Kapan Waktu yang Tepat untuk Jual Mobilmu?

Waktu Tepat Membeli dan Menjual Mobil

Pandemi Global Covid-19 mungkin sudah mengurangi daya minat beli konsumen, namun masih banyak orang Indonesia yang masih tertarik untuk membeli mobil bekas.

Menurut survey pelanggan Carsome yang dilakukan pada bulan April 2020, sekitar 43% pelanggan di Indonesia berencana untuk menjual mobil mereka dalam 12 bulan ke depan. Terlepas dari periode pembatasan sosial berskala besar (psbb) dalam jangka panjang, pelanggan masih percaya pada layanan penjualan mobil secara online.

Anda mungkin sudah menentukan perjalanan impian menggunakan mobil itu, tetapi anda mungkin bertanya-tanya apa yang perlu dikhawatirkan jika seseorang membeli atau menjual mobil bekas?Ketika berbicara tentang tentang keinginan versus kepraktisan, penting untuk memikirkan beberapa faktor seperti depresiasi dan nilai pasar. Beruntungnya kamu, kami siap bekerja keras, untuk membantu anda dengan memberikan keputusan terbaik.

Rata-rata Usia Mobil terlaris di Carsome selama 2019

Carsome insight 2019 menemukan bahwa satu dari dua pemilik mobil di Indonesia menjual mobil mereka dalam dua hingga lima tahun pertama setelah pembelian, pilihan ini menjadi pilihan favorit banyak orang. Menyusul kemudian dengan 37% adalah mobil yang berusia enam hingga delapan tahun, menjadikan fakta bahwa tiga dari empat orang akan menjual mobil mereka sebelum memasuki tahun kesembilan.

Jadi, pertanyaannya adalah, kapan waktu yang tepat Anda harus membeli mobil bekas?

Waktu terbaik untuk menjual mobil anda adalah saat tahun ketiga untuk model-model populer seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Honda Mobilio dan Toyota Agya. Terlepas berakhirnya sebagian besar jaminan pabrik pada tahun ketiga, penyusutan pada model-model mobil ini mendekati 50% atau lebih, menjadikan kesempatan yang sangat menarik.

Bagaimana jika saya ingin menjual mobil bekas saya?

Insight dari Carsome pada usia rata-rata penjualan mobil tertinggi menunjukkan tren populer dimana sebagian besar pemilik mobil menjual mobil mereka antara dua hingga lima tahun setelah pembelian.

Sementara penurunan tingkat penyusutan tertinggi untuk tiga tahun pertama (dengan rata-rata 15-20% per tahunnya), dan berkurang setelah tahun ketiga.

Singkat cerita, waktu yang tepat untuk menjual mobil anda antara tahun ketiga dan kelima, dimana model popular seperti Toyota Avanza dan Toyota Agya hanya mengalami penyusutan sebesar 5% dan Honda Mobilio serta Daihatsu Xenia kehilangan hanya sedikit yaitu 6% dari nilai awalnya.

Masih bingung? Kami akan membantu menjelaskan secara cepat:

Waktu yang tepat untuk menjual :

  • Toyota Avanza atau Toyota Agya bekas berada di tahun keempat hingga kelima, karena kendaraan hanya mengalami penyusutan 5% tambahan dari tahun ketiga menjadi kelima.
  • Toyota Innova bekas berada di tahun ketiga, di mana Toyota Innova mempertahankan 58% dari nilai aslinya, dengan paling sedikit penyusutan dibandingkan dengan model populer lainnya.

Waktu yang tepat untuk membeli :

  • Daihatsu Xenia atau Toyota Agya bekas akan berada di tahun ketiga, karena telah mengalami penyusutan dari 49% menjadi 53% dari nilai aslinya, membuatnya murah.
  • Toyota Innova bekas akan berada di tahun kelima, di mana nilai jual kembali hanya pada hanya 40% dari nilai aslinya.
  • Honda Mobilio bekas akan berada di tahun ketiga dengan nilai jual kembali 54%, dan kemungkinan memiliki dua tahun perpanjangan garansi pabrik yang tersisa.

* Statistik & angka yang disajikan pada artikel dan Carsome Insights 2019 adalah perkiraan rata-rata berdasarkan data internal mobil Carsome yang digunakan. Harga kendaraan dan nilai jual kembali akan tergantung pada merek kendaraan, model, permintaan pasar, kondisi, dan faktor lain yang berlaku.

Jika kamu ingin menjual mobilmu, prosesnya seharusnya tidak ribet. Carsome melakukannya secara profesional, nyaman, dan cepat untukmu!