7 Tips Tetap Aman Berkendara saat Hujan Deras

Salah satu hal terburuk yang dapat terjadi saat mengemudi adalah Anda terjebak dalam hujan lebat. Hujan dapat membuat jarak pandang Anda menjadi sangat buruk, dan jika Anda tidak tahu cara mengemudi yang aman saat hujan, Anda dapat mengalami kecelakaan atau lebih buruk lagi.  Berikut adalah beberapa tips berkendara saat hujan agar Anda bisa selamat sampai ke tujuan:

Tips Berkendara Aman saat Hujan Deras

Cuaca seringkali sulit untuk diprediksi, sehingga Anda sebagai pengendara dituntut untuk bisa lebih sigap dan tanggap saat menghadapi berbagai jenis cuaca, salah satunya saat hujan deras. Nah, bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi, berikut ini adalah 7 hal yang bisa dilakukan saat terjadi hujan deras di jalan:

1. Kurangi Kecepatan

Tips berkendara saat hujan yang pertama adalah jangan mengendarai dengan kecepatan tinggi saat cuaca buruk. Adanya genangan air di jalanan akan meningkatkan risiko ban kempes, hingga terjadi Aquaplaning atau hilangnya cengkraman ban pada jalur yang dilewati.

Mengurangi Kecepatan saat Hujan Deras (Photo by Claude Gabriel – Unsplash)

Curah hujan yang lebat seringkali memperburuk visibilitas dan juga jarak pandang pengemudi. Mengurangi kecepatan saat hujan deras mampu membantu Anda dalam melihat situasi sekitar, sehingga bisa lebih berhati-hati memilih lajur dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Dilansir melalui beberapa sumber, kecepatan paling aman pada cuaca buruk adalah 50-60 km/jam.

2. Jaga Jarak Aman dengan Kendaraan Lain

Hal berikutnya yang wajib dilakukan saat hujan deras adalah jaga jarak dengan kendaraan yang ada di sekitar Anda. Dengan Anda menurunkan kecepatan mobil, tentu akan sangat efektif untuk menjaga jarak aman antar mobil. 

Buat Jarak Aman Antar Mobil (Photo by Nate Johnston – Unsplash)

Jarak aman mobil saat hujan deras adalah jarak yang cukup untuk memberi Anda ruang yang cukup untuk berhenti jika terjadi kecelakaan di depan Anda. Cobalah untuk menjaga jarak setidaknya 6-8 detik (50-60 meter) dari kendaraan di depan Anda untuk memberikan ruang yang cukup untuk reaksi dan mengurangi risiko kecelakaan. 

Jangan ragu untuk mengubah jarak jika situasi memerlukannya, seperti jika terdapat genangan air yang dalam atau jika kondisi jalan berubah. Tips berkendara saat hujan ini cukup efektif untuk membantu pengemudi terhindar dari kecelakaan lalu lintas.

3. Menyalakan Lampu

Tips berkendara saat hujan berikutnya adalah dengan menyalakan lampu saat di jalan. Menyalakan lampu mobil saat hujan deras sangat penting karena membantu Anda dan pengendara lain untuk melihat jalan dan mengurangi risiko kecelakaan. Anda juga disarankan untuk menggunakan lampu jarak jauh untuk memberikan tanda keberadaan Anda kepada pengendara lain yang berada di jalan.

Menghidupkan Lampu Mobil saat Hujan (Photo by Sai Kiran Anagani – Unsplash)

Menyalakan lampu mobil Anda saat hujan deras akan meningkatkan kesadaran Anda tentang lingkungan sekitar Anda, sehingga Anda dapat bereaksi lebih cepat terhadap situasi yang tidak aman. Jangan lupa untuk menyalakan lampu sein saat akan berbelok atau berpindah jalur.

4. Hindari Genangan Air

Tahukah Anda ketika mobil melaju melewati genangan air, akan berpengaruh pada kerusakan pada suspensi mobil dan komponen-komponen lain seperti sistem pendingin dan transmisi. Selain itu, ​​genangan air yang dalam dapat menyebabkan kendaraan untuk kehilangan kontak dengan jalan dan menyebabkan kecelakaan.

Hindari Melintas di Genangan Air (Photo by Shaquon Gibson – Unsplash)

Genangan air yang masuk ke dalam mesin mobil dapat berpotensi merusak sistem sirkulasi air seperti radiator dan pompa air, yang akan menyebabkan kerusakan pada mesin mobil dan menyebabkan overheat. Tips berkendara saat hujan yang satu ini juga cukup efektif dalam menurunkan resiko adanya kecelakaan tunggal di jalan.

5. Jangan Menyalakan Lampu Hazard

Masih banyak orang yang salah kaprah mengenai penggunaan lampu hazard saat terjadi hujan deras. Tahukah Anda jika fungsi lampu hazard adalah memberi tanda bahwa mobil tersebut sedang berhenti?

Jangan Menggunakan Hazard Mobil (Photo by Erik Mclean – Pexels)

Tertulis pada UU No.22 tahun 2009 tentang LLAJ, Pasal 121 ayat 1, bahwa penggunaan lampu hazard hanya diperbolehkan sebagai isyarat keadaan darurat ataupun menandakan mobil tengah berhenti. Selain itu, menggunakan lampu hazard juga akan mengganggu fungsi lampu sein mobil.

Menghidupkan lampu hazard saat cuaca hujan deras tentu akan membuat bingung pengemudi-pengemudi di belakang Anda. Tak jarang cahaya dari lampu hazard ini justru menyilaukan pengemudi lain dan berpotensi menjadi penyebab terjadinya kecelakaan.

Baca juga: Nah Ini Dia Fungsi Lampu Hazard Yang Tepat

6. Atur Suhu AC Mobil

Atur Ulang Suhu AC Mobil (Photo by Hiphotos35 – iStock)

Salah satu tips berkendara saat hujan berikutnya ialah mengatur suhu AC. Demi menjaga kenyamanan berkendara saat terjadi hujan deras, Anda bisa mengatur ulang suhu AC di dalam mobil menjadi lebih tinggi. Pada saat cuaca dingin, udara di dalam mobil yang lebih hangat dibandingkan udara luar akan menyebabkan kondensasi uap air di dalam mobil, yang dapat mengakibatkan kaca mobil menjadi kabur atau mengembun.

7. Hindari Mengerem Mendadak

Hindari Rem Mendadak (Photo by Wachira Aekwiraphong – iStock)

Tips berkendara saat hujan yang terakhir adalah sebisa mungkin hindari untuk mengerem mendadak. Perlu Anda ketahui jika mengerem mobil mendadak saat cuaca hujan deras dapat menyebabkan beberapa bahaya seperti Aquaplaning, mobil tergelincir, dan yang terparah adalah kecelakaan beruntun. 

Untuk menghindari bahaya ini, penting untuk menjaga jarak aman dari kendaraan di depan Anda, mengurangi kecepatan saat berkendara di jalan basah, dan mengerem dengan perlahan saat hujan deras.

Baca juga: Penting! 5 Bagian Mobil Ini Perlu Diperhatikan Saat Musim Hujan

Jual mobil lama Anda atau tukar tambah dengan mobil CARSOME Certified bisa dapat diskon 50% untuk rental mobil di Zoomcar

Promo berlimpah dari CARSOME di Bulan Penuh Cinta. Promo jual mobil bisa dapat bonus Rp2 juta belum termasuk jika Anda melakukan tukar tambah mobil lama dengan mobil CARSOME Certified dengan tambahan diskon hingga Rp7,5 juta yang bisa langsung Anda gunakan untuk pembelian mobil CARSOME Certified. 

Selain itu Anda juga bisa mendapatkan potongan harga sebesar 50% untuk rental mobil yang aman di Zoomcar. Zoomcar merupakan platform rental mobil yang dapat memberikan kenyamanan dan rasa aman bagi pelanggan melalui berbagai fitur yang tersedia. Cek syarat & ketentuan serta penggunaan diskon di bawah ini, 

  • Pilih tanggal yang sesuai dengan waktu sewa yang diinginkan
  • Pilih kendaraan yang diminati
  • Klik pilihan offers setelah mendapati informasi ringkasan tarif
  • Masukkan kode CARSOME50 di halaman informasi penawaran sebelum pembayaran
  • Lanjutkan pembayaran
  • Promo berlaku untuk pengguna baru yang pertama kali melakukan transaksi
  • Waktu pemesanan: minimal 24 jam-4 hari
  • Periode romo: 1 Februari – 30 Juni 2023

Jual beli mobil terpercaya hanya di CARSOME Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi Customer Service kami di (021) 5020 2030

Jangan lupa juga, untuk memudahkan Anda melihat-lihat mobil impian. Sekarang CARSOME sudah ada aplikasi lho. Jadi makin gampang kepoin mobil impian lewat handphone Anda. Download aplikasinya di App store & Play Store sekarang.

Baca juga: Program Tukar Tambah di CARSOME!