Apa Saja Merek dan Model Mobil Populer di Indonesia?

Merek dan Model Mobil Paling Populer 2019

Dengan meningkatnya populasi kelas pekerja dan peraturan pemerintah “tidak ada kendaraan yang dapat didaftarkan ulang setelah masa kepemilikan rata-rata 10 tahun”, pemilik mobil cenderung menjual mobil mereka sebelum masuk usia 10 tahun.

Selain itu, tingginya kepercayaan pelanggan terhadap transaksi online melalui portal mobil sejak 2018, membuat mayoritas dealer mobil di Indonesia cenderung ke iklan online untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Hal ini menjanjikan pertumbuhan yang besar bagi industri mobil bekas.

MERK MOBIL DENGAN PENJUALAN TERBAIK

Carsome Insights 2019 menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia memiliki preferensi yang kuat terhadap mobil Jepang. Delapan dari sepuluh merek mobil terlaris adalah pabrikan otomotif Jepang. Honda dan Toyota mengambil mayoritas pangsa 56,5%, diikuti oleh Daihatsu, Nissan dan Suzuki, memberikan lima merek teratas ini pangsa pasar yang besar yaitu 90,4%. Merek asing lain seperti Kia dan Chevrolet hanya mengambil porsi kecil 2,8%.

MODEL MOBIL DENGAN PENJUALAN TERBAIK

Jika kita lihat lebih dekat pada Carsome Insights 2019 menunjukkan bahwa lebih dari 50% model yang dijual berasal dari Toyota – terbagi antara Avanza, Innova, Agya dan Yaris. Daihatsu mengikuti di belakang dengan pangsa 18,5%, untuk Xenia dan Ayla. Singkatnya, pasarnya didominasi oleh merek mobil Jepang.

Ada beberapa alasan mengapa merek mobil Jepang menguasai 97,2% pasar mobil domestik di Indonesia saat ini, dibandingkan dengan kurangnya popularitas mereka di tahun 1960-an. Selain karena mobil Jepang bisa diandalkan, pabrikan otomotif Jepang juga berinvestasi di industri komponen mobil di Indonesia, sehingga pengadaan suku cadang merek Jepang lebih murah dan nyaman. Hal ini menjadikannya pilihan yang wajar bagi konsumen untuk membeli Jepang, karena harganya juga lebih tinggi di pasar barang bekas.

Ingin jual mobil Anda? Jadwalkan inspeksi di Carsome sekarang dan kami siap membantu Anda!