Simak! Ini 5 Cara Rawat Mobil Putih Biar Warnanya Awet

Ilustrasi gambar mobil warna putih. Sumber: Freepik/azerbaijan

Jakarta – Mobil warna putih cukup digemari para pencinta otomotif karena memiliki kesan bersih dan elegan. Namun sayangnya, warna putih mudah sekali kotor sehingga noda-noda yang menempel pada bodi mudah terlihat. 

Nah, itu mengapa mobil berwarna putih membutuhkan perhatian serta perawatan khusus agar warnanya tidak mudah kusam dan selalu kinclong.

Tapi jangan khawatir ya, untuk mengatasi hal tersebut, berikut tips dari Urbanasia bagaimana merawat mobil putih agar tetap terlihat seperti baru.

1. Rajin Jaga Kebersihan Mobil

Ilustrasi membersihkan mobil putih. Sumber: Freepik/prostooleh

Mobil apapun pastinya harus dijaga kebersihannya, baik eksterior maupun interior. Kamu bisa memanfaatkan vacuum cleaner untuk membersihkan bagian dalam mobil.

Sedangkan untuk bagian luarnya, kamu bisa menggunakan wax sebagai pelapis bodi mobil kamu. Fungsi wax ini untuk melindungi mobil kamu dari sinar matahari, air hujan, serta debu dan baret.

2. Hindari Cuci Mobil di Bawah Matahari Langsung

 

Ilustrasi mencuci mobil. Sumber: Freepik/senivpetro

Banyak orang beranggapan jika mencuci mobil pada siang hari di bawah sinar matahari akan membantu cepat mengeringkan mobil.

Hal itu memang benar, namun sinar matahari juga bisa membuat warna mobil putih kamu menjadi pudar dan lama-kelamaan terlihat menguning. Selain itu busa dari shampo akan cepat mengering dan terserap pada cat mobil. Hal tersebut disebabkan oleh sinar panas matahari.

3. Pakai Shampo Khusus Mobil

Gunakan shampo atau sabun perawatan khusus mobil putih. Menggunakan sabun yang tidak sesuai dengan fungsinya dapat merusak cat mobil.

Dengan menggunakan shampo atau sabun khusus mobil, cat putih dari mobil kamu akan lebih awet lagi, sekaligus juga terjaga kebersihannya.

4. Lakukan Pemolesan

Pemolesan dilakukan untuk mempertahankan warna putih mobil kamu agar tetap berkilau. Pemolesan bisa menghilangkan jamur yang menempel pada bodi mobil.

Biasanya lapisan yang digunakan adalah nano ceramic yang dapat membuat warna bodi mobil awet sampai dengan 2 tahun. Pemolesan ini bisa kamu lakukan di bengkel terdekat.

5. Jangan Parkir di Bawah Sinar Matahari

Sama seperti mencuci mobil di bawah sinar matahari, kamu juga jangan terlalu sering memarkirnya di bawah terik matahari, sekalipun sudah dilindungi dengan wax atau polesan lain.

Jika kamu memiliki garasi, kamu bisa selalu memasukkan mobil ke garasi sehinga terlindung dari sinar matahari.

Kelima tips tadi dapat membantumu merawat mobil putih agar warnanya tidak menguning dan selalu terlihat seperti baru. Selamat mencoba!

Nah, buat kamu yang masih kepo terkait tips dan trik baik perawatan mobil atau motor, atau mungkin beragam informasi lainnya yang menarik seputar dunia otomotif dan launching berbagai produk otomotif, jangan lupa kamu bisa akses di kanal URoto yang ada di Urbanasia.com atau kamu bisa akses di sini.

Di dalam kanal URoto, kamu dapat membaca beragam informasi seperti hal-hal yang berkaitan dengan tips & trik, perawatan mobil dan motor, hingga rekomendasi  produk otomotif yang cocok untuk anak muda. Selain menyajikan informasi, platform Urbanasia.com juga memiliki peran sebagai wadah bagi penggunanya untuk berbagi informasi dan berita. Urbanasia.com merupakan platform media online berbasis 360 Media-Agency yang berisi berita menarik dan artikel inspiratif serta edukatif di Indonesia. Urbanasia.com menyajikan berita yang disesuaikan bagi kalangan anak muda khususnya generasi milenial dan generasi Z.  Ingin visit ke kantor Urbanasia? Kamu bisa kunjungi kantor kami di Menara Batavia Lt. 12A, Jl. K.H. Mas Mansyur No.Kav. 156, Karet Tengsin, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Kamu juga bisa download aplikasi Urbanasia di Google Playstore dan juga Apple Store. Saatnya jelajahi aplikasi Urbanasia sesuka hati kamu!