Ban Mobil Pintar dan Canggih dengan Koneksi 5G

Teknologi Ban 5G: Harapan dan Optimisme

Saat ini, Jaringan 5G tengah kini telah terdapat di beberapa wilayah di negara-negara maju seperti Amerika Serikat,Korea Selatan,Jepang dan China, juga pada tahun 2020 nanti disebutkan bahwa jaringan 5G ini akan diperluas dan bisa di gunakan di beberapa wilayah lainnya.

Jaringan 5G merupakan jaringan konektivitas internet mobile yang menawarkan koneksi lebih cepat dari generasi sebelumnya. Karena kecepatan yang tinggi, 5G juga diharapkan mampu membawa data yang besar, sehingga dapat menghubungkan dunia dengan lebih cepat dan mudah.

ban mobil 5g
sumber : auto.ndtv.com

Jaringan 5G ini pun rencananya akan dimanfaatkan dalam dunia otomotif dan lebih menariknya lagi akan diaplikasikan di Ban Kendaraan. 

Pabrikan ban  asal Italia, Pirelli memperkenalkan Cyber Tyre, yakni karet bundar yang dibekali dengan teknologi internet 5G. Ban cerdas ini diklaim sebagai ban pertama di dunia yang mengirimkan data melalui 5G.

Dilansir dari engadget.com, Sistem Cyber ​​Tire ini bekerja dengan mengumpulkan data dari kendaraan saat mengemudi, seperti apakah genangan air di jalan, Lalu data ini dikirim ke kendaraan lain yang juga telah terdapat ban yang sama dengan koneksi 5G.

ban mobil 5g
sumber : robrepport.com

Sensor di Ban Cyber ​​ini juga dapat mengumpulkan informasi tentang permukaan jalan, dan kedepannya ban ini juga akan dapat mendeteksi faktor-faktor seperti jarak yang ditempuh pada ban dan beban dinamis.

Untuk mewujudkan Ban Pintar yang satu, Pirelli bekerja sama dengan Audi, Ericsson dan Italdesign. Namun, tentu saja ban hanya bisa berfungsi jika jaringan 5G sudah tersedia luas. Belum ada informasi soal kapan Ban ini akan dirilis, namun yang pasti dengan adanya teknologi Ban 5G ini akan meningkatkan kualitas keamanan dan meningkatkan performa mobil.

Kecanggihan dan Kemudahan juga bisa kamu Dapatkan saat menjual mobil bekas kamu di Carsome, Dengan Sistem Penawaran Transparan kamu bisa dapatkan harga terbaik untuk mobil kamu dan bakal langsung terjual dalam 24 jam. Segera daftarkan mobil kamu di www.carsome.id ya#EnaknyaJadiRebutan