Tips Membersihkan dan Membasmi Kuman Kabin Mobilmu

Tips Kebersihan Kabin Mobil

Walaupun sebagian pemilik mobil mungkin berpikir terlalu membosankan untuk membersihkan bagian dalam mobil mereka dengan seksama, sebuah penelitian terbaru yang dipublikasikan oleh New England Journal of Medicine menyatakan bahwa Covid-19 bisa hidup hingga 4 jam pada tembaga, hingga 1 hari pada kardus, dan hingga 3 hari pada plastik dan besi tahan karat. Karena itulah, tentunya lebih baik untuk berjaga-jaga daripada menyesal. Berkaitan dengan isu ini, Carsome menanggapinya dengan serius dan telah menjalankan praktik kebersihan yang baik di seluruh pusat inspeksi kami dengan masker, sanitizer dan menerapkan penjagaan jarak yang ketat.

Sebelum kamu memulai, lindungi tanganmu dengan menggunakan sarung tangan karet sekali pakai. Area-area yang harus kamu perhatikan adalah bagian luar dan dalam pegangan pintu, tombol start, setir mobil, kartu pintu, jendela, pegangan pintu, ventilasi udara, tuas persneling, rem parkir, pelindung matahari dan bahkan lampu kabin. Intinya, kuncinya adalah area apa pun yang sering kamu sentuh. Lalu, manfaatkan barang-barang di bawah ini yang bisa membunuh virus tapi tidak terlalu keras pada interiormu.

Tisu Basah Anti-Bacterial

Tissue Basah Antibacterial

Gunakan tisu basah pembasmi kuman yang mengandung natrium hipoklorit atau pemutih rumah tangga karena mereka sangat efektif. Cnet juga merekomendasikan pembersih konsumen lainnya yang menggunakan benzylkonium/benzylammonium chloride, bahan aktif yang biasanya dimanfaatkan dalam banyak produk konsumen dan dikenal lebih lembut dari pemutih.

Pembersih Semua Permukaan

Pembersih Semua Permukaan

Semprotan pembasmi kuman atau pembersih permukaan yang mengandung benzylkonium/ benzylammonium chloride seperti di atas juga bekerja dengan baik. Beberapa semprotan di permukaan dengan lap ke bawah efektif dan bisa kamu lakukan pada area-area seperti karpet dan sudut yang sulit terjangkau. 

Semprotan Penghilang Virus dan Bakteri

Semprotan penghilang virus dana bakteri

Semprotan pembasmi kuman ini mengandung triethlene glycol yang terkenal untuk membunuh bakteri dan menetralisasi virus di udara. Kami rekomendasikan untuk menyemprotnya di dalam mobil kosong dengan AC menyala, atau langsung pada ventilasi udara.

Sabun 

Sabun cuci tangan

Jika kamu tidak bisa mendapatkan pembersih anti bakteri, menggunakan sabun juga efektif, bahkan lebih bagus. Karena sabun memecahkan minyak, ianya juga berinteraksi dengan virus dengan cara yang sama. Penggunaan sabun jenis apa pun pasti efektif, karena ianya tidak hanya membunuh virus, tapi memiliki kemungkinan kecil untuk merusak permukaan dalam mobilmu yang lembut – seperti kain dan kulit.

Untuk metode-metode terbaik menjaga permukaan dan kulit, Autoblog telah menyatakan untuk menghindari pemutih kecuali pada plastik yang simpel, untuk menguji pembersih tersebut pada permukaan yang berkabur, bersihkan bahan kimia hingga kering dan gunakan pelembut kulit pada pembersih yang mengandung alkohol.

Sehubungan dengan pandemic yang berlangsung, ingatlah untuk menerapkan kebersihan, pakai masker, mencuci tangan, membasmi kuman dan pastikan kamu menjaga jarak.