Apa Itu Sunroof Mobil, Perawatan, Biaya, dan Pilihan Mobil Tahun 2021!

Sunroof mobil adalah keberadaan kaca pada atap mobil hingga saat ini masih dianggap sebagai sesuatu yang mampu menambah kesan mewah pada mobil. Mengapa? Karena fitur tersebut biasanya hanya ditemui pada jenis-jenis atau tipe mobil premium saja. Oleh karena itu, tak sedikit orang yang rela untuk melakukan modifikasi pada mobilnya dengan menambahkan sunroof mobil sendiri secara manual. 

Mobil SUV dengan desain sporty di era ini biasanya dilengkapi dengan tambahan sunroof Ini dia mengapa banyak anak muda dan penggemar mobil sport banyak memilih Mobil SUV untuk dijadikan mobil mobilitas sehari-hari, terutama bagi para eksekutif muda. 

Untuk keberadaan kaca pada atap mobil tersebut dapat dibagi menjadi tiga jenis atau varian, yaitu sunroof, moonroof, dan panorama roof. Untuk lebih jelasnya akan dibahas dalam artikel Carsome kali ini.

Sunroof

 

sunroof-mobil

Jenis kaca pada atap mobil yang pertama adalah sunroof. Model kaca pada atap mobil yang satu ini menggunakan kaca dengan sistem yang dapat dibuka tutup. Saat kaca dalam kondisi terbuka akan membentuk sudut tertentu atau bisa juga naik menuju ke bagian atas dari atap mobil Anda.

Dengan begitu, udara dari luar dapat masuk ke dalam kabin mobil melalui sunroof. Sistem ini merupakan sistem yang dulunya digunakan pada bus kota sebagai ventilasi untuk pertukaran udara di dalam bus.

Selain dapat menikmati udara segar yang masuk, penumpang atau pengendara mobil juga dapat melihat pemandangan luar melalui sunroof mobil.

Moonroof

 

perbedaan-sunroof-dan-mobil-moon-roof

Jenis kaca pada atap mobil yang kedua bernama moonroof. Sebenarnya jika dilihat secara sekilas, moonroof dan sunroof tidak memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Hanya saja pergerakan rel yang mengatur gerakan kacanya sedikit berbeda.

Jika pada sunroof kaca akan terangkat ke atas atap saat dibuka, lain halnya pada moonroof yang justru memasukkan kaca ke dalam atap mobil dengan tujuan agar aliran udara tidak terganggu.

Karena mekanismenya yang seperti itu, moonroof cukup rawan untuk mengalami kerusakan yang dikarenakan mesin yang macet dan sulit diperbaiki. Oleh karena itu, biasanya moonroof dapat digerakkan secara otomatis dengan menekan tombol tertentu untuk menghindari macet.

Panorama Roof

 

mobil-panorama-roof

Jenis kaca pada atap mobil yang terakhir adalah panorama roof. Model panorama roof biasanya menggunakan kaca dengan ukuran yang relatif besar, bahkan ada yang hampir sebesar atap mobil itu sendiri.

Perbedaan yang paling mendasar dari model panorama roof jika dibandingkan dengan model atap kaca lainnya adalah karena penumpang ataupun pengendara dapat memilih suasana pemandangan yang diinginkan. Pada panorama roof, kaca yang ada di atap mobil tidak bergerak dan hanya menggerakkan bagian atap yang ada di bawahnya.

Kaca yang digunakan sebagai panorama roof juga mampu menahan sinar ultraviolet sehingga kabin tidak akan terasa terlalu panas. Pada beberapa model mobil pun panorama roof biasanya juga dilengkapi dengan tirai yang bisa dibuka tutup secara bebas oleh penumpang.

Kelebihan Sunroof Mobil

Bagi beberapa kalangan pecinta otomotif, fitur sunroof merupakan salah satu fitur impian yang ada di dalam mobil. Semenjak kemunculannya pertama kali pada tahun 1960-an, sunroof mobil mulai meraih popularitasnya karena penggunaannya pada mobil-mobil mewah eropa seperti Mercedes-Benz, BMW, hingga Volkswagen.

Kehadiran sunroof pada atap mobil Anda tentu saja dapat memberikan kesan elegan yang lebih mewah dan istimewa. Selain itu, dengan adanya sunroof membuat cahaya serta angin dapat lebih mudah masuk ke dalam mobil.

Fitur sunroof sendiri dipercaya dapat menambah kesan lebih lapang pada kabin mobil. Saat berkendara, berbeda dengan jendela samping Anda juga bisa menghirup udara bebas dan segar tanpa harus terganggu oleh suara bising dari luar melalui sunroof.

Biaya Pemasangan Sunroof

Biaya yang harus dikeluarkan oleh pemilik mobil yang ingin menambahkan fitur sunroof pada atap mobilnya sebenarnya berbeda-beda. Biaya tersebut biasanya bergantung pada karakteristik mobilnya masing-masing.

Untuk pemasangan sunroof pada mobil keluaran pabrikan Jepang biasanya berkisar diantara 10 juta rupiah hingga 15 juta rupiah. Sedangkan untuk mobil-mobil keluaran pabrikan eropa berkisar di angka 20 juta rupiah.

Tips Merawat Sunroof Mobil agar Awet

  • Periksa secara berkala kondisi jalur atau saluran untuk pembuangan air pada sunroof.
  • Selalu bersihkan komponen sunroof dari kotoran seperti kerikil, debu, dan pasir.
  • Hindari memarkir mobil di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung.
  • Periksa secara berkala kondisi rel yang digunakan pada sunroof.
  • Jangan diamkan sunroof terlalu lama. Anda bisa membuka dan menutup sunroof minimal sekali dalam 3 minggu agar sunroof tetap dapat bekerja secara normal.
  • Langsung keringkan rel sunroof setelah terkena air hujan. Jika terlalu lama berada dalam keadaan basah, rel dapat berkarat nantinya.

Rekomendasi Mobil Sunroof

 

Jenis Mobil Sunroof  Kisaran Harga Mobil (Baru)  Kisaran Harga Mobil (Bekas) 
Kia Picanto GT Line Rp 236,77 Juta Rp 205, 1 Juta 
MG ZS Ignite Rp 295,8 Juta  Rp 250 Juta
Wuling Almaz Exclusive 5 Seater  Rp 335, 8 Juta  Rp 255,5 Juta 
Kia Rio Rp 292, 7 Juta Rp 90 – Rp 120 Juta 
DFSK Glory i-Auto Rp 335 Juta  Rp 309,6 Juta
Kia Seltos EX+ Rp 360 Juta Rp 277 Juta 
Mitsubishi Outlander Sport PX Rp 370 Juta Rp 183 Juta 
Honda HR-V 1.8 Prestige Rp 427, 5 Juta Rp 260 Juta 
Nissan Serena 2.0 Rp 465, 2 Juta Rp 187 – Rp 240 Juta 
Hyundai Tucson Rp 464 Juta  Rp 215 Juta 
Nissan Elgrand Rp 1 Milyar  Rp 560 Juta 

Gimana sobat Carsome? Tertarik untuk memiliki mobil sunroof di atas? Nah, untuk saat ini Carsome sudah menjadi situs layanan jual beli mobil bekas berkualitas. Jika budget Anda terbatas untuk membeli mobil baru di atas, Anda dapat membeli mobil baru maupun mobil bekas dengan cara kredit

Beli mobil bekas berkualitas di Carsome, cek ketersediaan mobil yang Anda inginkan dan lakukan test drive sekarang! Anda juga dapat berkonsultasi dengan para inspektor yang ada di tempat inspeksi Carsome untuk mendiskusikan kebutuhan Anda. Tidak perlu ragu, karena Carsome meyediakan kalkulasi cicilan setiap bulannya.  Selain itu, supaya budget Anda semakin terjaga aman, Anda dapat menjual mobil bekas di Carsome. Sehingga, Anda dapat dengan leluasa melakukan tukar tambah kendaraan lama dengan kendaraan bekas yang lebih baik dan berkualitas. Nikmati berbagai keseruan dan promo menarik untuk setiap transaksi di Carsome. 

Jual mobil bekas terpercaya di Carsome sudah pasti sangat terpercaya, cepat, dan mudah! Carsome sudah bermitra dengan 1000 mitra terpercaya di Indonesia. Sehingga, tidak butuh waktu yang lama untuk menjual mobil bekas Anda di Carsome dengan harga yang sesuai. Kunjungi Lokasi Inspeksi Carsome sekarang

Baca juga: 21 Harga Mobil Bekas Dibawah 100 Juta Terbaru di Tahun 2021 Pilihan Carsome!