Semua yang perlu kamu ketahui tentang aki mobil

Aki mobil adalah bagian mobil yang paling dikenal, harus diganti kira-kira setiap dua tahun. Tapi, banyak yang tidak tahu banyak tentang bagian mobil ini. Dalam artikel ini, kami akan berbagi mengenai beberapa fakta tentang aki mobil dan tips yang harus kamu ketahui sebagai pemilik mobil.

Jenis-jenis aki mobil
Wet atau Dry cell
Bertentangan dengan pendapat umum, semua aki sebenarnya memiliki wet cell (sel basah) di dalam. Titik perbedaannya ada pada apakah aki tersebut harus dirawat atau tidak.

Meskipun aki mobil yang tidak perlu dirawat tidak harus diisi dengan air elektrolit sesekalinya (secara konvensional, aki yang harus dirawat membutuhkannya), pemilik mobil tetap harus mengecek terminal secara teratur untuk mencegah penumpukan korosif. Sisi negatifnya, aki ini tidak bisa menyaingi ketahanan aki konvensional yang harus dirawat.

Gel cell & AGM

Walaupun aki standar yang biasa kamu pakai di mobil bertahan sekitar dua tahun, ada dua tipe aki mobil lainnya yang bisa bertahan hingga lima tahun. Aki-aki ini dikenal sebagai aki Gel Cell (Sel Gel) dan Absorbent Glass Mat (AGM). Tipe-tipe ini memiliki performa yang lebih baik, kualitasnya tidak mudah turun, dan tahan lebih baik saat disimpan. Sebagai catatan, semua kelebihannya tidak datang dengan cuma-cuma karena harga kedua aki ini dua kali lipat dari aki wet cell biasanya.

Tips Merawat Aki MobilĀ 

Parkirlah mobil di dalam ruangan

Karena iklim di Indonesia lebih hangat, aki di dalam mobil kita akan bertahan setengah dari yang seharusnya dibandingkan dengan aki yang berada di suhu yang lebih dingin. Mengapa? Udara panas mengurangi umur aki mobil dengan mempercepat reaksi kimia di dalam aki, meningkatkan pengeluaran internal. Jadi, untuk meningkatkan umur aki mobilmu, sering-seringlah memarkir mobil di dalam ruangan.

Cabut aki jika kamu akan pergi berlibur

Apakah kamu pernah pergi berlibur lalu saat pulang mobilmu tidak bisa menyala? Kami juga pernah. Lain kali sebelum kamu berlibur, cukup cabut terminal negatif (penutup kabel hitam) pada aki mobil. Jika kamu khawatir alarm mobil dan sistem keamanan menjadi tidak aktif setelah kamu mencabutnya, kamu bisa meminta tetangga untuk menyalakan mobilmu dua hari sekali.

Kamu tidak bisa mengisi ulang aki mobil yang kosong

Banyak pengemudi yang berpikir kalau aki mobil yang kosong bisa diisi ulang dengan mengemudikan mobil. Hal ini tidak benar. Faktanya, pengisian aki yang kurang secara terus-menerus akan menurunkan kapasitas aki seiring dengan waktu dan memendekkan umurnya. Satu-satunya jalan untuk memulihkan pengisian aki mobil yang kosong adalah dengan charger multi-stage. Jika kamu jarang memakai mobilmu, setidaknya nyalakan setiap dua hari sekali, atau mengemudilah mengelili kompleks seminggu sekali.

Jagalah kesehatan aki secara optimal

Walaupun tidak ada cara mudah untuk mengetahui kapan aki mobil akan kosong, ada beberapa pertanda yang bisa diingat oleh para pemilik mobil. Jika mobil memakan waktu lebih lama dari biasanya untuk menyala, jika jam dan stasiun radio di mobilmu tersetel ulang dengan sendirinya, maka inilah tanda-tanda aki lemah dan harus diganti.

Menjaga daya aki yang optimal dan kondisi mobil yang baik tidak hanya menjamin perjalananmu mulus tapi juga menghasilkan harga yang lebih baik jika kamu memutuskan untuk menjual mobilmu. Saat waktunya tiba, kamu bisa menjualnya ke Carsome, di mana kami akan memberimu harga terbaik!

Jika kamu ingin menjual mobilmu, prosesnya seharusnya tidak ribet. Carsome melakukannya secara profesional, nyaman, dan cepat untukmu!