Tips Merawat AC Mobil

Pendingin udara atau AC adalah salah satu hal yang harus diperhatikan selain merawat mesin mobil. Perawatan AC penting untuk memastikan AC selalu berada dalam kondisi baik dan memuaskan. Dalam artikel ini, Carsome akan memberikan 4 tips merawat AC mobil yang dapat Anda lakukan dalam kehidupan sehari-hari.

#1 Jadwalkan Pemeriksaan Profesional Secara Rutin

Agar sistem AC mobil Anda selalu berada dalam kondisi baik, kami sarankan Anda melakukan pemeriksaan rutin setidaknya setahun sekali. Hal ini penting agar Anda dapat mengetahui setiap masalah yang ada pada sistem AC mobil Anda. Beberapa komponen penting AC seperti cooling coil dan kompresor juga harus dibersihkan dan diperiksa setiap tahun agar performa AC tetap oke dan tahan lama.

#2 Bersihkan Penyaring Udara

Bagi kebanyakan mobil modern saat ini, penyaring udara biasanya terletak di ruang kompartemen dasbor di kursi penumpang depan. Ruang kompartemen ini mudah untuk dicopot sehingga memudahkan Anda untuk mengeluarkan dan membersihkan semua kotoran yang melekat. Penyaring udara harus dibersihkan dengan air atau diganti, tergantung pada kondisi penyaring udara milik Anda. Selain itu, Anda juga harus memastikan penyaring yang telah dibersihkan benar-benar kering sebelum memasangnya kembali ke dalam ruang kompartemen.

#3 Buang Daun Kering atau Benda Asing

Periksalah bagian gril luar mobil, terutama bagian kaca depan. Buanglah daun kering atau serpihan-serpihan benda lain yang ada di dalamnya. Dengan begini, Anda tidak hanya membersihkan bagian luar mobil, tetapi juga mencegah daun-daun kering atau benda-benda asing tersedot masuk ke dalam sistem yang dapat menyebabkan AC mobil tersumbat. Selain itu, buka kap mobil Anda dan periksa kondensornya. Singkirkan serpihan-serpihan atau benda asing di atasnya yang dapat memengaruhi kinerjanya.

#4 Nyalakan AC Mobil Secara Rutin

Selain menyalakan mesin mobil, kami juga menyarankan agar Anda menyalakan AC mobil setidaknya seminggu sekali selama 10 menit. Aturlah AC dengan kecepatan kipas tertinggi dan suhu udara yang terdingin. Dengan begini, Anda bisa membantu menjaga tekanan gas dan menjaga kompresor tetap bekerja serta berada dalam kondisi baik.

Kami harap keempat tips ini dapat membantu menjaga performa sistem AC mobil Anda. Pastikan Anda mengikuti langkah-langkah ini untuk mencegah kerusakan yang lebih serius sehingga Anda mengeluarkan banyak uang untuk mengganti AC mobil. Selain itu, jika Anda sedang mencari mobil bekas dengan harga yang oke dan terjangkau, kunjungi situs web Carsome. Carsome adalah platform jual beli mobil bekas dengan pelayanan yang cepat, efisien, dan transparan.