Cegah Tilang Saat Berkendara, Ini Tips Penggunaan Masker yang Benar

Sumber: World Health Organization (WHO)

Pemerintah gencar melakukan sosialisasi Gerakan 3 M di masa adaptasi kebiasaan baru (AKB). Gerakan 3 M tersebut meliputi memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Gerakan ini merupakan salah satu upaya pencegahan untuk memutus rantai penularan COVID-19 di Indonesia.

Salah satu gerakan yang kini menjadi fokus pemerintah dan gencar disosialisasikan kepada masyarakat yakni gerakan memakai masker. Pemerintah akan secara bertahap mensosialisasikan setiap gerakan kepada masyarakat sehingga pesan yang ingin disampaikan dapat diterima dan dipraktekkan dengan benar. 

Belakangan ini, banyak konten-konten viral mengenai berbagai macam pelanggaran terhadap penggunaan masker yang kurang tepat, sehingga mereka diharuskan membayar denda atas sanksi yang diberikan oleh pihak berwajib, meskipun jumlah denda yang dikeluarkan oleh para pelanggar tidak sebesar harga mobil bekas yang ingin dijual, tetapi masih saja ada pelanggar yang ngeyel tidak menggunakan masker dengan benar. 

Sumber: World Health Organization (WHO)

Berikut ini, Carsome sebagai platform jual mobil bekas ingin berbagi tips singkat kepada kalian bagaimana cara menggunakan masker yang tepat meski di luar kendaraan atau di dalam kendaraan yang mengacu pada pedoman yang dikeluarkan oleh World Health Organization (WHO):

#1 Sebelum memasang masker, cuci tangan pakai sabun di air yang mengalir selama 20 detik atau jika memang tidak tersedia, kalian bisa menggunakan hand sanitizer (minimal alkohol 60%).

#2 Gunakan masker untuk menutupi mulut dan hidung, pastikan tidak ada sela antara wajah dan masker.

#3 Hindari menyentuh masker saat digunakan; bila tersentuh, cuci tangan pakai sabun di air mengalir selama 20 detik atau gunakan hand sanitizer. 

#4 Mengganti masker yang basah atau lembab dengan masker baru. Masker medis hanya boleh digunakan satu kali saja. Masker kain dapat digunakan berulang kali, namun waktu pemakaiannya hanya disarankan selama 4 jam saja. 

#5 Jika ingin membuka masker, kamu bisa melepaskan dari belakang. Jangan sentuh bagian depan masker; untuk masker 1x pakai, buang segera di tempat sampah tertutup atau kantong plastik. Untuk masker kain, segera cuci dengan deterjen.

Mengenakan masker kain mungkin tidak sepenuhnya efektif melindungi diri kamu dari virus Corona. Namun, hal tersebut setidaknya dapat mencegah penularan virus ke orang lain, jika kamu menderita COVID-19. Bukan hanya itu saja, jika memang kamu sedang berpergian dengan menggunakan mobil, kamu juga perlu memperhatikan tata cara penggunaan masker yang benar ya supaya tidak kena tindakan oleh pihak yang berwajib di jalan!

Perlu kamu ketahui, untuk terhindar dari penularan virus COVID-19 ini tidak semudah kamu jual mobil bekas di Carsome, karena cuma di Carsome bisa membantu kamu untuk jual mobil bekas dengan harga mobil yang terbaik hanya dalam 1 Jam* langsung dibayar! Sehingga harga jual yang kamu dapatkan sesuai ekspektasimu! Caranya cukup isi data mobil bekas di www.carsome.id atau hubungi hotline Carsome di 021-50300030. Mudah bukan?

Yuk, tetap jaga kesehatan kalian! Ingat loh, biaya pengobatan rumah sakit itu mahal.

Stay safe & stay healthy!