4 Cara Membersihkan Kaca Lampu Mobil yang Buram, Berjamur, dan Berminyak!

Cara membersihkan kaca mobil yang buram bisa menggunakan berbagai macam bahan, ya. Jika Anda merasa lampu mobil Anda buram dan kurang kernih atau bahkan terasa menguning sehingga lampu tidak terlalu terang. Maka, ini waktunya Anda untuk membersihkan kaca mobil yang buram khususnya headlamp mobil Anda karena sudah mulai berjamur. 

Cara menghilangkan jamur pada mobil memang tidak mudah. Jika lampu terasa buram maka biasanya diakibatkan juga oleh panas dari lampu yang membuat kaca menjadi menguning. Namun bisa juga karena terkena goresan atau memang usia pemakaian yang sudah lama. 

Mika lampu yang banyak terkena goresan atau sudah menguning dapat menyebabkan cahaya lampu yang keluar menjadi tersendat. Tapi jangan khawatir karena Inspektor Carsome akan memberi tahu Anda cara membersihkan kaca headlamp mobil Anda, berikut caranya!

Cara Membersihkan Kaca Lampu Mobil yang Buram

 

cara-membersihkan-kaca-lampu-headlamp-mobil-yang-buram
1. Menggunakan Compound

Fungsi dari compound adalah untuk menghilangkan oksidasi yang terjadi pada kaca, plastik atau mika lampu. Anda bisa menggunakan cairan pembersih kaca, car wax ataupun cairan pembersih yang memang khusus untuk membersihkan mika kaca mobil. Biasanya cairan pembersih kaca mobil ini diperuntukkan plastik, mika, atau kaca.  

Namun perhatikan terlebih dahulu apakah goresan atau bagian yang kotor itu ada di dalam atau diluar kaca, Anda bisa melepaskan kaca mika tersebut terlebih dahulu lalu mulai membersihkannya.

Poleslah dengan menggunakan pemoles mobil ataupun plastik khusus, biasanya compound ini memiliki zat pengikis yang lembut sehingga memudahkan untuk membersihkan kaca mobil anda.  Gosok dengan menggunakan kain halus atau microfiber dengan arah naik turun.

Jika menggunakan mesin poles, pilihlah pad dengan permukaan yang halus. Setelah itu diamkan selama kurang lebih 2-5 menit dan bersihkan dengan kain halus atau microfiber. 

2. Menggunakan Pasta Gigi

Nah jika mika mobil Anda buran karena menguning,  tak hanya dengan menggunakan compound, Anda juga bisa membersihkannya dengan menggunakan pasta gigi, loh.

Oleskan pasta gigi secara merata di bagian yang menguning atau buram. Setelah dioles kita bisa membersihkannya menggunakan lap kanebo atau microfiber, lalu bilas dengan air bersih dan keringkan. 

3. Menggunakan Amplas

Anda bisa menggunakan amplas, jika terdapat baretan atau goresan pada kaca mika Gosok bagian yang tergores dengan amplas menggunakan air serta cairan alkohol hingga goresan tidak terlihat. Namun Anda harus teliti agar permukaan cat bodi mobil tidak ikut terkena gesekan amplas. 

Gunakan amplas yang paling halus dengan membasahi amplas dan permukaan lampu dengan air yang bersih, kemudian lakukan pengamplasan. Setelah mengamplas, oleskan kompon dan gosok secara merata dengan lap yang bersih dan halus.

4. Menggunakan Cuka Dapur

Jika Anda menggunakan cuka Anda cukup menyiapkan 3 sdm cuka dapur dengan 1 liter air. Campurkan dan aduk hingga merata, kemudian celupkan kain lembut ke dalam campuran dan gosokkan kepada kaca mobil yang menguning dan buram. Usahakan gosok dengan gerakan memutar sambil memperhatikan kaca mobil yang mulai terlihat bersih. Jika sudah, jangan lupa keringkan mobil dengan koran.

5. Menggunakan Autan 

Cara membersihkan lampu mobil dengan autan hanya berlaku untuk permukaan kaca asli. Hindari mengaplikasikannya pada mika atau bahan plastik, karena hanya membuatnya semakin rusak. Jika terlanjur segera gunakan kompon atau langsung
saja dibawa ke bengkel.

Caranya oleskan secara merata obat nyamuk pada permukaan kaca lampu mobil, ulangi usapan hingga dirasa noda kuning dan kusam mulai menghilang. Gunakan kain lap yang baru. Itu dia tips dan cara menggunakan Autan.

Peralatan untuk Membersihkan Kaca Lampu Mobil yang Buram

cara-membersihkan-kaca-lampu-headlamp-mobil-agar-tidak-buram

1. Spons Bersih

Peralatan pertama yang sudah wajib Anda miliki untuk membersihkan kaca mobil yang buram adalah spons yang bersih. Nantinya, spons tersebut akan digunakan untuk menggosok bagian-bagian kaca mobil Anda dengan sabun pembersih.

Keunggulan menggunakan spons dalam membersihkan kaca mobil adalah karena teksturnya yang lentur, spons dapat menjangkau bagian-bagian permukaan kaca mobil yang sulit dibersihkan sekalipun. Dengan begitu, kotoran-kotoran akan mudah hilang dengan cepat tanpa tersisa sedikit pun.

2. Kain Microfiber

Kain microfiber merupakan jenis kain yang berbahan cukup halus. Anda dapat menggunakan kain microfiber untuk mengangkat serta membersihkan debu serta kotoran-kotoran yang masih tersisa dan menempel pada kaca mobil.

3. Squeegee

Squeegee merupakan alat yang digunakan setelah mencuci kaca mobil Anda dengan menggunakan sabun pembersih. Squeegee sendiri memiliki fungsi untuk mengangkat sisa-sisa kotoran, debu, ataupun sisa sabun yang masih menempel pada permukaan kaca mobil Anda.

4. Cairan Pembersih Khusus

Cairan pembersih khusus yang digunakan untuk membersihkan kaca mobil biasa dikenal juga dengan sebutan glass cleaner. Glass cleaner memiliki tekstur yang cenderung pekat dan kental dan berfungsi untuk mengangkat kotoran seperti minyak ataupun jamur yang sudah berkerak pada permukaan kaca mobil.

Glass cleaner mampu membersihkan kotoran yang sulit hilang jika dibersihkan dengan air biasa. Cairan ini pun mampu membuat kaca mobil Anda mengkilap layaknya kaca mobil baru.

Tips Perawatan Kaca Lampu Mobil Anti Jamuran

Jadi bukan hanya merawat kaca mobil headlamp saja, ya! Secara keseluruhan kaca pada mobil adalah elemen yang penting. Maka, yuk simak ini tip bagaimanan melakukan perawatan pada kaca mobil yang berjamur. Simak semuanya disini!

  • Rutin mencuci mobil dan kaca mobil.
  • Selalu bersihkan kaca mobil dari segala kotoran yang menempel setiap selesai berkendara.
  • Hindari menggunakan deterjen untuk mencuci kaca mobil.
  • Gunakan cairan pelindung untuk kaca mobil.
  • Jangan biarkan air mengering pada permukaan kaca mobil.
  • Hindari untuk menjemur mobil terlalu sering di bawah sinar matahari langsung.
  • Hindari penggunaan anti jamur sembarangan untuk kaca mobil.
  • Gunakan coating untuk permukaan kaca mobil Anda.
  • Gunakan cairan wiper khusus untuk membersihkan kaca mobil depan. 

Nah sudah tahu kan cara membersihkan kaca lampu mobil Anda sekarang ? Jika Anda menemukan tanda menguning pada mobil Anda. Maka, bersegeralah untuk membersihkannya dengan berbagai cara yang sudah disarankan di atas. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda, ya! 

Jual mobil bekas Anda sekarang, dapatkan penawaran yang menarik hanya di Carsome! Transaksi terpercaya, cepat, dan berkualitas. Tunggu apa lagi? Berbagai kemudahan membeli dan menjual mobil bekas ada di Carsome saat ini. Carsome menyediakan layanan tukar tambah mobil bekas juga, lho!

Baca juga: Cara Kredit Mobil Bekas Mudah dan Aman!