Makin Mudah Bayar Tol Langsung Lewat Ponsel Di Akhir Tahun

Ketok palu, pemerintah melalui kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Danang Parikeset menyampaikan melalui webinar Digital Payment Innovation G20 yang diselenggarakan Senin lalu (14/2/2022) bahwa mulai Desember 2022, sistem bayar tol tanpa berhenti atau Multi Lane Free Flow (MLFF) akan diterapkan. 

Nah nantinya, masyarakat akan banyak mengandalkan kecanggihan smartphone sebagai pengganti kartu tol konvensional yang saat ini digunakan. Lebih lanjut menurut Danang, sistem baru tersebut akan mulai diuji coba di Jakarta dan juga beberapa wilayah lainnya seperti di Jalan Tol Dalam Kota, Tol Metropolitan Jabodetabek, Tol Jakarta-Tangerang, Tol Tangerang-Merak, Tol Jakarta-Cikampek, dan Tol Bali Mandara, sebelum akhirnya resmi diterapkan penuh pada September 2023. 

Sebelum resmi diuji coba, tidak ada salahnya kalau kita intip dulu yuk, apa saja yang harus dipersiapkan sebelum sistem beroperasi.  

Unduh Aplikasi Cantas

Meskipun saat ini aplikasi masih dalam tahap persiapan dan belum secara resmi diperkenalkan ke masyarakat, nantinya masyarakat akan diminta untuk mengunduh aplikasi bernama Cantas untuk melakukan proses pembayaran tol tanpa henti. Namun sebelum aplikasi dapat digunakan, ada langkah-langkah yang harus dilakukan agar satelit yang terkoneksi dengan sistem Cantas dapat mendeteksi kendaraan pribadi Anda.

Daftarkan Kendaraan 

Setelah mengunduh aplikasi Cantas pada smartphone, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mendaftarkan data kendaraan pribadi dengan memasukan nomor polisi, nomor rangka, dsb. 

Pilih Metode Pembayaran 

Sama halnya dengan uang elektronik pada kartu konvensional, Anda juga akan diminta untuk melakukan top-up atau pengisian saldo sebelum digunakan. Ada 2 metode yang dapat digunakan oleh masyarakat yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Bagi Anda yang hanya melakukan satu kali perjalanan, BPJT merekomendasikan penggunaan  Electronic Route Ticket/Tiket Sekali Perjalanan dengan terlebih dahulu memilih lokasi tujuan masuk dan keluar tol. Namun bagi Anda yang cukup sering melakukan perjalanan melalui ruas jalan tol, Electronic On-Board Unit (OBU) bisa jadi pilihan yang tepat. Cara kerja metode OBU adalah transmitter akan dipasangkan pada dashboard mobil, Anda tidak memerlukan ponsel karena uang elektronik akan diletakan ada OBU tersebut. Tentunya akan sangat memudahkan jika kendaraan yang Anda gunakan berganti pengemudi. 

Lalu Bagaimana Sistem Bekerja?

Mudah saja, jika nantinya seluruh proses pada aplikasi sudah terpenuhi, sistem akan secara otomatis melakukan tap-matching saat kendaraan Anda melewati gerbang tol. Sama hal nya dengan kartu tol konvensional, saldo yang ada pada aplikasi Cartas Anda juga akan terpotong secara otomatis. 

Bagaimana mudah bukan? Jadi apakah Anda sudah siap untuk say goodbye to macet di jalan tol?

Nikmati Juga Mudahnya Beli Mobil Bekas Di Carsome!

Lewat jalan saja bisa mudah, sekarang giliran kamu untuk menikmati kemudahan Beli Mobil Bekas dan say goodbye dengan proses rumit yang melelahkan. Ciptakan pengalaman baru yang berkesan selama melakukan Jual Beli Mobil Bekas hanya di Carsome. Proses mudah dan aman serta dilengkapi dengan garansi yang bikin hati nyaman sambil bawa pulang mobil impian. 

Karena semua mobil di Carsome telah dilengkapi Carsome Promise berupa:

– Lulus inspeksi 175 titik

– Bebas Banjir

– Bebas Tabrakan

– Bebas Kebakaran.

Segera atur jadwal Test Drive di rumah dengan mudah hanya melalui Carsome.id sekarang juga.