11 Cara Menghilangkan Ngantuk saat Berkendara Paling Ampuh

Cara menghilangkan ngantuk saat berkendara memang tidak mudah teman-teman terutama saat sedang berpuasa. Salah satu faktor yang paling penting saat Anda berkendara adalah kondisi Anda yang harus tetap bugar sepanjang perjalanan. Untuk dapat berkendara dengan aman dan nyaman serta menunjang keselamatan lalu lintas, rasa kantuk harus dapat dihindari selama berkendara.

Kebiasaan mengantuk memang tidak boleh dibiasakan karena tentu mengganggu produktivitas Anda, juga membahayakan terutama saat Anda berkendara. Biasanya salah satu faktor penyebab timbulnya rasa mengantuk pada pengendara adalah karena kondisi tubuhnya yang kurang fit atau tidak sehat. Itu dia mengapa ada berbagai hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai aktivitas!

Itulah mengapa Anda harus mengetahui 10 cara menghilangkan ngantuk saat berkendara ini! Cara-cara ini ampuh dan cocok untuk diterapkan bagi Anda yang mungkin memiliki ritme ataupun jadwal tidur yang kurang teratur. Karena ternyata menyetir membutuhkan kondisi fisik dan mental yang selalu prima, lho!

Untuk dapat berkendara dengan prima dan tetap aman, Carsome sudah menyiapkan 10 cara menghilangkan ngantuk saat berkendara yang bisa Anda coba terapkan. Simak selengkapnya pada artikel ini!

Cara Menghilangkan Ngantuk selama Berkendara

 

cara-menghilangkan-ngantuk

1. Bangun Pagi Lebih Awal 

Manfaat tidur untuk kesehatan itu sendiri ternyata sangat berdampak bagi kekebalan tubuh. Menurut bisnis.com, untuk memperoleh hidup yang sehat bangun pagi lebih awal dengan waktu istirahat yang cukup akan membuat Anda lebih bugar, bernergi dan produktif sepanjang hari. 

2. Putar Musik Up-Beat Cegah Ngantuk Saat Nyetir

Mendengar musik yang berirama up-beat ataupun cepat merupakan salah satu cara menghilangkan ngantuk karena dapat membuat mata Anda tetap terjaga selama perjalanan. Jadi, apabila rasa kantuk mulai menyerang Anda dapat mulai memutar musik-musik yang bersemangat untuk tetap terjaga. 

Menurut health.detik.com ada baiknya Anda menghindari musik dengan permainan instrumen seperti perkusi dan alat musik yang cenderung menggunakan string. Mendengarkan alat musik seperti ini dengan aliran yang pelan cenderung membuat Anda mengantuk karena memainkan dimainkan dengan 60 denyut per menit dengan baik. Sehingga, dapat membuat jantung beristirhat. Nah, ini dia beberapa contoh musik Up-Beat yang bisa menghilangkan kantuk Anda: 

  • Strip That Dawn – Liam Payne
  • I Can’t breathe – H.E.R
  • Smile – Johnny Stimson 
  • Heartbreak Anniversary – Giveon
  • Happy – Pharell Williams
  • Dynamite – BTS
  • Shake It Off – Taylor Swift
  • Can Stop The Feeling – Justin Timberlake
  • That’s What I Like – Bruno Mars
  • Come Thru – Jeremy Zucker

3. Hindari Mengonsumsi Obat sebelum Menyetir

Obat-obatan menjadi salah satu faktor yang harus dihindari untuk dikonsumsi sebelum atau saat menyetir. Terlebih untuk obat-obatan yang dapat menimbulkan rasa kantuk, hal tersebut harus dihindari sebisa mungkin.

4. Perhatikan Konsumsi Makanan & Minuman

Saat akan atau sedang dalam kondisi menyetir, sebaiknya Anda juga memerhatikan makanan serta minuman yang dikonsumsi. Ternyata, konsentrasi dari pengemudi juga dapat dipengaruhi oleh makanan serta minuman yang dikonsumsi sebelum atau selama mengemudi.

Dianjurkan agar menghindari makanan dengan kandungan lemak jenuh yang tinggi di dalamnya sebelum berkendara. Anda juga direkomendasikan agar tidak makan dengan porsi yang terlalu banyak sebelum mengemudi agar terhindar dari rasa kantuk.

5. Buka Sedikit Kaca Jendela Mobil

Cara menghilangkan ngantuk yang selanjutnya adalah dengan membuka sedikit kaca jendela mobil Anda. Dengan membuka kaca dan mematikan pendingin udara mobil, Anda dapat menghirup udara segar yang berasal dari luar.

Ternyata, rasa kantuk juga bisa timbul dikarenakan sirkulasi udara yang kurang baik di dalam mobil. Selain itu, kondisi yang terlalu dingin dalam kabin pun dapat menjadi pemicu rasa kantuk saat berkendara.

6. Gunakan Obat Tetes Mata

Salah satu cara yang dapat Anda lakukan saat mata mulai terasa lelah, kering, dan mengantuk adalah dengan meneteskan obat tetes mata. Namun, perlu diingat penggunaannya pun harus sesuai dengan resep dokter agar mata Anda dapat kembali nyaman dalam berkendara.

7. Hindari Berkendara Sendirian

Salah satu hal yang harus dihindari terutama bagi Anda yang akan menempuh perjalanan yang lumayan jauh adalah dengan mengemudi sendirian. Sebaiknya Anda minta untuk ditemani oleh teman, saudara, ataupun kerabat selama perjalanan.

Dengan adanya teman selama mengemudi membuat Anda dapat mengobrol sehingga rasa kantuk akan lebih terhindar selama perjalanan. Akan sangat berbahaya jika menyetir untuk jarak yang jauh tanpa ditemani orang lain, risiko Anda mengantuk akan lebih besar.

8. Menepi Sejenak

Cara ini cocok untuk Anda lakukan apabila kondisi Anda benar-benar sudah tidak bisa dipaksakan untuk menyetir. Apabila rasa kantuk yang Anda rasakan sudah tidak bisa tertahankan, cobalah untuk menepi sejenak. Lakukan power nap jika Anda merasakan ini di siang hari, setel alarm sekitar 15 menit. Wah, dijamin saat bangun Anda akan merasa segar kembali! 

Selama menepi Anda dapat beristirahat sejenak serta melakukan peregangan tubuh. Cobalah untuk menggerakkan seluruh bagian tubuh secara aktif agar otot-otot serta bagian tubuh Anda yang lain dapat kembali bekerja dengan maksimal dan rasa kantuk pun akan hilang.

9. Mengunyah Permen Karet

Permen karet dipercaya dapat menurunkan kadar hormon stres yang efeknya dapat membuat perasaan Anda menjadi lebih tenang selama mengemudi. Dengan mengunyah permen karet juga dapat merangsang pergerakan otot-otot di wajah Anda sehingga aliran darah yang mengalir ke seluruh tubuh akan tetap lancar. Dengan begitu, Anda akan lebih berkonsentrasi selama berkendara.

10.Mengonsumsi Kopi (Kafein)

Seperti yang sudah diketahui oleh banyak orang, kafein dapat membantu menjaga kesadaran seseorang agar terhindar dari rasa mengantuk. Salah satu sumber kafein yang paling besar dan paling umum dikonsumsi adalah kopi. Saat mata serta kondisi tubuh Anda sudah cukup lelah, Anda dapat mencoba untuk mengonsumsi kopi untuk tetap menjaga kesadaran Anda selama berkendara di jalan raya.

11. Selalu Perhatikan Pola Mengemudi

Salah satu hal yang harus Anda perhatikan selama berkendara adalah pola mengemudi. Pada dasarnya, batas serta kemampuan dari masing-masing orang untuk mengemudi berbeda-beda. Namun, batas mengemudi yang normal dan wajar adalah selama dua setengah jam. Lewat daripada ini, Anda wajib melakukan stretching terlebih dahulu supaya tidak terlalu pegal! 

Jika Anda memang harus menempuh jarak yang lumayan jauh, usahakan untuk tetap mengikuti pola mengemudi tersebut. Tetap lakukan istirahat di antaranya, agar kondisi tubuh dapat tetap terjaga selama berkendara.

Tanda-Tanda Anda Mulai Mengantuk saat Berkendara

  • Kelopak mata mulai terasa berat.
  • Anda mulai sering mengedipkan mata secara perlahan-lahan.
  • Anda mulai sulit untuk berkonsentrasi.
  • Anda mulai sering bengong (pikiran kosong).
  • Anda mulai tidak fokus dalam memerhatikan rambu-rambu yang ada di jalan raya.
  • Anda mulai sering menguap.

Gimana apakah Anda merasa ngantuk saat ini? Lakukan tips di atas, semoga berhasil agar Anda kembali prima dan segar beraktivitas kembali. Cara menghilangkan ngantuk memang tidak mudah, tapi tentu ini bisa diatasi. Ingat juga keselamatan penumpang adalah hal yang sangat berarti. Terutama saat sedang puasa ini tidak heran jika konsentrasi Anda terganggu, jadi pastikan Anda tetap fokus dan menyeimbangkan seluruh aktivitas Anda dan jangan lupa minum suplemen kesehatan.

Beli mobil bekas berkualitas di Carsome saja, seluruh kualitas sudah pasti terjamin aman dan terpercaya. Inspektor kami berkomitmen untuk selalu melakukan penegcekan dan perbaikan 175 titik inspeksi  pada mesin mobil Anda. Jadi, Anda selalu bisa siap menggunakan mobil yang Anda beli.

Ingat ya tips membeli mobil bekas berkualitas dari Carsome dan jangan sembarangan membeli mobil bekas melalui leasing-leasing yang belum terpercaya. Kuncinya, Anda wajib menemukan broker atau online platform yang memang bisa dipercaya dan tidak melarikan diri. Oleh karena itu, sejak awal Carsome akan selalu memastikan mobil yang dijual pada Carsome adalah mobil yang berkualitas dan bebas banjir hingga melakukan pengurusan dokumen dengan baik.

Jual mobil bekas di Carsome juga memang dikenal sangat mudah sekali dan tidak butuh waktu yang lama untuk menyelesaikan transaksinya. Mengapa? Carsome memang mengedepankan prinsip Carsome Promise yang hanya menerima mobil bekas berkualitas dan terbebas dari kerusakan dan banjir. Sehingga, harga mobil yang Anda terimapun sesuai dengan kualitas mobil Anda. Gimana menarik bukan? Kunjungi sekarang Lokasi Experience Center & Test Drive Mobil Bekas Carsome!

Baca juga: 21 Harga Mobil Bekas Dibawah 100 Juta Terbaru di Tahun 2021 Pilihan Carsome!