Biar Nggak Bingung, Ketahui Letak Ban Cadangan Sesuai Tipe Mobil

Ban cadangan menjadi komponen yang wajib dimiliki oleh setiap mobil.Sesuai namanya, ban ini dipakai untuk mengganti jika ada salah satu ban mobil bocor atau robek ketika sedang dalam perjalanan.

Agar bisa melanjutkan perjalanan sampai ke tujuan atau bengkel ban terdekat, maka ban yang sudah tidak bisa dipakai tersebut diganti dengan ban cadangan. Posisi ban cadangan pun umumnya ada di belakang mobil.

Tetapi ternyata posisi ban cadangan mobil bisa berbeda-beda tergantung dari tipe mobilnya. Misalnya ban cadangan Toyota Alphard, posisinya berbeda dengan Daihatsu Terios generasi lawas.

Supaya tidak bingung dan repot, maka ketahui letak ban cadangan sesuai tipe mobil yang dimiliki. Kami akan memberi tahu dimana letak ban cadangan dari setiap tipe mobil yang ada.

  • Ban Cadangan Hatchback atau Sedan

Mobil tipe hatchback atau sedan umumnya mempunyai kapasitas penumpang 4-5 orang. Tipe mobil seperti ini umumnya posisi ban cadangan ada di balik bagasi belakang. 

Misalnya ban cadangan Honda Brio atau Toyota Agya Anda bisa menemukannya di bagian bagasi belakang. Begitu juga sedan-sedan mewah seperti Mercedes-Benz atau BMW biasanya meletakkan ban cadangan di dalam bagasi.

Caranya, buka bagasi lalu dibalik karpet lantai bagasi ada penutup dari plastik atau lembaran kayu. Buka penutup tersebut dan disitulah letak ban cadangan tersebut. Dekat ban cadangan juga bisa diletakkan toolkit untuk melepas dan memasang ban.

  • Posisi Ban Cadangan Toyota Avanza atau MPV Sejenis

Untuk pemilik Toyota Avanza, Daihatsu Xenia atau Mitsubishi Xpander, posisi ban cadangan umumnya ada di kolong belakang mobil. Tepatnya letak ban cadangan  ada di bawah bumper belakang dekat knalpot. 

Posisi ban terbuka dan hanya diberi besi pengait yang untuk menjaga ban tidak terlepas. Untuk mengeluarkan ban, Anda perlu mengendurkan baut dari pengaitnya. 

Caranya cukup mudah, putar baut klem dan serep yang posisinya dekat sistem pengunci pintu bagasi. Kadang ada bulatan yang terlihat bisa dibuka dengan obeng minus. Setelah itu putar berlawanan arah jarum jam dan pengait bisa dilepaskan.

  • Ban Cadangan Mobil Tipe Jip

Tipe lain yang juga perlu Anda ketahui letak ban cadangannya ialah mobil jip. Mobil seperti Suzuki Grand Vitara, Jeep Wrangler atau Toyota Rush dan Daihatsu Terios model lawas.

Umumnya posisi ban serep sangat mudah terlihat. Ban cadangan pada mobil-mobil tersebut diletakkan di bagian luar tepatnya pintu bagasi belakang. Banyak yang menyebutnya dengan istilah “konde”.

Cara untuk membuka jenis mobil ini bisa mengendurkan baut pengunci ban cadangan. Tetapi jangan langsung dilepas, cukup kendurkan satu per satu secara bertahap. 

Bila langsung dibuka seluruhnya, dikhawatirkan ban akan langsung terjatuh. Hal ini bisa membuat permukaan velg rusak atau terparah menimpa kaki Anda ketika membukanya dan berakibat cedera.

Inspeksi Ketat CARSOME Certified Labs

Seluruh mobil yang dijual di CARSOME saat ini telah melalui proses pemeriksaan yang ketat. Bukan sekedar diperiksa asal tapi melalui proses di fasilitas CARSOME Certified Labs. 

Langkah pertama adalah mendiagnosa kondisi mesin yang menjadi “jantung” dari sebuah mobil. Setelah itu dilakukan penggantian spare parts bila terdeteksi ada yang sudah alami keausan atau rusak. Setelah itu seluruh cairan seperti oli mesin, minyak rem dan lainnya diganti yang baru.

Bagian selanjutnya adalah AC (Air Conditioning). Dilakukan pengecekan secara detail mulai dari kinerja AC, freon, hingga filter. Bila terindikasi ada spare parts yang rusak maka akan diperbaiki atau diganti.

Bodi mobil juga turut diperiksa, seperti kemulusan cat, panel-panel dan bila perlu dicat ulang. Tidak kalah penting, ban juga masuk dalam pengecekan. Dipastikan kondisi ban masih layak pakai. Begitu juga dalam hal balancing dan spooring.

Selesai dilakukan inspeksi ketat 175 titik, dikirim ke Carsome Experience Center. Konsumen CARSOME pun bisa mendapatkan mobil rekondisi yang berkualitas tanpa harus khawatir. Terlebih ada garansi selama 1 tahun dan jaminan 5 hari uang kembali.