Cara Menggunakan Google Maps & Fiturnya Agar Akurat

Cara menggunakan Google Maps sebenarnya tidak rumit dan bisa diandalkan, lho! Sekilas memang terlihat rumit, namun sebenarnya tidak demikian. Sobat Carsome hanya perlu mengetahui tips dan cara menggunakannya saja. 

Perlu diketahui Google mendesain, mengumpulkan dan memperbaharui data setiap waktu. Jadi, seharusnya mengandalkan Google Maps dalam perjalanan adalah hal yang baik. Yuk, eksplor ini dia fungsi dan cara menggunakan Google Maps! 

Cara Menggunakan Google Maps Tanpa Tersesat!

cara-menggunakan-google-maps

Kehadiran Google Maps membantu Anda untuk mengatasi masalah selama berada di jalan. Mulai dari menghindari tempat yang macet, lokasi penutupan PPKM hingga mendapatkan berbagai tempat rest areaJadi, dengan hadirnya Google Maps, seharusnya bisa lebih membantu Anda dalam menemukan arah dan lokasi yang tepat hingga peta jalan dengan akurat. Coba terapkan beberapa hal dibawah ini. 

Personalisasi Lokasi dengan Mengatur Settings

Cara sesuaikan rute di Google Maps memang tidak mudah dan terkadang rumit jika tidak mengaturnya sejak awal. Maka itu, tak jarang Google Maps akan menampilkan rute yang mungkin tidak sesuai dengan keinginan Anda. Contohnya saja, ketika Anda tidak ingin mengambil jalan-jalan kecil atau menghindari adanya jalan tol. Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa langkah langkah yang perlu Anda lakukan.

Pertama, buka aplikasi Google Maps terlebih dahulu pada handphone Anda. Lalu temukan pengaturan atau settings, selanjutnya menuju ke account settings, Anda bisa menuliskan rumah atau tempat Anda bekerja. Fitur ini memudahkan Anda, untuk tidak perlu mengetik ulang posisi rumah atau tempat bekerja Anda.

Selanjutnya, untuk mengatur rute perjalanan yang ingin Anda hindari, lihat menu Getting Around dan klik Navigation, lalu personalisasi keadaan perjalanan yang ingin Anda hindari selamanya misalnya tol, jalan raya besar atau jalur laut. 

Gunakan Titik Koordinat

Cara mudah untuk melihat koordinat di Google Maps hanya bisa Anda lakukan ketika mengaksesnya melalui desktop. Langkah yang perlu diterapkan adalah klik kanan dan Anda bisa menyalin titik koordinat. Lalu, kemudian Anda dapat menempelkannya dalam Google Maps di handphone Anda. 

Atau jika tidak bisa menemukan titik koordinat pada handphone, Anda bisa mengetik tujuan Anda pada pencarian Google dan dapat menemukan lokasi atau alamat yang sudah tertera. Setelah itu Anda bisa mengklik lokasi dan gambar peta yang ditampilkan. 

Aktifkan Navigasi Google Maps pada Mobil

Anda terlebih dahulu harus membenarkan navigasi suara pada handphone Anda. Cara satu ini dapat memudahkan Anda untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk belok ke kanan maupun ke kiri.

Sehingga, hal ini pun akan memudahkan Anda ketika ingin sampai ke tempat tujuan. Dengan adanya fitur navigasi yang tersedia di Google Maps, nantinya Anda pun akan mampu diberikan informasi yang tepat dan akurat mengenai petunjuk arah.

Tak hanya itu saja, jika sudah menggunakan Google Assistant, biasanya Anda juga akan diberikan solusi yang terbaik ke tempat tujuan secara real time. Nah, untuk mengaktifkan Google Maps pada layar mobil, Anda dapat mendaftarkannya terlebih dahulu pada menu send to car ini.

Install Google Assistant Agar Lebih Membantu

Kelebihan menggunakan Google Maps, Anda bisa menggunakan Google Assistant untuk memberikan perintah lokasi apa yang Anda butuhkan seketika saat itu. Cara kerjanya adalah Anda hanya perlu mengunduh Google AssistantSetelah itu lakukan konfigurasi, lalu menghubungkannya melalui menu settings pada Google Maps Anda.

Ini membantu Anda untuk memberi perintah dalam bentuk suara. Misalnya, Anda memiliki kebutuhan untuk Google memunculkan SPBU, tempat makan hingga lokasi atau tempat wisata yang sedang Anda cari tanpa harus mengklik suara. Anda hanya perlu menggunakan beberapa kata perintah yang sudah biasa Anda gunakan sebelumnya.

Notifikasi Informasi Lalu Lintas

simpan-tempat-parkir-dengan-google-maps

Ketahui Lokasi Macet dan PPKM

Saat PPKM berlangsung tentu ada beberapa daerah yang tertutup dan tidak bisa diakses. Sehingga, seringkali membuat perjalanan Anda terganggu karena harus putar arah. Jadi, ada baiknya sebelum bepergian, Anda wajib menelusuri rute yang akan dilewati. Caranya mudah, Anda hanya perlu mengatur lokasi yang akan dituju, lalu klik map details dan pilih traffic. 

Dengan memilih ini pada rute Google Maps, ini akan menunjukkan Anda rute mana saja yang merah. Merah berarti macet, sedangkan simbol dilarang masuk artinya lokasi tersebut adalah lokasi PPKM. Namun, untuk mengetahui gambaran besarnya ada baiknya Anda juga mengetahui titik lokasi penyekatan selama PPKM.

Notifikasi Info Rute Alternatif

Google Maps juga bisa mendeteksi adanya kecelakaan yang terjadi selama perjalanan. Untuk itu Anda bisa menjadi lebih waspada saat mengemudi. Khususnya ketika melewati jalan tol pastikan sudah mengecek kendaraan dengan benar.

Kondisi mobil di jalan tol hampir semuanya melaju. Untuk menghindari kecelakaan, perhatikan apakah suspensi mobil masih baik. Cek juga apa mungkin getaran yang dihasilkan disebabkan oleh tekanan angin ban mobil yang kurang.

Kelalaian pengemudi pada umumnya adalah tidak peka terhadap keadaan mobil. Jadi, saat mengemudi selain fokus pada rute, coba mendengarkan apakah mesin mobil mengeluarkan bunyi lain, merasakan apakah mobil bergetar keras hingga ban kempes yang bisa dirasakan ketika mobil mulai oleng.

Fitur Google Maps


navigasi-suara-di-google-maps

Kemudahan yang diberikan oleh Google Maps salah satunya adalah fitur rekomendasi, pelacakan hingga lokasi terdekat. Jadi, semisal Anda sedang di jalan dan merasa membutuhkan pom bensin, rest area, Anda bisa menggunakan Google Maps untuk mencari lokasi tersebut di sekitar Anda. Untuk mendukung kebutuhan Anda, ini dia fitur yang dimiliki oleh Google Maps:

Dapat Memuat 9 Lokasi Di Google Maps

Selain itu, ada pula tips unik pada fitur Google Maps ini yaitu menambahkan tujuan di Google Maps. Fitur ini dihadirkan dikarenakan terkadang pengguna ingin untuk mengunjungi tidak hanya satu tempat saja ketika bepergian.

Anda bisa menambahkan hingga 9 lokasi dan juga dapat mengukur jarak masing-masing lokasi. Anda hanya perlu mengklik tombol titik tiga dan menambahkan lokasi. Untuk melakukan pengukuran, Anda bisa menggunakan Google Maps versi dekstop, lalu klik kanan dan pilih “Ukur Jarak”. Dengan demikian perjalanan Anda bisa semakin terencana.

Google Maps Bisa Melacak Lokasi HP

Coba login pada perangkat elektronik lainnya lalu cek pengaturan dan melihat timeline perjalanan Anda, dari sini Anda bisa melihat titik real time handphone Anda. Hal lainnya juga Anda bisa mencari berdasarkan nomor handphone dengan mengklik pengaturan lalu menambahkan nomor handphone yang ingin Anda lacak. Syaratnya adalah nomor handphone yang ingin dilacak sudah menyetujuinya saat Google Maps mengirimkan verifikasi.

Membantu Menyimpan Lokasi Parkir

Pada menu settings, Anda bisa menemukan pilihan “Navigation”, lalu lihat bagian “Parking” dan nyalakan notifikasi. Setelah itu kembali kepada rute dan saat Anda selesai memarkir tekan lama lokasi tersebut lalu “Set as parking location”. Biasanya untuk mengaktifkan ini Anda wajib mengizinkan Handphone Anda untuk mengakses lokasi Anda. Jadi, lebih mudah bukan saat bepergian? 

Kuota Habis? Gunakan Google Maps Offline!

Jika Anda sedang tidak berlangganan kuota atau khawatir apabila kuota akan tersedot selama menggunakan aplikasi Google Maps, maka memakai Google Maps secara offline menjadi salah satu alternatif yang bisa dilakukan. Hal yang perlu Anda lakukan adalah dengan mengaksesnya secara online terlebih dahulu. Kemudian, Anda pun bisa menyimpannya secara offline di Google Maps. 

Cara mengaksesnya, Anda dapat mengetuk garis horizontal yang ada di bagian kiri atas dan pilihlah lokasi Offline. Dengan menggunakan cara satu ini, maka seluruh lokasi yang telah Anda simpan secara offline akan bisa dibuka kembali tanpa menggunakan kuota atau internet. Bahkan Anda pun bisa menikmati offline maps ini dalam kurun waktu selama 30 hari.

Beli Mobil Bekas Terpercaya di Carsome!

kualitas-mobil-bekas-berkualitas

Gimana Sobat Carsome jadi lebih familiar bukan dengan fitur Google Maps? Sangat membantu bukan? Sebenarnya ada banyak lagi fungsi Google Maps yang bisa membantu Anda dalam memberikan rekomendasi dan berinteraksi. Namun, ini dia yang Carsome sarankan untuk digunakan online maupun offline. Terutama saat PPKM berlangsung maupun saat Anda sedang berusaha menghindari macet. Ingat untuk tetap perhatikan keamanan rute setempat, ya. Selamat Mencoba Sobat Carsome! 

Beli mobil bekas berkualitas di Carsome harganya sangat terjangkau dan berkualitas. Tidak perlu ragu dan takut, karena semua mobil sudah melalui proses verifikasi 175 titik inspeksi. Seluruh informasi dapat Anda cek di website Carsome mengenai kerusakan yang ada hingga baret yang pada mobil. Kenali kebutuhan Anda dan konsultasikan semuanya pada konsultan Carsome untuk mendapatkan mobil terbaik Anda. Jangan lupa untuk selalu melakukan test drive, ya! 

Baca juga:  Rekomendasi Mobil City Car Terbaik dan Irit 2021