Kebiasaan Buruk yang Bisa Bikin Mobil Kamu Jadi Meledak!

Halo sobat otomotif!! Setiap pemilik kendaraan pasti akan mengisi bahan bakar di SPBU terdekat secara rutin. Nah kalo kamu biasanya isi bahan bakar berapa kali nih dalam 1 minggu? Apalagi lagi jika kalo jalan-jalan ke luar kota berlibur bersama keluarga ya! Nah ini  salah satu penyebab antrean panjang yang sering kita lihat jika melewati SPBU. Bahan bakar kendaraan memiliki peluang besar untuk untuk menyebabkan kebakaran hebat, tidak heran sering muncul di pemberitaan adanya kebakaran yang terjadi di SPBU. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan saat mengisi bahan bakar di SPBU, check it out:

1. Memainkan gadget ketika mengisi bahan bakar

Zaman perkembangan teknologi yang begitu pesat membuat mobilitas setiap orang berkaitan dengan gadget. Bahkan saat mengemudikan kendaraanpun banyak pengendara yang menggunakan gadget entah untuk melihat maps atau membalas chat orang lain. Ini tentunya sangat berbahaya, terlebih lagi jika memainkan gadget di SPBU saat mengisi bahan bakar. Oleh karena itu, simpan gadget kalian saat sedang mengisi bahan bakar di SPBU ya!

Source : oketekno.com

2. Merokok ketika di SPBU

Nah siapa yang pernah merokok di SPBU? Pastinya kalau sudah suka merokok jadi suka lupa tempat ya! Terkadang banyak di antara kita yang lupa mematikan rokok padahal sudah jelas-jelas berada di SPBU. Jika batang rokok yang dibuang menyentuh bahan bakar kendaraan maka dapat menimbulkan percikan api. Tentunya kalian tidak mau kan hanya gara-gara rokok nyawa kalian hilang.

3. Menyalakan kendaraan saat mengisi bahan bakar

Masih banyak pengendara yang mengisi bahan bakar dengan keadaan mesin masih menyala. Ini tentunya dapat menyebabkan kerusakan kendaraan karena aliran listriknya masih sangat aktif melewati kabel busi. Hal ini menyebabkan performa kendaraan kalian jadi berkurang loh!

Performa kendaraan yang tidak baik tentunya akan berpengaruh pada kenyamanan dan keamanan saat berkendara. Menurut inspektor Carsome, mesin kendaraan mudah menguap sehingga kalau mesin menyala dan ada kabel busi yang sudah luka, bisa saja timbul percikan bunga api dan terbakar. Gimana kabar mesin mobil kamu akhir-akhir ini? Masih sehat atau perlu ganti mesin? Atau….. perlu ganti mobil baru? Yuk, jual ada di Carsome dan dapatkan harga terbaik melalui penawaran transparan. #YakinGaMauIkutan