Jangan tinggal 10 Benda Berbahaya Ini di Dalam Mobil

Apakah Anda sering menganggap enteng apa yang Anda tinggalkan di dalam mobil? Yakin deh, setelah mengetahui fakta bahwa ada beberapa benda yang jika ditinggalkan bisa sangat berbahaya dan berpotensi menimbulkan ledakan, Anda akan berpikir 2 kali untuk melakukannya kembali.

Sebelumnya, Anda perlu memahami bahwa suhu di dalam mobil dapat meningkat dengan cepat. Saat sinar matahari masuk melalui jendela mobil, energi panas terperangkap di dalam ruang kendaraan Anda dan suhu udara di dalamnya akan mulai naik secara signifikan. Ini berarti bahwa, suhu di dalam mobil bisa jauh lebih tinggi daripada suhu di luar terutama saat cuaca panas

Sayangnya, masih banyak yang belum menyadari bahwa meninggalkan barang dapat berisiko tinggi untuk kesehatan dan juga mobil Anda.

Hindari Meninggalkan Benda Berbahaya Ini

Yuk kita simak bersama, benda berbahaya apa saja sih yang bisa berdampak buruk jika di tinggalkan di dalam mobil.

1. Peralatan Elektronik

Jangan-tinggalkan-Ponsel-laptop-kamera-dan-perangkat-elektronik-lainnya-di-dalam-mobil

Ponsel, laptop, kamera, dan perangkat elektronik lainnya sangat rentan terhadap suhu tinggi. Selain karena faktor keamanan, meninggalkan peralatan elektronik dalam waktu lama di suhu kendaraan yang tinggi dapat menyebabkan potensi ledakan loh. Sebaiknya, selalu bawa perangkat elektronik bersama Anda atau simpan di tempat yang aman dan sejuk, ya.

2. Produk Kosmetik

produk-kosmetik-rentan-terhadap-suhu-tinggi

Produk kosmetik seperti lipstik, deodoran, dan produk kosmetik lainnya juga termasuk barang berbahaya jika ditinggal dalam kendaraan. Hal tersebut karena, suhu yang panas dapat menyebabkan perubahan tekstur, warna, dan kualitas produk tersebut. Oleh karena itu, pastikan untuk tidak meninggalkan produk kosmetik dalam waktu lama demi menjaga kualitas dan keamanan produk tersebut.

3. Baterai

simpan-baterai-dalam-tempat-yang-aman-dan-sejuk

Jangan tinggalkan baterai terutama yang mengandung lithium-ion terlebih di dalam mobil dengan suhu panas. Suhu yang tinggi dapat memicu kegagalan baterai, bahkan bisa menyebabkan potensi ledakan, loh. Selalu simpan baterai cadangan dalam tempat yang aman dan sejuk dan jangan pernah tinggalkan di dalam mobil.

4. Barang berbahan plastik

Barang-berbahan-plastik-dapat-meleleh-atau-terdeformasi-akibat-suhu-tinggi

Botol minuman, mainan anak-anak, atau wadah makanan berbahan plastik dapat meleleh atau terdeformasi akibat ditinggal di dalam mobil bersuhu tinggi. Selain merusak kandungannya, bahan-bahan plastik yang berpotensi besar dapat meleleh mengandung zat berbahaya yang dapat membahayakan kesehatan Anda jika Anda konsumsi. 

5. Bahan Mudah Terbakar

korek-api-aerosol-bahan-kimia-berbahaya-di-dalam-mobil

Hindari meninggalkan bahan mudah terbakar seperti korek api, aerosol, atau bahan kimia lainnya di dalam mobil, ya. Paparan suhu panas dapat menyebabkan potensi ledakan yang mengakibatkan risiko kebakaran yang serius.

6. Obat-obatan dan Skincare

Jangan-tinggalkan-obat-dan-skincare-di-dalam-mobil

Obat-obatan seperti pil, krim, dan cairan tertentu dapat mengalami perubahan kimia dan kehilangan keefektifannya jika terpapar suhu tinggi. Jangan biarkan obat-obatan atau produk skincare Anda ditinggalkan di dalam mobil, terutama jika mereka memerlukan suhu penyimpanan tertentu.

7. Makanan dan Minuman

Jangan-tinggalkan-Makanan-dan-Minuman-di-dalam-mobil

Hayo jujur, siapa yang sering meninggalkan makanan dan minuman dalam waktu yang lama di mobil? Makanan dan minuman yang mudah tercerna atau mudah busuk tidak boleh ditinggalkan di dalam mobil apalagi saat cuaca panas, karena suhu yang tinggi dapat mempercepat pertumbuhan bakteri dan merusak makanan Anda.

8. Kacamata hitam

suhu-panas-menyebabkan-deformasi-atau-kerusakan-pada lensa-atau-bingkai

Kacamata hitam yang ditinggalkan di dalam mobil dapat terkena suhu panas yang tinggi dan menyebabkan deformasi atau kerusakan pada lensa atau bingkainya. Oleh karena itu, jangan lupa untuk memasukkannya ke dalam tempat kacamata, ya. 

9. Krayon

krayon-dapat-meninggalkan-noda-yang-sulit-dihilangkan

Membawa krayon atau pensil mewarnai bisa jadi barang wajib yang dibawa oleh anak-anak saat bepergian. Krayon sebaiknya tidak ditinggalkan di dalam mobil saat cuaca panas karena benda ini rentan terhadap suhu tinggi dan dapat mengalami perubahan fisik yang bisa merusak. krayon dapat meleleh menjadi bahan cair yang lengket, merusak permukaan tempat duduk dan meninggalkan noda yang sulit dihilangkan.

10. Parfume

borol-parfum-bisa-meleleh-tumpah-atau-terbakar-jika-terpapar-suhu-panas-dalam-mobil

Parfume, atau produk berbasis minyak lainnya dapat meleleh, tumpah, atau terbakar jika terpapar suhu panas dalam mobil. Hindari meninggalkan barang-barang ini di dalam kendaraan, ya.

Tidak meninggalkan barang-barang berbahaya di dalam mobil adalah langkah penting untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan.  Suhu tinggi di dalam kendaraan dapat menyebabkan kerusakan pada barang-barang dan bahkan membahayakan keselamatan.

Tips yang dapat membantu Anda menghindari risiko tersebut:

  • Usahakan untuk memarkir mobil di tempat yang teduh untuk menghalangi sinar matahari langsung. Hal ini akan membantu menjaga suhu mobil tetap rendah dan mencegah barang-barang dari paparan panas yang berlebihan.
  • Bawa barang-barang berharga atau penting dan jangan tinggalkan di  mobil. Hal ini dilakukan untuk memastikan keamanan dan mengurangi risiko kehilangan atau kerusakan barang berharga Anda. 
  • Jangan meninggalkan barang-barang yang mudah terbakar di dalam mobil, seperti bahan berbasis minyak, bahan kimia berbahaya, atau botol gas. Paparan suhu tinggi dapat meningkatkan risiko kebakaran atau ledakan yang berbahaya.
  • Selalu pastikan barang-barang berharga atau sensitif terhadap suhu tinggi disimpan di tempat yang aman dan sejuk. Gunakan kompartemen penyimpanan yang dirancang khusus untuk menjaga suhu tetap stabil, seperti laci atau kotak penyimpanan di bagian belakang mobil.
  • Membuka sedikit kaca mobil saat cuaca panas dapat membantu mengurangi suhu di dalam kendaraan dengan memungkinkan sirkulasi udara. Udara segar dari luar akan membantu menjaga suhu tetap rendah dan mencegah peningkatan suhu yang berlebihan.
  • Menggunakan penghalang kaca depan untuk membantu menghalangi sinar matahari langsung yang dapat memanaskan mobil secara signifikan. Dengan meminimalkan paparan sinar matahari, suhu tinggi dapat di minimalisir, sehingga mengurangi risiko kerusakan pada barang-barang yang sensitif terhadap panas.

Nah dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat menghindari risiko yang tidak diinginkan. Selalu berhati-hati dan bertanggung jawab dalam menyimpan barang-barang Anda untuk menjaga keamanan dan mencegah kerusakan yang tidak perlu. Karena kerusakan yang terjadi pada mobil bisa mempengaruhi harga jual dikemudian hari saat Anda berencana menjualnya atau melakukan tukar tambah mobil.

Upgrade Mobil Anda dengan Mudah dan Dapatkan Penawaran Menarik di CARSOME

Bosan dengan mobil lama? Ingin ganti mobil yang lebih canggih dan kekinian? Nah, jangan khawatir! CARSOME punya solusinya! Dengan CARSOME, jual beli mobil jadi gak perlu ribet deh.

Prosesnya cepat, aman, dan nggak bikin pusing untuk urus seluruh dokumen, karena proses jual beli mobil itu sudah seharusnya mudah dan efisien. Setelah dapat penawaran harga mobil, Anda bisa langsung transaksi tukar tambah mobil impian deh. 

Tukar-tambah-aman-dan-menguntungkan

Jadi, tunggu apa lagi? Upgrade mobil impianmu dengan CARSOME sekarang juga! yuk segera jadwalkan inspeksi GRATIS secara online atau datang langsung ke CARSOME terdekat. Jangan lupa! Download aplikasi CARSOME untuk kemudahan jual beli mobil dalam satu genggaman. Kami tunggu kehadirannya, ya!