Perbaiki Goresan dan Penyok di Mobil Anda

Jika Anda memiliki mobil, Anda pasti tahu bahwa penyok dan goresan tidak dapat dihindari. Anda dapat berhati-hati dengan mobil Anda, tetapi tidak akan pernah tahu kapan akan mengemudi di tikungan yang sempit, pengendara sepeda motor menyerempet mobil Anda saat mereka melewatinya di kemacetan lalu lintas, kereta belanja yang bergerak bebas, mobil lain menabrak mobil Anda, dan ribuan skenario lainnya yang mungkin menyebabkan penyok atau goresan pada mobil Anda.

Jadi, jika Anda membaca artikel ini, mobil Anda mungkin memiliki beberapa lecet yang ingin Anda perbaiki. Berikut adalah beberapa tips perbaikan DIY yang dapat dilakukan di rumah agar mobil Anda terlihat rapi, tetapi sejujurnya, tips DIY berikut tidak memberikan hasil dengan kualitas bengkel. Jika goresan atau penyok tersebut buruk, Anda tidak punya pilihan lain selain mengunjungi bengkel dan memperbaikinya. Namun, untuk yang ringan, DIY ini pasti dapat memperbaikinya.

Perbaikan DIY untuk Goresan dan Penyok

 

  • Goresan

 

Amplas – Jika goresan berada di atas lapisan cat pertama atau kedua, Anda hanya perlu membersihkannya dengan amplas basah 3000 grit dan sedikit air. Pertama, bersihkan area tersebut agar tidak ada kotoran di sekitarnya. Teteskan air pada goresan dan gosokkan dengan amplas secara perlahan dengan gerakan melingkar. Ingatlah untuk meletakkan amplas di atas balok kayu agar gosokkan terdistribusikan secara merata. Terus lakukan hingga goresan hilang dan aplikasikan lapisan cat di atasnya sebagai langkah terakhir.

Kain Penghilang Goresan – Kain penghilang goresan pada dasarnya adalah kain abrasif dengan bubuk gosok mikro-logam yang ditaburkan di atasnya. Cara kerjanya persis seperti amplas, tetapi tidak terlalu berantakan dan kain ini juga lebih mudah untuk digunakan. Yang Anda butuhkan hanyalah air dan kain ini akan bekerja untuk Anda.

Pasta Gigi – Setiap rumah tangga pasti memiliki sebuah pasta gigi atau lebih di kamar mandi mereka. Yang Anda butuhkan untuk menghilangkan goresan cat yang mengganggu di mobil Anda adalah setetes pasta gigi dengan ukuran sebesar kacang polong dan kain lembab. Gosok pasta gigi di atas goresan dengan gerakan melingkar dan Anda akan melihat goresan menghilang seperti sulap. Tips: pasta gigi pemutih paling cocok untuk kasus ini karena paling abrasif.

Senyawa Penggosok – Biasanya, setiap kali mobil Anda bergesekan ringan dengan bumper mobil lain, cat dari mobil lain akan menempel pada mobil Anda. Sekarang, Anda mungkin berpikir kalau cat tersebut adalah goresan tetapi untungnya tidak. Yang perlu Anda lakukan adalah menghilangkan lapisan tersebut dan menggunakan senyawa penggosok untuk menghilangkannya. Bersihkan area tersebut, oleskan senyawa penggosok dan gosokkan ke area tersebut dengan gerakan melingkar menggunakan kain. Hanya dalam beberapa menit, Anda bahkan tidak akan menyadari kalau mobil Anda tidak sempurna.

 

  • Penyok

 

Air Mendidih – Ini adalah teknik kuno yang ampuh dan banyak digunakan hingga hari ini pada bumper yang penyok. Anda membutuhkan dua panci, satu dengan air mendidih, dan yang lainnya dengan air dingin. Yang perlu Anda lakukan adalah menuangkan air panas ke atas penyokan agar bumper yang penyok menjadi cukup lentur sehingga Anda dapat mendorongnya keluar dari dalam. Selanjutnya, tuangkan air dingin ke atasnya untuk mendinginkan area tersebut.

Pengering Rambut – Jika Anda takut terbakar oleh air panas, alternatif lain yang serupa adalah menggunakan pengering rambut karena konsepnya sangat mirip. Panaskan area penyok secukupnya sehingga Anda dapat mendorong bagian yang penyok ke luar.

Plunger – Anda akan membutuhkan plunger yang lebih kecil dari penyok di mobil Anda dan jika penyoknya cukup kecil, Anda bahkan dapat menggunakan mangkuk penyedot dari dudukan handphone di dalam mobil. Anda membutuhkan sedikit air pada plunger atau cangkir hisap dan mobil untuk membantu menciptakan segel. Dorong sepenuhnya ke bawah untuk mengeluarkan udara dan tarik dengan kuat. Penyoknya akan langsung keluar!

Jika tips perbaikan DIY ini tidak dapat membantu menyelesaikan masalah, maka satu-satunya cara adalah dengan membawa mobil Anda ke bengkel profesional untuk dikerjakan dengan sempurna. Namun, menurut kebanyakan orang, tips DIY ini dapat menghilangkan penyok dan goresan yang jelas dengan cukup baik. Cara lain adalah dengan menjual mobil yang saat ini Anda gunakan ke Carsome! Kunjungi situs web kami untuk informasi selengkapnya.