Bagaimana Cara Merawat Mobil yang Benar? Ini dia tips-tipsnya!

Source : gridoto.com

Pastinya kita harus merawat mobil yang kita punya dengan baik ya temen-temen biar gak cepet rusak dan kondisinya tetap prima. Nah banyak cara nih yang dilakukan orang-orang untuk merawat mobilnya, bahkan banyak orang yang menggampangkan cara merawat mobil. Pada dasarnya, merawat mobil sebenarnya gampang-gampang susah. Namun, ada beberapa tindakan yang sering dilakukan, tapi malah bikin mobil kamu cepet rusak loh. Kebanyakan pengguna mobil sering melakukan kesalahan saat sedang melakukan perawatan pada mobilnya. Kesalahan-kesalahan tersebut terkadang tidak kita sadari, sehingga kita tidak mengetahui mana perawatan yang baik atau yang salah untuk mobil kita. Kesalahan yang sering kita lakukan seperti menghidupkan AC mobil pada RPM yang tinggi, mencuci lantai kabin dengan air, menggunakan deterjen untuk membersihkan mobil, tidak pernah menservis mobilnya dan masih banyak kesalahan yang lainnya. Menurut Carsome, ada beberapa cara mencuci mobil yang kurang tepat teman-teman, yuk disimak!

1. Mencuci Mobil Menggunakan Deterjen

Siapa diantara kamu yang mencuci mobil kesayangannya dengan deterjen? Tentunya banyak dari kalian yang mencuci mobil menggunakan deterjen dengan harapan mobil akan mengkilap dan bersih. Namun, faktanya kandungan deterjen dapat menimbulkan kerusakan untuk mobil kesayangan kita loh. Ini dikarenakan bubuk deterjen dengan zat keras dapat membuat warna mobil kita menjadi pudar dan merusak warna eksterior mobil. Nah kalian pastinya gak mau kan kalau warna mobil kalian jadi berubah? Makanya kalau cuci mobil bisa menggunakan cairan khusus body mobil atau shampoo ya!

2. Mencuci Lantai Kabin dengan Air

Lantai kabin merupakan salah satu bagian dari mobil yang terbilang cepat kotor, karena itu harus sering dibersihkan. Banyak orang yang mencuci lantai kabin menggunakan air, tetapi kebiasaan ini tentunya akan mempercepat kerusakan pada mobil kesayangan kamu loh! Nah kira-kira kenapa sih mencuci lantai kabin dengan air bisa merusak mobil kamu? Posisi kabin mobil kamu tentunya berdekatan dengan sistem audio. Jika air masuk ke sistem audio mobil kamu, bisa dipastikan cepat atau lambat mobil kamu akan mengalami kerusakan. Biasanya, kamu dapat menggunakan kain yang lembab untuk membersihkan lantai kabin loh teman-teman.

3. Membersihkan Kulit Jok Mobil dengan Cairan Khusus

Pastinya banyak di antara kalian yang menggunakan cairan untuk membersihkan jok mobil agar menjadi wangi dan mengkilap. Namun sebenarnya cairan khusus bukanlah zat yang tepat untuk membersihkan jok mobil. Faktanya, cairan khusus yang digunakan dapat menimbulkan bau yang tidak sedap dan membuat jok mobil menjadi sangat licin. Oleh karena itu, kalian dapat menggunakan vacum cleaner untuk membersihkan debu yang menempel di jok mobil ya teman-teman!

Source : idntimes.com

Nah siapa diantara kalian yang pernah melakukan salah satu kegiatan di atas? Mulai sekarang jangan dilakukan lagi ya teman-teman, karena dapat membuat mobil kita cepat rusak. Tetap terus jaga kebersihan mobil kalian yaa! Jangan lupa mampir ke www.carsome.id yaaa! Platform yang cocok buat kamu kalo pengen jual mobil bekas dengan harga terbaik dan penawaran paling transparann loh…