. Mobil ini menjadi salah satu pilihan mobil bekas hingga saat ini karena desainnya yang tak lekang oleh waktu.Tipe mobil ini diperkenalkan pada akhir tahun 1990 di Eropa dan April 1991 di Amerika Serikat dan Kanada. Mobil ini banyak kita jumpai di jalan maupun situs jual mobil online seperti Carsome.

Kebanyakan pembeli yang membeli BMW E36 di Carsome adalah orang-orang yang hobi, bahkan hanya untuk bergabung dengan sebuah komunitas, dan dijadikan koleksi. Harga yang dibanderol untuk tipe mobil ini juga tergolong terjangkau, berkisar antara Rp 50 juta hingga Rp 100 juta tergantung dengan kondisi mobil idamannya.

BMW Seri 3 E36
Source: gstatic.com

“BMW E36 mempunyai mesin yang bandel, jarang sekali masalah terjadi di mesinnya. Dan mobil ini perawatannya cukup mudah atau gak merepotkan,” jelas Iwa Sartiwa dari Bimmerwerk, Ciledug, Tangerang. 

Apa saja sih yang perlu diperhatikan jika kamu tertarik membeli BMW Seri 3 E36? Yuk disimak tipsnya.

“Mobil yang berusia 20 tahun lebih ini termasuk sudah lawas, jadi pantas saja jika ada masalah. Tetapi, masalah yang timbul itu pastilah bisa diperbaiki,” ujar salah satu inspektor Carsome. Salah satu masalah yang paling sering diderita oleh mobil Eropa adalah overheat. Ini dikarenakan negara asal produksi BMW yang di daerah pendinginan dinilai kurang cocok dengan daerah tropis Indonesia.

Penyebab dari overheat ini bisa dimulai karena visco fan atau water pump rusak expansion tank radiator yang retak dan bisa juga rumah thermostat atau selang radiatornya sudah usang. Solusi dari permasalahan ini tentunya bisa ditangani, visco fan dapat diganti dengan electric fan untuk menyesuaikan kondisi di Jakarta yang penuh dengan kemacetan. Sementara itu, untuk thermostat dan water pump bisa memilih material yang terbuat dari metal.

Hayoo setelah dipaparkan informasi mengenai kondisi BMW E36, kira-kira kamu masih mau membelinya gak nih? Apakah sesuai dengan personality kamu?