Aksesoris Wajib Kamu Miliki Agar Mobil Tambah Aman dan Nyaman

Bahan sarung jok mobil yang bagus dapat disesuaikan dengan desain interior mobil yang Anda miliki. Fakotr kebersihan dan keindahan mobil memang sangat mempengaruhi pengalaman menyetir dan berkendara lebih baik untuk Anda. Apalagi ketika harus terjebak dalam kemacetan mobil. 

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kenyamanan selama berkendara adalah dengan mengganti dan menggunakan bahan sarung jok yang bagus. Pemilihan sarung jok mobil yang berkualitas akan sangat berpengaruh pada tingkat kenyamanan serta konsentrasi Anda selama berkendara, lho!

Selain itu, pemilihan bahan sarung jok mobil dengan warna yang cerah juga bisa membuat tampilan interior mobil Anda menjadi lebih berwarna. Jok kulit bawaan pada mobil Anda pun dapat terlindungi dari risiko seperti pudar ataupun sobek karena tertutup dengan sarung jok mobil.

Pada artikel kali ini, Carsome sudah menyiapkan berbagai informasi soal sarung jok mobil mulai dari bahan yang digunakan, jenis, warna, hingga tips untuk memilih sarung jok mobil yang berkualitas. Simak selengkapnya!

bahan-sarung-jok-mobil

Jenis Bahan Sarung Jok Mobil

  • Bahan Kulit Asli
  • Bahan Semi Kulit
  • Bahan Kain (Fabric)
  • Bahan Sintetis
  • Bahan Sintetis Premium

Bahan sarung jok mobil yang paling banyak digunakan saat ini adalah kulit sintetis karena harganya yang cenderung lebih murah jika dibandingkan dengan bahan lainnya. Kulit sintetis juga dianggap tidak terlalu banyak memerlukan perawatan khusus. Penggunaan kulit sintetis ataupun kulit asli juga dapat menambah kesan mewah atau premium pada interior mobil Anda.

Metode Pemasangan Sarung Jok Mobil

Permanen

Metode permanen dilakukan dengan cara melepas jok mobil bawaan aslinya untuk kemudian diganti dengan bahan sarung jok mobil yang baru. Namun, metode ini jarang digunakan karena memiliki beberapa risiko, antara lain:

  • Dianggap dapat merusak keaslian mobil.
  • Pemasangan cukup rumit untuk dilakukan.
  • Terdapat kemungkinan setelah dipasang, jenis bahan ataupun model sarung jok mobil baru tidak sesuai dengan selera pemilik mobil.

Semi Permanen

Metode yang kedua atau semi permanen biasanya menggunakan bungkus jok mobil yang fungsinya akan melapisi bahan jok mobil aslinya. Dengan cara ini, jok bawaan mobil dapat tetap terjaga tanpa perlu khawatir mengalami kerusakan.

Warna Sarung Jok Mobil

Untuk urusan warna sarung jok mobil sebenarnya menyesuaikan dengan selera dari masing-masing pemilik mobil. Usahakan agar warna sarung jok yang digunakan selaras dengan warna dari interior mobil yang lain agar terkesan harmonis dan tidak terlalu kontras. Jangan takut untuk melakukan pencampuran warna asalkan warna sarung jok baru tidak terlalu menabrak dari warna interior yang sudah ada.

Harga Sarung Jok Mobil

Jika dilihat dari sisi harga tentu saja sangat beragam mengingat jenis serta model dari sarung jok mobil sangatlah beragam. Bahan sarung jok yang paling mahal adalah bahan kulit asli. Salah satu bahan kulit asli yang paling mahal saat ini adalah kulit Nappa Leather yang dibanderol seharga Rp 600 jutaan.

Untuk bahan kulit sintetis memiliki harga yang jauh lebih murah, berkisar antara Rp 3 jutaan hingga belasan juta rupiah. Setiap bahan dan jenis sarung jok mobil memiliki harga yang berbeda-beda tergantung dari spesifikasinya masing-masing.

Faktor Penyebab Kerusakan Sarung Jok Mobil

  • Terpapar sinar matahari secara langsung (tidak ditutup) untuk waktu yang lama.
  • Karena tingkat kelembaban yang tidak terjaga.
  • Karena gesekan kasar dengan celana pengendara atau penumpang yang terlalu sering.
  • Adanya barang-barang dengan permukaan tajam seperti pulpen ataupun gunting.
  • Noda yang berasal dari aktifitas makan dan minum di dalam mobil.

Tips Memilih Bahan Sarung Jok yang Bagus

  • Lakukan riset terlebih dahulu sebelum membeli.
  • Tentukan pola ataupun model yang Anda inginkan.
  • Pilih bahan serta material sarung jok mobil yang sesuai.
  • Jangan overbudget.
  • Pilihlah tempat pemasangan atau bengkel yang memang sudah terbukti kualitasnya.
  • Periksa dan perhatikan seluruh hasil pengerjaan setelah proses pemasangan selesai dilakukan.

Tukar Tambah dengan Mobil Berkualitas? Carsome Aja! 

beli-mobil-bekas-atau-mobil-baru

Pembayaran cepat dan harga yang kompetitif sangat membuat konsumen nyaman untuk menjual mobil bekasnya di Carsome. Lebih lagi inspeksi secara gratis tidak dipungut biaya bahkan dapat dilakukan dari rumah. Kemudahan ini dihadirkan oleh Carsome untuk Anda yang ingin bertransaksi menjual mobil bekas Anda

Tidak hanya itu, Anda sekarang dapat melakukan layanan tukar tambah, jadi Anda dapat membeli mobil bekas berkualitas langsung dari website Carsome. Penasaran? Tunggu apa lagi, lakukan pembelian mobil dan test drive sekarang

Baca juga:  Cara Jual Beli Mobil Bekas Aman dan Terlengkap