Seberapa Penting Fitur ADAS di Indonesia?

Mobil-mobil yang dijual di Indonesia saat ini mulai berlimpah fitur canggih dan cerdas. Salah satunya adalah kehadiran fitur ADAS (Advanced Driver Assistance System) yang sudah diterapkan oleh beberapa merek.

Fitur ini pada beberapa merek punya nama yang berbeda-beda, seperti Toyota Safety System (TSS), Hyundai Smart Sense, atau Honda Sensing. Meski begitu, semuanya punya prinsip kerja dan fungsi yang sama. Lantas apa fungsi dari fitur ini?

ADAS adalah gabungan dari beberapa fitur yang membantu pengemudi secara aktif untuk menghindari terjadinya tabrakan dengan kendaraan lain. Namun perlu diingat bahwa fitur ini hanya sebagai asisten sehingga keputusan utama tetap pada pengemudi.

Cara kerja fitur ADAS umumnya menggunakan radar dan sensor serta bantuan kamera untuk memindai objek yang ada di sekitar mobil. Selain itu seluruh komponen dalam fitur ini juga bisa memindai marka jalan untuk memberikan informasi sekitar mobil kepada pengemudi.

Seberapa Efektif di Indonesia?

Salah satu fitur yang sangat berguna pada kondisi lalu lintas di Indonesia adalah pengereman otomatis atau Emergency Braking. Fitur ini akan melakukan pengereman otomatis untuk mengurangi kecepatan ketika mendekati jarak tidak aman atau hendak tabrakan.

Diharapkan melalui fitur tersebut pengemudi ketika mengantuk atau tidak konsentrasi bisa menghindari atau mengurangi risiko tabrakan dengan objek atau kendaraan di depan.

Beberapa mobil juga menyediakan fitur peringatan dalam bentuk suara atau visual pada speedometer. Sehingga ketika sudah terlalu dekat, pengemudi bisa mengerem segera dan terhindar dari kecelakaan beruntun.

Fitur lainnya di ADAS yang juga berguna pada kondisi lalu lintas di Indonesia adalah Lane Departure Warning. Fitur ini membuat pengemudi lebih terjaga dengan adanya peringatan ketika mobil berpindah lajur secara tidak sengaja.

Namun mengingat fitur ini membaca garis marka jalan, maka lebih efektif ketika di jalan bebas hambatan yang umumnya punya kondisi marka jalan lebih baik dari jalan umum. Terlebih belakangan ini cukup sering kecelakaan di jalan tol karena pengemudi yang mengantuk atau akibat micro sleep.

Ada Pada Mobil Apa Saja?

Fitur-fitur canggih ini 5 tahun lalu hanya ada di mobil-mobil mewah dengan harga miliaran Rupiah. Tapi seiring perkembangan teknologi yang pesat, kini fitur ADAS sudah bisa didapatkan mobil dengan harga Rp300 jutaan hingga Rp400 jutaan.

Wuling Almaz RS salah satu contoh mobil yang sudah mengadopsi fitur ADAS pada model terbarunya. Ada 11 fitur yang disematkan pada sistem ADAS, beberapa diantaranya ialah Adaptive Cruise Control (ACC), Bend Cruise Assistance (BCA), Traffic Jam Assistance (TJA), Intelligent Cruise Assistance (ICA), Lane Departure Warning (LDW), dan Lane Keeping Assistance (LKA).

Cek di sini

Mobil lain yang juga punya fitur ini namun dengan nama lain ialah Toyota Raize dengan nama Toyota Safety Sense. Begitu juga dengan Honda BR-V, Honda HR-V dan Honda CR-V serta beberapa produk Honda yang menggunakan Honda Sensing yang menyerupai ADAS. Pada produk Hyundai Creta, juga sudah disematkan ADAS dengan nama Hyundai Smart Sense.

Beli Mobil Canggih Juga Bisa di CARSOME

Mempunyai mobil berfitur canggih saat ini jadi idaman banyak orang. Namun bila mempunyai budget terbatas, bisa membeli kondisi bekas berkualitas di CARSOME. Wuling Almaz, Toyota Raize, Honda CR-V dan mobil lainnya telah tersedia di website carsome.id.

Tidak perlu khawatir fitur-fitur ini apakah masih berfungsi atau tidak, karena CARSOME selalu melakukan inspeksi ketat untuk pembeli mendapatkan mobil bekas berkualitas. Pembayarannya pun beragam, bisa online, kartu kredit maupun pinjaman kredit melalui lembaga pembiayaan terpercaya.