Mobil Otonom, Kapan Hadir di Indonesia?

Ingat Bus Swakemudi untuk para penonton pada pesta olahraga Asia 2018 di Jakarta kemarin? Bus berteknologi 5G tersebut sempat menarik perhatian karena dapat bergerak sendiri tanpa sopir. Hanya merupakan uji coba, banyak orang tertarik jika mobil otonom masuk ke Indonesia. Bagaimana perkembangan mobil otonom sekarang ini? Yuk simak ulasan dari Carsome.

mobil-otonom-indonesia

Source: tesla

Jika dikaitkan dengan teknologi, tentu mobil listrik paling sering didengar. Perkembangan teknologi membuat mobil sekarang ini harus rendah emisi, salah satunya yaitu dengan menggunakan mesin listrik. Selain itu teknologi yang dimiliki mobil pun semakin berkembang seperti sistem keamanan yang canggih. Inilah yang mendorong produsen mobil terkenal mengembangkan mobil otonom.

ls-concept-mobil-otonom-indonesia

Source: steemit

Pada pameran otomotif Gaikindo Indonesia internasional Auto Show (GIIAS) 2018 di Tangerang, Lexus Indonesia juga memperkenalkan mobil pintar tanpa pengemudi pada Lexus LS+ Concept. Teknologi Highway Teammate yang ada pada mobil ini bertujuan untuk mengurangi kemacetan dan meningkatkan tingkat keselamatan pengemudi.

Mobil otonom dilengkapi radar, GPS, odometri dan Computer Vision sehingga memungkinkan sistem melakukan kontrol terhadap mobil tanpa memerlukan adanya pergerakan dari manusia. Jika digabungkan dengan kecerdasan buatan, tentu akan meringankan beban manusia dalam berkendara. Bayangkan Anda bisa tidur di dalam mobil atau mengerjakan pekerjaan lain dan sampai ditempat tujuan dengan aman dan nyaman tanpa harus pusing.

Diluar Indonesia, sudah banyak mobil semi otonom yang diproduksi oleh produsen mobil terkenal seperti Tesla, BMW, Audi, Nissan. Tentunya agar mobil semi otonom dapat berfungsi dengan baik diperlukan kondisi jalanan yang memungkinkan dan regulasi kendaraan listrik selesai. Apakah Anda masih nyaman dengan mobil lama Anda atau ingin segera menggantinya dengan mobil semi otonom tersebut? Mau jual mobil lama Anda dengan harga terbaik? Yuk jual di Carsome. Prosesnya cepat mudah dan gratis. Jual Mobil? Carsome-in Aja!