Perkuat Senior Kepemimpinan – Carsome Tunjuk Juliet Zhu, sebagai Chief Financial Officer

 

  • Carsome, platform perdagangan mobil bekas terbesar di Asia Tenggara telah menunjuk Juliet Zhu sebagai Chief Financial Officer (CFO) mulai 1 Januari 2020.
  •  Juliet membawa pengalaman yang luas setelah bekerja di Long-Short Hedge Fund yang berfokus pada sektor Teknologi serta berperan Direktur dan Anggota Dewan di berbagai pendanaan dan perusahaan Venture Capital (VC). Termasuk juga baru-baru ini dengan Fosun RZ Capital, VC Global di bawah kepemimpinan konglomerat Fosun Group yang terdaftar sebagai perusahaan multi-milyar dolar Hong Kong.
  •  Menyusul penggalangan dana Seri C Carsome senilai 50 juta Dolar AS pada Desember 2019, penunjukan Juliet akan membantu memperkuat posisi pasar Carsome sebagai platform perdagangan mobil bekas dan pusat ekosistem terkemuka di Asia Tenggara.
  •  Carsome menargetkan akan  meraih keuntungan dari sisi operasional di Indonesia dan Thailand pada akhir tahun 2020, menyusul Malaysia sejak 2019.

 

Jakarta, Indonesia – 14 Januari 2020 – Carsome, platform perdagangan mobil bekas terbesar di Asia Tenggara, telah secara resmi mengumumkan penambahan pimpinan senior. Juliet Zhu telah ditunjuk sebagai Chief Financial Officer Carsome. Dia membawa pengalaman yang luas, setelah bekerja di industri investasi, Juliet juga membangun strategi, mengevaluasi serta membandingkan perencanaan model bisnis kapital di sektor ini seperti di Cina, India, dan yang terpenting, Asia Tenggara. Juliet juga baru-baru ini bergabung dengan Fosun RZ Capital, Global Venture Capital (VC) di bawah konglomerat Fosun Group yang terdaftar sebagai perusahaan multi-miliar dolar Hong Kong, serta perusahaan modal ventura lain yang fokus di Asia Tenggara seperti Jubilee Capital Management dan Cento Ventures. Sebelum masa jabatannya sebagai pemodal ventura, ia mengasah keterampilannya dalam memahami fundamental bisnis sebagai analis ekuitas, kemudian juga sebagai manajer portofolio yang berfokus pada ruang TMT dalam butik long-short hedge fund tempat ia mengusulkan dan mengeksekusi posisi sementara di Twitter dan Zynga di antara bisnis perdagangan lainnya.

Sebagai Chief Financial Officer, Juliet akan membawa wawasan dan kepemimpinannya dari pengalamannya di Venture Capital untuk mendorong strategi pertumbuhan bisnis inti Carsome yang baru dan vertikal, pengembangan ekosistem melalui kemitraan dan M&A, dan mengawasi semua manajemen modal termasuk penggalangan dana ekuitas dan utang. Seiring dengan suksesnya pendanaan Seri C yang diraih Carsome pada bulan Desember 2019, adanya Juliet akan memperkuat kepemimpinan regional Carsome di industri dengan memperluas ekosistem produk dan penawaran lainnya, termasuk pembiayaan, garansi, dan asuransi. Carsome menargetkan akan meraih keuntungan secara operasional di Indonesia dan Thailand pada akhir tahun 2020, menyusul Malaysia sejak 2019.

Dari posisi dewan sebelumnya, Juliet telah membangun serangkaian pengetahuan dan pengalaman yang mendalam dalam pengembangan bisnis, manajemen modal, serta investasi strategis dan M&A. Pengalamannya akan memperkuat posisi Carsome dalam persaingan untuk mendapatkan modal dari investor global.

“Kami sangat senang menyambut Juliet di Carsome,” kata Eric Cheng, CEO, dan Co-Founder Carsome. “Kami telah mengenal Juliet sejak 2016, dan dia tetap dekat dengan kami dan industri ini selama beberapa tahun terakhir. Dia tahu segalanya tentang Carsome dan sangat berpengalaman dalam nuansa industri dan pemain ekosistem kami di Cina, India, AS , dan Eropa. Dia akan membawa kepemimpinan yang baik dan pemikiran strategis ke tim serta membawa platform Carsome di Asia Tenggara ke tingkat yang lebih tinggi. “

“Di peran saya sebelumnya dengan Fosun RZ Capital, kami telah melakukan perbandingan horizontal yang sangat menyeluruh tentang peluang sektor dan model bisnis di seluruh China, AS, India, dan Asia Tenggara. Pasar mobil bekas di Asia Tenggara adalah salah satu peluang yang paling menarik namun bersahaja.” kata Juliet. “Industri ini adalah salah satu dari sedikit ruang di kawasan yang sebanding dengan ukuran China dengan lebih dari 100 milyar Dolar AS pasar yang belum dimanfaatkan dalam perdagangan dan pembiayaan saja. Saya telah melihat pertumbuhan Carsome selama beberapa tahun terakhir, dan saya semakin yakin dengan model bisnis dan tim. Ini bukan bisnis untuk oportunis karena bisnis ini membutuhkan fokus, ketekunan, dan banyak pekerjaan kasar untuk dibangun, dan tim Carsome telah membuktikan kinerja mereka. Saya tidak sabar untuk memainkan peran saya selama masa penting ini di dalam industri dan sejarah perusahaan. Saya akan menggunakan semua yang saya miliki untuk menjalankan visi yang kita semua yakini. “

Di luar sektor jasa keuangan, Juliet memiliki hasrat di dunia menulis. Dia adalah seorang penulis naskah aktif  dengan delapan karya yang diproduksi oleh berbagai teater lokal. Juliet juga menerbitkan kolom komentar tentang ekonomi dan bisnis di majalah dan bisnis. Dia adalah investor aktif di perusahaan swasta dan publik, terutama di sektor teknologi.

Pengangkatan Juliet mengikuti periode kecepatan pertumbuhan regional untuk Carsome, menandakan langkahnya untuk menjadi platform perdagangan mobil bekas terkemuka di Asia Tenggara. Pada bulan Desember 2019, Carsome mengumpulkan 50 juta Dolar AS pendanaan Seri C dari investor, termasuk Mitra Inovasi MUFG, Mitra PI Daiwa, Endeavour Catalyst, dan Ondine Capital. Pendanaan tersebut menggiring total pendanaan hingga 85 juta Dolar AS. Pada November 2019, Carsome bermitra dengan Funding Societies Malaysia, platform pembiayaan peer-to-peer (P2P), yang menawarkan pembiayaan hingga 200 juta AS kepada dealer mobil lokal untuk pembelian kendaraan bermotor bekas.

-SELESAI-

 

Tentang Carsome

Carsome adalah platform perdagangan mobil bekas terbesar di Asia Tenggara yang hadir di Malaysia, Indonesia, Thailand dan Singapura. Carsome memperkenalkan bisnisnya sebagai solusi menyeluruh bagi semua penjual mobil dengan memberikan layanan penjualan satu pintu, mulai dari inspeksi hingga transfer kepemilikan, untuk memberikan pengalaman yang mulus dan bebas gangguan kepada penjual. Carsome saat ini melakukan transaksi lebih dari 40.000 mobil per tahun dengan total nilai transaksi lebih dari 300 juta Dolar AS.

 

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi:

Malaysia: www.carsome.my

Thailand: www.carsome.co.th

Indonesia: www.carsome.id

Singapore: www.carsome.sg