Kenali Penyebab dan Efek dari Highway Hypnosis Saat Berkendara

sumber : bbc.com

Setiap pengemudi kendaraan pasti tidak suka dengan kondisi jalanan perkotaan yang macet atau jalanan pergunungan yang umumnya berkelok-kelok, Orang mungkin akan lebih suka berkendara di jalanan yang lurus dan sepi seperti berkendara di jalur pantai.

Namun tahukah kamu, ternyata Mengemudi di Jalanan yang Lurus dan Panjang jauh lebih berbahaya dibanding jalur yang berkelok-kelok seperti di Gunung. 

Berkendara di Jalur Lurus memungkinkan kamu mengalami yang namanya Highway Hypnosis. Apa itu Highway Hypnosis ? Highway Hypnosis adalah Kondisi dimana pengemudi seperti terhipnotis dan kehilangan fokus dan kesadaraan saat sedang berkendara.

Kondisi Highway Hypnosis ini disebabkan oleh situasi monoton yang dialami oleh pengemudi akibat terlalu lama berkendara di jalur yang lurus dan panjang. Namun tak hanya disebabkan oleh jalan yang lurus dan panjang namun juga bisa terjadi saat melintasi jalanan dengan situasi yang sama berkali-kali dan bertahun-tahun.

sumber : germistowncitynews.co

Bahkan tak sedikit yang gara gara kehilangan fokus, ia mengalami micro sleep (suatu kondisi dimana orang tidak menyadari dirinya tertidur) . Hal ini tentu berbahaya saat sedang berkendara, terutama pengendara cenderung mengemudikan mobil dengan kecepatan tinggi saat berkendara di jalur yang lurus dan sepi.

Namun jangan khawatir karena ada beberapa cara agar kamu tidak mengalami kondisi highway hypnosis ataupun micro sleep. 

Usahakah untuk berkendara dengan ditemani oleh orang lain agar bisa mengobrol saat sedang merasa bosan, atau jika memang harus berkendara sendiri kamu bisa memutar musik agar rasa bosan dan kantuk bisa hilang.

Lalu saat berkendara jangan fokuskan pandangan hanya pada satu titik karena akan mengakibatkan efek tunnel vision yakni hanya fokus ke satu arah dan bikin kamu enggak waspada akan situasi sekitar kendaraan dan tentunya juga dapat membuat kamu cepat bosan

sumber : istockphoto.com

Kamu juga bisa mematikan ac mobil dan membuka jendela agar udara segar dan oksigen bisa masuk. Sebab Highway Sindrom juga bisa dipicu saat otak kekurangan oksigen.

Yang terpenting adalah usahakan kamu istirahat dan tidur yang cukup sebelum menempuh perjalanan jauh agar kamu tidak mengalami Highway Hypnosis dan Micro Sleep saat berkendara.

Mau Jual Mobil Ga Ribet ? Jual aja di Carsome, Dengan Sistem Penawaran Transparan , Mobil kamu bakal langsung direbutin ribuan dealer dan kamu bisa lihat langsung untuk harga terbaiknya. Segera daftarin mobil kamu di www.carsome.id #EnaknyaJadiRebutan