Carsome Rampungkan Akuisisi iCar Asia

Pengumuman Perusahaan

10 Februari 2022

 

Platform e-commerce mobil terintegrasi terbesar di Asia Tenggara, Carsome Group (Carsome), hari ini mengumumkan penyelesaian akuisisi sisa saham iCar Asia dari Catcha Group dan pemegang saham lainnya sebesar 80,1%. iCar Asia merupakan platform konten dan listing otomotif terdepan di Asia Tenggara.

Dengan selesainya proses akuisisi ini, Carsome menjadi satu-satunya pemegang saham dari iCar Asia. Carsome adalah pemimpin pasar bagi platform jual dan beli mobil bekas di Malaysia, Indonesia, Thailand, dan Singapura, sementara iCar Asia merupakan platform konten dan listing otomotif terdepan di negara yang sama. Konsolidasi dari Carsome dan iCar Asia menawarkan sebuah ekosistem otomotif yang terintegrasi bagi kawasan yang perdagangan mobil tahunan bernilai lebih dari USD 55 miliar¹. Ekosistem terintegrasi ini memungkinkan dealer untuk mencari, mengiklankan, dan menjual mobil, sedangkan konsumen dapat melakukan riset, menjual, dan membeli mobil.

Co-Founder dan Group CEO Carsome, Eric Cheng, menyebutkan bahwa perusahaan telah berkolaborasi dengan iCar Asia sejak Juli 2021. “Kami senang dengan kelancaran penyelesaian akuisisi ini. Kemitraan ini memungkinakn kami untuk terus memperluas penawaran kami di seluruh ekosistem otomotif termasuk dalam proses discovery, konsiderasi, penjualan, dan ketersediaan yang seluruhnya berakar dari nilai-nilai utama Carsome, yaitu kepercayaan, transparansi, dan teknologi,” ujar Cheng.

Akuisisi ini diharapkan dapat membuat Carsome memberikan solusi dan pengalaman yang lebih beragam di sepanjang rantai nilai jual-beli bagi dealer dan konsumen di pasar-pasar utama. Perluasan rangkaian solusi ini juga akan menawarkan one-stop experience terlengkap bagi konsumen yang meliputi seluruh perjalanan kepemilikan kendaraan, mulai dari pencarian, transaksi, pembiayaan dan asuransi, hingga layanan purna jual.

#####

¹Sumber: Momentum Works Southeast Asia Used Cars Report 2020