Apa Itu ERP? Kapan Berlakunya Di Indonesia?

Kebijakan di Jakarta akan menggunakan sistem ERP (Electronic Road Pricing) masih menjadi perbincangan dan tak jarang ada yang menimbulkan pro dan juga kontra. Tetapi setelah Anda mendengar kata ERP saat ini, apakah Anda tahu sebenarnya ERP itu apa dan fungsinya apa sih?

ERP (Electronic Road Pricing) adalah sistem jalan berbayar elektronik dengan skema pengumpulan Tol elektronik, ERP ini berawal diperkenalkan oleh negara Singapura. Fungsi ERP sendiri akan diterapkan di Jakarta adalah untuk mengurangi jumlah angka kemacetan yang semakin meningkat, selain itu juga ada beberapa manfaat lain dari ERP, berikut manfaatnya.

1. Mengurangi Kemacetan

Jika ERP nantinya diterapkan, hal yang paling mungkin berpengaruh yaitu volume kendaraan pribadi yang berada di jalan raya. Masyarakat juga jadi lebih mudah untuk berpergian menggunakan transportasi umum yang serayanya lebih menghemat waktu dan juga meningkatkan angka keselamatan dalam berlalu-lintas.

2. Transportasi Umum Lebih Maju

Selain mengurangi kemacetan yang ada di jalan, jika ERP diberlakukan juga akan meningkatkan transportasi umum karena masyarakat pasti lebih banyak yang cenderung menggunakan transportasi umum, meningkatkan kinerja lalu lintas, dan juga yang terakhir menjadi lebih hemat dengan tarif angkutan umum yang lebih terjangkau dibandingkan mengendarai kendaraan pribadi.

3. Lingkungan Menjadi Lebih Asri

Yang terakhir adalah terciptanya lingkungan yang lebih asri dan mengurangi tingkat polusi udara. Seperti yang kita ketahui tingkat polusi udara di Jakarta yang sangat buruk, dengan adanya ERP ini diharapkan bisa mengurangi tingkat polusi udara pada kendaraan jika masyarakat menggunakan transportasi umum.

Lalu daerah mana saja yang akan di berlakukan sistem ERP? Simak berikut ini!

 

Berapa sih harga yang harus Anda bayar jika ERP diberlakukan?

Jika sistem ERP diberlakukan, Dinas Perhubungan DKI telah mengusulkan tarif melintasi jalan berbayar atau ERP, yakni mulai Rp 5.000 sampai Rp 19.000. Untuk cara pembayaran ERP nanti direncanakan mengggunakan Teknologi RFID Radio Frequency Identification (RFID). Teknologi mampu memungut biaya secara otomatis pada setiap kendaraan yang melewatinya. Tetapi untuk mengaktifkan RFID ini, kendaraan Anda harus dipasangi perangkat khusus (in-vehicle unit) yang dapat menyimpan saldo uang e-wallet Anda.

Nah itu dia tadi sekilas tentang sistem ERP, bagaimana menurut kalian jika ERP diberlakukan di Jakarta? Apapun nanti keputusan pemerintah DKI Jakarta, Anda harus tetap berhati-hati dalam berkendara ya! Salam beep-beep.

Cek pilihan mobil impian Anda di CARSOME Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi Customer Service kami di (021) 5020 2030 atau kunjungi Carsome Experience Center terdekat. 

Jangan lupa juga, untuk memudahkan Anda melihat-lihat mobil impian. Sekarang CARSOME sudah ada aplikasi lho. Jadi makin gampang kepoin mobil impian lewat handphone Anda. Download aplikasinya di App store & Play Store sekarang.