Menjaga Mobil Anda Agar Aman dari Polusi Udara

Salah satu hal yang menyengsarakan dan ditakuti oleh orang-orang di Indonesia adalah polusi udara yang semakin parah. Polusi udara di sini sangat buruk sehingga berpotensi menyebabkan masalah kesehatan yang merugikan. Tiga sumber utama pencemaran udara di Jakarta adalah emisi pabrik, pembakaran terbuka, dan asap kendaraan. Untungnya, pada akhir tahun 2020 kualitas udara di Jakarta membaik sehingga tidak lagi menjadi kota dengan polusi udara terburuk di dunia menurut penelitian IQAIR. Dilansir dari Kompas, sepanjang bulan Desember 2020, Air Quality Indeks Jakarta yang terburuk terjadi pada tanggal 7 Desember, yaitu di angka 70. Sementara itu, yang terbaik terjadi pada tanggal 14 dan 15 Desember, yaitu di angka 41.

Meskipun begitu, jalanan di kota-kota besar tetap penuh dengan kendaraan dan polusi udara. Inilah mengapa filter udara kabin dan penjernih udara berguna saat bepergian dengan mobil.

Apa Itu Filter Udara Kabin?

Sering dikira sebagai filter udara mesin, filter udara kabin adalah bagian mobil yang sangat penting, berfungsi untuk menyaring udara yang mengalir dari luar kendaraan ke dalam kabin mobil melalui sistem AC. Filter udara kabin tidak hanya meningkatkan kualitas udara yang Anda hirup di dalam mobil, tetapi juga meningkatkan kebersihan di dalam mobil. Dalam istilah yang jauh lebih sederhana, filter udara kabin berfungsi sebagai masker untuk mobil karena dapat menghentikan polutan jahat memasuki mobil dan menginfeksi Anda serta orang yang Anda cintai.

Berdasarkan penelitian, kualitas udara di dalam mobil dapat 15 kali lebih tercemar daripada udara di luar mobil. Saat berada di dalam mobil, pastinya udara yang Anda hirup masuk ke paru-paru Anda. Filter udara kabin juga harus diganti secara teratur agar dapat bekerja secara efisien. Alasannya, filter ini adalah filter yang menghentikan udara luar memasuki interior mobil Anda dan memblokir banyak asap pabrik serta asap yang dikeluarkan oleh kendaraan lain di jalan. Mengganti filter ini secara teratur akan menghentikan polutan masuk ke kabin mobil dan paru-paru Anda.

Apa Itu Penjernih Udara?

Cara kerja penjernih udara mobil sama dengan cara kerja penjernih udara rumah. Alat ini memurnikan udara di mobil dan menghilangkan semua polutan di kendaraan Anda. Penjernih udara juga mengisi interior dengan ion negatif yang memerangkap dan menghilangkan semua jenis polutan di mobil Anda termasuk debu, serbuk sari, bakteri, virus, formaldehida, dan bahkan asap rokok.

Berbagai Jenis Penjernih Udara Mobil

HEPA – Sistem penjernih udara HEPA mengalirkan udara melalui filter kecil yang mengumpulkan debu, alergen, bulu hewan peliharaan, dan sebagian besar kontaminan udara lainnya. Setelah bersirkulasi melalui sistem, sistem penjernih udara ini mendorong keluar udara bersih. Dengan sistem HEPA, Anda harus sesekali mengganti filter agar sistem berfungsi secara efektif.

Ionizer – Penjernih udara ionik melepaskan ion bermuatan listrik yang menempel pada partikel di dalam mobil Anda dan membuatnya menjadi terlalu berat untuk terus mengambang. Dengan sistem ionik, Anda akan menyadari bahwa Anda harus lebih sering menyedot debu. Setelah partikel jatuh dari ion, partikel tersebut harus pergi ke suatu tempat dan biasanya berada di atas lantai mobil dan menempel di dinding atau pelat di dalam penjernih udara.

Manfaat Menggunakan Penjernih Udara

Mengurangi partikel udara dan alergen – Fungsi utama dari alat penjernih udara adalah membuat udara yang Anda hirup di dalam mobil sehat dan bersih. Sebagian besar sistem yang Anda beli dapat dikatakan mampu membersihkan udara hingga 99,9%.

Memudahkan pernapasan – Seseorang yang memiliki masalah pernapasan seperti bronkitis kronis atau asma akan merasakan perbedaan kualitas udara di dalam kendaraannya. Namun, Anda tidak perlu menderita penyakit pernapasan untuk mengetahui kapan mobil Anda memiliki udara yang bersih, dan paru-paru Anda akan berterima kasih karenanya.

Mengurangi bakteri – Apakah Anda terus-menerus jatuh sakit, setelah sebelumnya sembuh? Anda mungkin tidak pernah mengira bahwa mobil Anda ada kaitannya dengan hal ini. Jika demikian, Anda salah. Menghabiskan sebagian besar waktu di dalam mobil menyebabkan Anda menghirup banyak kotoran yang kemudian masuk ke dalam paru-paru. Jika Anda tidak membersihkan mobil secara teratur, bakteri akan menumpuk.

Mengurangi bau – Sebagian besar penjernih udara mobil telah terbukti mengurangi bau rokok, hewan peliharaan, makanan, mobil baru, dll. Pembersih ionik telah menunjukkan peningkatan terbaik dalam menghilangkan bau dibandingkan dengan sistem HEPA.

Kesimpulannya, untuk menjaga kesehatan paru-paru Anda, gantilah filter udara kabin Anda atau berinvestasilah dalam sistem penjernih udara yang baik untuk menjaga agar udara di dalam mobil bersih dan aman demi kesehatan. Selain itu, untuk topik-topik lain yang berkaitan dengan mobil bekas, Anda dapat selalu mengunjungi situs web Carsome dan mendapatkan informasi selengkapnya. #CarsomeCares