Pilih Aki Kering atau Basah ? Ini Kelebihan dan Kekurangan Kedua Aki 

Aki kering atau aki basah sebenarnya memiliki fungsi yang sama karena komponen yang vital dan memiliki peran yang sangat krusial pada mobil. Mengapa? Karena aki merupakan salah satu komponen yang berfungsi sebagai sumber seluruh listrik yang digunakan pada mobil, sehingga untuk menyalakan seluruh komponen elektronik yang ada pada mobil memerlukan tenaga dari aki.

Aki merupakan sumber listrik pada mobil yang bertenaga DC atau direct current. Sebagai perannya dalam penyuplai daya listrik ke seluruh komponen yang ada di dalam mobil, aki sendiri terbagi menjadi 2 jenis yaitu aki kering dan aki basah. Kedua jenis aki tersebut memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing.

Kelebihan Aki Kering

  1. Aki kering dinilai lebih mudah secara perawatan. Proses pembersihannya cukup dengan menggunakan kain kering yang memiliki permukaan lembut pada area aki yang ingin dibersihkan.
  2. Cairan elektrolit yang digunakan pada aki kering hanya sedikit yang menguap.
  3. Aki kering sendiri cocok digunakan bagi pengendara mobil yang tidak memiliki banyak waktu untuk mengecek dan melakukan pemeriksaan untuk kondisi aki secara rutin dan berkala.
  4. Pemasangan aki kering lebih cepat.

Kekurangan Aki Kering

  1. Aki kering memiliki harga yang relatif lebih mahal di pasaran jika dibandingkan dengan harga aki basah.
  2. Proses perbaikan aki kering tergolong sulit dikarenakan harus membuka segel atau penutup yang ada pada area aki. Karena hal tersebut, biasanya banyak orang yang lebih memilih untuk membeli aki baru dari pada memperbaiki aki kering yang rusak.
  3. Aki kering memiliki usia penggunaan yang cukup singkat, hanya sekitar 2 tahun. Setelah itu, aki harus diganti dengan aki kering yang baru.

Kelebihan Aki Basah

  1. Aki basah dijual dengan harga yang relatif lebih murah jika dibandingkan dengan aki kering di pasaran.
  2. Saat mengalami kerusakan, aki basah dinilai lebih mudah diperbaiki dari pada aki kering.
  3. Kebanyakan bengkel ataupun tempat servis biasanya selalu menyediakan stok aki basah sehingga memudahkan pengendara yang ingin melakukan servis ataupun membeli aki basah yang baru.
  4. Aki basah memiliki usia penggunaan yang relatif lama asalkan selalu dirawat secara rutin serta mengganti air aki yang digunakan.

Kekurangan Aki Basah

  1. Cairan elektrolit yang digunakan pada aki basah lebih mudah menguap. Hal tersebut berimbas pada cairan aki yang lebih cepat habis saat digunakan berkendara.
  2. Karena cairan elektrolit yang mudah menguap, aki basah juga memerlukan perawatan yang ekstra. Anda harus lebih rutin dalam mengontrol kondisi air aki yang digunakan.
  3. Jika Anda tidak melakukan perawatan yang benar, cairan aki yang berada di dalam aki dapat tumpah dan menyebabkan korosi pada permukaan serta komponen-komponen lain yang ada di mobil Anda.

Peralatan untuk Memperbaiki Aki Kering

  1. Obeng minus dan obeng plus yang akan digunakan untuk membuka bagian penutup aki.
  2. Pisau (Dapat menggunakan pisau dapur maupun gergaji besi).
  3. Air aki (Dapat dibeli di bengkel ataupun tempat servis dan toko otomotif).
  4. Selotip atau solasi dengan ukuran cukup besar yang akan digunakan untuk merekatkan kembali komponen pada penutup aki.
  5. Kain atau lap yang akan digunakan sebagai alas untuk menampung tetesan aki yang tumpah.

Alat suntik ataupun suntikan tinta printer untuk memasukkan air aki ke dalam box aki mobil Anda.

kekurangan-kelebihan-aki-kering

Cara Memperbaiki Aki Kering yang Ampuh!

1. Lepaskan Aki dari Tempatnya

Setelah seluruh alat dan bahan yang diperlukan tersedia, proses pertama yang harus Anda lakukan adalah melepaskan aki dari mobil. Anda dapat melepas kutub positif (+) terlebih dahulu untuk menghindari percikan api yang dapat disebabkan karena sentuhan logam serta kutub negatif (-).

2. Bersihkan Aki

Langkah selanjutnya dalam cara memperbaiki aki kering adalah proses pembersihan aki. Setelah aki berhasil dilepaskan, Anda harus membersihkannya dari kotoran-kotoran yang masih tersisa pada bagian dalam aki. Anda dapat membersihkan aki dengan cara mengusap bagian yang masih kotor dengan menggunakan kain lap hingga bersih.

3. Buka Penutup Aki

Setelah aki dibersihkan, Anda sudah bisa membuka penutup aki. Gunakan obeng minus (-) dan arahkan pada tulisan ‘Do Not Open’ yang ada pada box aki. Lakukan hal yang sama pada komponen samping serta belakang dari penutup aki.

Bukalah kotak aki secara perlahan dan hati-hati agar tidak terjadi kerusakan. Selain dengan menggunakan obeng, sebenarnya Anda juga dapat menggunakan pisau ataupun gergaji untuk membuka penutup aki.

4. Isi Air Aki (Zuur)

Setelah Anda berhasil membuka penutup aki, akan terlihat enam buah lubang di dalamnya. Anda dapat mengisi keenam lubang tersebut dengan menggunakan air aki yang sudah disiapkan sebelumnya sebanyak 15 mililiter di bawah lubang aki dengan bantuan alat suntik. Setelah semua lubang terisi, tutuplah kembali dengan rapat menggunakan penutup aki.

5. Isilah Daya Listrik Aki

Selanjutnya, Anda harus mengisi daya listrik aki atau biasa dikenal dengan istilah setrum aki. Terdapat 2 cara yang umum digunakan, yaitu pengisian aki dengan metode setrum listrik (charge) serta metode pengisian aki dengan menggunakan jumper.

6. Lakukan Pengecekan Kembali

Setelah seluruh proses dan cara memperbaiki aki kering selesai dijalankan, Anda dapat mengecek kembali kondisi aki dengan alat ukur. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui apakah aki kering Anda sudah berhasil terisi dayanya kembali atau belum.

cara-memperbaiki-aki-kering

Cara Memperbaiki Aki Kering dengan Menggunakan Bodrex

  1. Lakukan cara memperbaiki aki kering seperti di atas dari poin 1-3.
  2. Setelah itu, kosongkan air aki dan tuangkan air panas ke dalamnya. Hal tersebut bertujuan untuk membersihkan sekaligus mengaktifkan kembali sel baterai yang sudah tidak berfungsi atau mati.
  3. Ulangi langkah-langkah ini hingga benar-benar bersih.
  4. Setelah itu, keringkan aki selama kurang lebih 3 jam atau seharian penuh.
  5. Lalu masukkan air aki (zuur) dan bodrex yang sudah Anda gerus hingga lembut ke tiap-tiap lubang aki.
  6. Tutup kembali box aki hingga rapat.

Cara Memperbaiki Aki Basah dengan Garam

  1. Bersihkan aki dan buang airnya.
  2. Larutkan 5 sendok makan garam yodium untuk aki basah besar atau 2 sendok makan garam yodium untuk aki basah kecil dengan air panas hingga benar-benar larut.
  3. Campurkan dengan air dingin dan isi aki.
  4. Tutup baut dengan kuat.
  5. Setelah itu, isi atau charge aki selama kurang lebih 10 hingga 15 menit. Jika terlihat adanya gumpalan garam, matikan terlebih dahulu dan ulangi prosesnya setelah dibersihkan.
  6. Setelah membersihkan isi baterai dari air garam, Anda dapat mengisinya dengan air aki (zuur).
  7. Tutup rapat kembali kotak aki.

Tips Menjaga Aki agar Tetap Awet

  • Bersihkan aki yang Anda gunakan secara rutin dan berkala.
  • Selalu perhatikan beban penggunaan yang sudah tercatat pada aki.
  • Selalu panaskan mobil Anda secara berkala.
  • Cek kondisi alternator (apakah masih bisa mengisi dengan baik atau tidak).

Gimana Sobat Carsome? Aki kering atau Aki basah sebetulnya memiliki titik kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Semoga dengan membaca ini Anda menjadi lebih paham kebutuhan Anda dan kendaraan, ya! 

Mobil memang sangat mendukung mobilitas, tanpa kendaraan di saat pandemi seperti ini tentunya akan membuat Anda menjadi kewalahan. PPnBM mobil 0% tidak berlaku untuk seluruh mobil, hanya pada beberapa mobil baru saja. Jadi, bagaimana solusinya untuk tetap mendukung produktivitas Anda? 

Carsome hadir sebagai platform jual beli mobil bekas Terpercaya, Mudah, dan Cepat untuk Anda. Solusi yang membantu para sobat muda dan masyarakat yang saat ini sedang dalam masa produktif. 

Beli mobil bekas di Carsome tidak perlu diragukan, karena inspektor Carsome sendiri sudah melakukan pengujian pada 175 titik mesin mobil untuk memastikan kualitas dari mobil yang dijual kepada Carsome. Jadi, soal harga, kualitas, dan kenyamanan Anda tidak perlu ragu lagi, ya! Segera hubungi kami jika Anda ingin bertanya lebih lanjut! 

Baca juga: Penyebab Mobil Brebet Saat Digas Setelah Cuci Mesin!