Bikin Perjalanan Tetap Nyaman, Inilah Tips Hilangkan Bau Tak Sedap di Kabin Mobil

Sebuah mobil dengan banyak fitur kenyamanan akan tidak berguna bila di kabin tercium bau tak sedap. Perjalanan akan terasa tidak nyaman baik jarak dekat maupun jarak jauh. Selain itu bau tak sedap juga bisa mengganggu konsentrasi pengemudi.

Pemicu bau tak sedap bisa dari berbagai faktor. Seperti asap rokok yang menempel di jok atau plafon. Selain itu juga tumpahan makanan atau minuman yang tidak segera dibersihkan. Bisa juga dari karpet yang masih terlalu basah.

Ketika muncul bau tak sedap di kabin mobil, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan. Berikut tips hilangkan bau tak sedap di kabin mobil agar perjalanan tetap nyaman.

  • Bubuk Kopi

Setelah kotoran di kabin dibersihkan biasanya bau tak sedap masih tercium. Untuk menetralisirnya bisa menggunakan bahan alami. Salah satu bahan yang sering digunakan ialah bubuk kopi. Pilih bubuk kopi murni tanpa gula agar proses netralisir lebih cepat. 

Kandungan kafein yang terdapat pada bubuk kopi bisa menghilangkan bau di dalam kabin. Cara menggunakannya pun cukup diletakkan dalam wadah dan taruh dibawah jok mobil. Lakukan pada malam hari sebelum tidur dan diamkan semalaman untuk perlahan menghilangkan bau.

Baca juga: Cara Membuka Pintu Mobil yang Terkunci dari Dalam

  • Daun Pandan

Bahan alami lainnya yang juga bisa digunakan untuk hilangkan bau tak sedap di kabin mobil adalah daun pandan. Bahan dapur ini memang terkenal sebagai pemberi aroma wangi pada masakan. 

Namun tidak hanya untuk masakan, aroma wangi pada daun pandan juga efektif menghilangkan bau tak sedap di kabin. Cukup letakkan 8-10 helai di wadah daun pandan segar dibawah jok mobil atau dasbor.

  • Vacuum Cleaner

Namun meskipun diberi bahan alami untuk menghilangkan bau tak sedap, paling mendasar adalah harus membersihkan kotoran dengan vacuum cleaner. Alat yang mampu mengangkat kotoran dan debu yang menjadi penyebab bau tak sedap.

Bila memungkinkan, pilih vacuum cleaner portabel dengan ukuran yang ringkas. Selain mudah dibawa juga bisa menjangkau sudut-sudut di dalam mobil. Perhatikan juga daya hisapnya yang kuat agar kotoran lebih banyak terangkat.

  • Air Purifier

Selain membersihkan dan menggunakan bahan-bahan penetralisir, jangan lupa untuk memperbaiki sirkulasi udara di kabin. Caranya dengan membuka jendela mobil dalam keadaan mesin mati. 

Untuk mengoptimalkan sirkulasi udara, Anda juga bisa coba menggunakan air purifier portabel khusus mobil. Saat ini sudah banyak dijual di e-commerce yang bisa menetralisir udara dalam kabin.

Baca juga: Tips Membersihkan Interior Mobil 

  • Jemur di Bawah Sinar Matahari

Selain sisa-sisa makanan, faktor yang membuat kabin tidak sedap adalah karpet yang basah. Misal karena air minum tumpah atau saat mencuci mobil karpet belum terlalu kering.

Langkah paling tepat tentu menjemur karpet di bawah sinar matahari. Setelah kering baru dipasang ke dalam kabin. Teknik alami ini cukup ampuh menghilangkan bau tak sedap di kabin akibat karpet basah.

Beli Mobil Bekas Terpercaya di CARSOME!

Gimana Sobat CARSOME sekarang jadi lebih mudah bukan untuk mengatasi permasalahan bau kabin yang tidak sedap di mobil Anda. Sebenarnya ada banyak lagi cara mudah dan alami yang bisa membantu Anda mengatasi masalah tersebut. Namun, ini dia yang CARSOME sarankan untuk Anda lakukan dengan mudah. Selamat Mencoba, ya!

Beli mobil bekas berkualitas di CARSOME harganya sangat terjangkau dan berkualitas. Tidak perlu ragu dan takut, karena semua mobil sudah melalui proses pemeriksaan ketat di 175 titik. Seluruh informasi lengkap hasil inspeksi dapat Anda cek di website CARSOME bahkan secara 360 derajat, lho.  Kenali kebutuhan Anda dan konsultasikan semuanya pada CARSOME C0nsultant untuk mendapatkan mobil bekas terbaik. Jangan lupa melakukan test drive GRATIS di CARSOME, ya!