Isi Bensin Mepet Ketika Mau Habis? Hati-Hati Bisa Merusak Mobil!

“Gapapa, Aman Mobil Gue.” Biasanya kata-kata ini sering kita lontarkan ketika kerabat mengingatkan jika bahan bakar mobil sudah mau habis dan lampu peringatan bahan bakar sudah menunjukan lampu kuning berkedip dan memberikan sinyal untuk Anda mengisi bahan bakar mobil. Tetapi kita sering kali mengabaikan hal tersebut padahal ini adalah hal yang tidak boleh kita abaikan.

Biasanya, ada dua tipe orang dalam hal mengisi bahan bakar, yang pertama orang yang sangat teliti dan berhati-hati untuk segera mengisi bahan bakar mobil ketika sudah habis. Yang kedua adalah orang yang cuek dan menunggu sampai sinyal mengisi bahan bakar mobil sudah berkedip-kedip padahal hal ini kedepannya dapat membuat Anda merogoh kocek yang besar untuk memperbaiki mesin mobil Anda yang rusak.

Untuk menghindari hal tersebut, mari kita lihat beberapa dampak buruk yang didapatkan karena tidak mengisi bahan bakar mobil di waktu yang tepat.

 

1. Merusak Pompa Bahan Bakar

Tujuan dari pompa bahan bakar, seperti namanya, untuk memompa bahan bakar ke mesin. Namun, Anda harus menyadari bahwa bahan bakar di dalam tangki juga berfungsi sebagai pelumas dan pendingin pompa saat mengalir di sekitarnya.

Saat Anda terus mengemudi hingga level bahan bakar di dalam tangki rendah sebelum mengisi bahan bakar, pompa tidak mendapatkan pelumasan dan pendinginan yang cukup. Hal ini akan menyebabkan kehausan ekstra dan pompa terlalu panas, menyebabkan kegagalan pompa bahan bakar dan hal ini kedepannya akan membuat Anda merogoh kocek besar untuk biaya perbaikan.

2. Membuat Mesin Tercemar Dari Kotoran

Bahan bakar mengandung banyak bahan kimia dan aditif di dalamnya, yang berarti kontaminan dan kotorannya akan masuk ke dalam tangki. Seiring waktu, endapan ini akan mengendap di dasar tangki dan berubah menjadi kotoran.

Jika Anda terus-menerus menjalankan tangki bahan bakar dalam keadaan kosong, kemungkinan besar pompa akan menyedot bahan bakar dari dasar tangki bersama dengan kotoran. Sementara filter bahan bakar akan terkontaminasi kotoran serta beberapa akan masuk ke mesin dan menyumbat injektor Anda. Ini dapat menyebabkan masalah yang lebih serius yang memerlukan perbaikan mahal.

3. Udara Di Dalam Sistem

Jika tidak ada bahan bakar yang cukup di dalam tangki, pompa akan memompa udara ke dalam sistem. Jika udara memasuki sistem bahan bakar, skenario terburuknya adalah kerusakan besar pada mesin karena injektor bahan bakar menyuntikkan lebih sedikit bahan bakar ke dalam silinder, dan kemungkinan akan menyebabkan ledakan.

4. Mengulur Waktu Menjadi Masalah

Terakhir, hal yang lebih berbahaya adalah sebenarnya mengulur waktu untuk mengisi bahan bakar karena ini akan menjadi sumber masalah dari mobil Anda kelak. Selain itu dengan menjalankan tangki dalam keadaan kosong, bisa saja Anda terkena macet di jalan dan berpotensi membahayakan pengendara lain. Bayangkan jika Anda berhenti dengan kendaraan yang bergerak cepat datang di belakang Anda. Anda mungkin tidak memiliki momentum yang cukup untuk mencapai jalur darurat.

Serta kendaraan yang akan mogok, rem dan power steering akan kehilangan semua bantuannya, sehingga semakin sulit untuk mengarahkan atau menghentikan kendaraan, hal ini beresiko dapat menyebabkan kecelakaan.

Jadi, kapan sih waktu yang tepat untuk mengisi bahan bakar?

 

Mengisi bahan bakar disarankan saat pengukur mencapai angka seperempat. Hal ini tidak hanya akan mencegah kerusakan pada sistem bahan bakar, artinya dalam keadaan darurat, tetapi Anda juga akan selalu memiliki jumlah bahan bakar yang layak di dalam mobil untuk dikendarai.

Jika Anda kehabisan bahan bakar dan tidak dapat menemukan pom bensin, sebaiknya Anda memiliki pengetahuan tentang tingkat bahan bakar cadangan mobil Anda untuk memperkirakan dengan lebih baik seberapa jauh Anda dapat berkendara.

Jenis-jenis mobil memiliki konfigurasi yang berbeda untuk tangki bahan bakar dan pengukurnya, tetapi secara umum, lampu peringatan akan menyala ketika bahan bakar tersisa antara 7 hingga 11 liter di dalam tangki.

Nah itu dia yang perlu Anda perhatikan untuk mengisi bahan bakar Anda!

 

Berbicara mengenai bensin mobil. Untuk Anda yang ingin mencari mobil dengan bahan bakar yang hemat. CARSOME menyediakan berbagai pilihan mobil irit yang bahan bakar lho. Klik gambar dibawah ini.

Cek pilihan mobil impian Anda di CARSOME Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi Customer Service kami di (021) 5020 2030 atau kunjungi Carsome Experience Center terdekat. 

Jangan lupa juga, untuk memudahkan Anda melihat-lihat mobil impian. Sekarang CARSOME sudah ada aplikasi lho. Jadi makin gampang kepoin mobil impian lewat handphone Anda. Download aplikasinya di App store & Play Store sekarang.