7 Rekomendasi Mobil Retro Terbaru dan Perbedaan dengan Mobil Klasik

Mobil Retro memang terkesan memiliki penampakan jadu, namun mobil ini begitu diminati. Dengan gaya klasik dan jadul, mobil retro memiliki nilai serta seni tersendiri untuk bisa dikendarai, tak heran meskipun tahun keluarannya sudah tergolong lama, mobil retro masih cukup diminati. 

Coating memang bisa dijadikan untuk mempercantik body dan memodifikasi mobil retro lamamu. Mobil retro memang memiliki gaya dan nuansa yang menarik. Model retro ini masih langka, namun cenderung memiliki harga jual yang lebih murah jika dibandingkan dengan mobil bekas keluaran terbaru. Tak heran, cukup banyak orang yang memilih mobil retro untuk lebih menghemat budget.

Perbedaan Mobil Retro dan Mobil Klasik

 

mobil-retrosource: tribunnews.com

Perbedaan mobil retro dan mobil klasik sebenarnya dapat dilihat dari kisaran tahun pembuatan dan perilisannya. Untuk mobil klasik sendiri merupakan mobil-mobil dengan tahun pembuatan dibawah 1970-an. Mobil akan dinilai semakin klasik apabila umurnya semakin tua.

Sementara untuk mobil retro sendiri merupakan mobil-mobil yang dibuat di kisaran tahun 1980-an hingga tahun 1990-an. Nah, untuk Anda yang menyukai gaya retro, Carsome sudah mengumpulkan 5 rekomendasi mobil retro terbaik yang masih nyaman dan aman untuk dikendarai di tahun 2021!

1. Mitsubishi Galant

mitsubishi-galant-mobil-retrosource:cardomain.com

Salah satu merek ternama Mitsubishi pernah merilis mobil retro yang bernama Mitsubishi Galant. Mobil ini terkenal karena memiliki mesin yang cukup tangguh dan juga dilengkapi dengan berbagai fitur yang mumpuni pada zamannya.

Mitsubishi Galant sendiri merupakan salah satu mobil sedan legendaris pada masanya. Saat ini, mobil bekas Mitsubishi Galant dibanderol dengan harga 40 juta rupiah (menyesuaikan dengan kondisi terakhirnya).

mitsubishi-galant-mobil-retro-barusource: otomotiftempo.co

Ini dia wajah baru dari Mitsubishi Galant Gen baru dengan desain barunya yang dimodernisasi. Sayangnya mobil ini sepertinya tidak dimasukkan ke Indonesia. Hanya ada di beberapa negara saja. 

2. Toyota Corolla DX KE70

 

source: otomotifnet.com

Toyota Corolla DX KE70 menjadi salah satu mobil retro rekomendasi dari Carsome. Karena berada dibawah merek Toyota, Corolla DX KE70 memiliki spare parts yang mudah ditemukan di banyak bengkel. Hal tersebut tentu saja dapat sangat memudahkan pengendara apabila sewaktu-waktu memerlukan perbaikan pada mobil.

Toyota Corolla DX KE70 sendiri menggunakan mesin K-series yang juga banyak digunakan oleh jenis mobil keluarga Kijang pada masanya. Mobil ini dirilis di awal tahun 1980 hingga 1983 akhir.

Selain itu, mobil retro yang memiliki dua pasang lampu pada bagian depan ini juga banyak diminati karena body serta mesinnya yang mudah untuk dimodifikasi. Jadi, bagi Anda pecinta mobil retro yang ingin memodifikasi mobilnya dengan berbagai gaya dan fitur, Toyota Corolla DX KE70 dapat menjadi pilihan yang tepat bagi Anda! Saat ini, Toyota Corolla DX KE70 dijual dengan harga sekitar 30 juta rupiah bergantung pada kondisi mesin dan fitur-fiturnya yang masih berfungsi.

toyota-corolla-2021-mobil-retrosource: lifestyle.kontan.co.id

Nah, ini dia wajah baru dari Toyota Corolla yang kira-kira akan diperkenalkan di tahun 2021, adanya rebranding secara desain dengan lebih stylish dan berteknologi. Toyota Corolla di tahun 2021 ini akan mengeluarkan kedua pilihan Toyota Corolla SE dan XS, dimana kapasitas mesin dari mobil ini adalah 2.0 liter. Untuk harga sendiri, mobil ini dibandrol dari 308 juta. 

3. Toyota Starlet

source: otomotifkompas.com

Rekomendasi mobil retro yang selanjutnya masih berada di bawah produksi merek Toyota. Toyota Starlet nampaknya sudah tak asing bagi para pecinta mobil retro di Indonesia bahkan dunia. Bagaimana tidak, mobil ini terkenal karena desain mobilnya yang begitu klasik serta perawatan mesinnya yang tergolong mudah dan tidak rumit bahkan untuk pengendara pemula sekalipun.

Mirip dengan mobil retro Toyota lainnya, Toyota Starlet pun menggunakan spare parts yang mudah diganti dan dicari di berbagai bengkel maupun tempat servis sehingga memudahkan Anda untuk proses perbaikan maupun modifikasi mobil.

Jika Anda tertarik untuk mendapatkan Toyota Starlet, Anda harus menyiapkan uang sekitar 40 juta rupiah. Harga tersebut juga bergantung pada kondisi serta modifikasi yang telah dilakukan pada mobil.

toyota-startlet-2021-afrika-mobil-retrosource:  oto.detik.com 

Isunya Toyota Starlet ini dibangkitkan lagi seperti ini rupa yang beredar, pasalnya mobil ini tidak dipasarkan di Indonesia. Melainkan Toyota Starlet ini dedikasikan untuk pasar Afrika. Toyota Starlet dihadirkan sebagai compact hatchback yang cukup terjangkau. Secara spesifikasi Toyota Starlet didesain menyerupai Suzuki Baleno. 

4. BMW 318i E30

mobil-retro-bmw-318i-e30source:  m.lampost.com 

Merek yang satu ini memang sudah tak perlu diragukan lagi kualitasnya. Salah satu tipe mobil retro keluaran BMW yang menjadi favorit adalah BMW 318i dengan kode body E30. BMW 318i E30 sendiri terkenal karena modelnya yang begitu unik dan menawan diantara banyaknya model mobil retro pada masanya.

Dilengkapi dengan dua pasang lampu depan yang terlihat kokoh menambah kesan klasik dan retro pada mobil yang satu ini. Seperti halnya mobil keluaran BMW lainnya, mobil juga dilengkapi dengan penggerak roda belakang yang membuat mobil akan lebih stabil saat melewati tikungan.

Di Indonesia sendiri BMW 318i E30 terkenal karena sempat muncul dalam film Catatan si Boy. Mobil ini dapat Anda dapatkan dengan menyiapkan uang sekitar 40 juta rupiah, bergantung pada kondisi fisik dan mesinnya.

5. Mini Cooper

source: Gooto.com 

Mobil retro modern yang sangat relevan bagi para anak muda eksekutif sering kali memilih mobil ini untuk disandingkan menjadi status performance mereka yang prima. Desain hatchback dan compact membuat proporsi sangat elegan dengan aura klasik dan aura modern. Sukses dengan desain ikoniknya membuat minicooper menjadi mobil city car mewah yang paling dicari. Fasilitas interior dari mobil ini pun diperlengkapi dengan audio mumpuni yang memiliki 12 speaker garapan Harman Kardon Sound System.  

Harga mini cooper memang terbilang cukup mahal dan terbagi-bagi berdasarkan masing-masing tipe. Harganya mulai dari Rp 750 juta ke atas. Jadi, untuk Anda yang menyukai desain retro Mini cooper bisa menjadi salah satu mobil incaran Anda saat ini.

6. Honda Urvan EV (Honda e) 

mobil-retro-honda-urban-evsource: Carbuzz.com

Sobat Carsome sudah taukah fakta tentang Honda ternyata memiliki mobil listrik. Hanya saja mereka tidak memasarkannya di Indonesia. Faktanya Honda e meraih prestasi tertinggi di Jepang karena menjadi salah satu mobil bertenaga listrik terbaik di Jerman. Untuk harga sendiri mobil elektrik ini dibandrol dari harga Rp 625 juta di Jepang. 

Untuk Indonesia sendit PT. Honda Prospect Motor (HPM) mmasih mempertimbangkan untuk menghadirkan mobil listrik di Indonesia. Wah, kemungkinan mobil retro yang satu ini akan sangat menarik perhatian pasar ketika muncul. Pasalnya desainnya sangat compact, simple, dan menarik! 

7. Honda City Hatchback RS 2021

mobil-retro-honda-city-hatchback-rs-2021source: cnbcindonesia.com

Honda City Hatchback RS 2021, mobil yang dikeluarkan oleh Honda pada Februari 2021 ini dijadikan sebagai salah satu pengganti mobil Jazz. Transformasi City Hatchback terdahulu menjadi City Hatchback RS 2021 saat ini memberi banyak perubahan secara model mobil. Terutama pada mesin dan jenis transmisi yang digunakan yaitu CVT & Transmisi Manual 6-percepatan. Tentunya perubahan menyeluruh mulai dari eksterior hingga interior. Tetap bergaya retro, lebih dinamis dan premium membuat mobil ini sangat cool dan sporty.

Nah, Mungkin tak banyak orang yang tahu, Honda sempat mengeluarkan mobil dengan tipe hatchback bahkan sebelum mobil City Hatchback RS yang terbaru ini. Sebelumnya, Honda Civic Hatchback merupakan mobil bergaya retro keluaran Honda yang bertipe hatchback.

Mobil ini dipersenjatai dengan handling yang sangat nyaman bagi pengemudi pemula. Honda Civic Hatchback sendiri dihargai sekitar 60 juta rupiah sesuai dengan kondisi terakhirnya.

Selain mobil-mobil tersebut, sebenarnya masih cukup banyak tipe mobil retro keluaran tahun 80-an dan 90-an yang dipasarkan di Indonesia. Mulai dari Mitsubishi Lancer SL, Daihatsu Charmant, Cressida, Datsun, Fiat, hingga Volkswagen yang juga banyak diburu oleh pecinta mobil retro di Indonesia.

Gimana sobat Carsome? Ini dia evolusi dari dunia otomotif, terbukti ya ternyata desain mobil dan trend dari waktu ke waktu tidak begitu berubah, ya. Buktinya desain lamapun dapat digunakan kembali. Hanya saja penyebaran mobil itu tidak semuanya disebar ke seluruh negara, hanya di beberapa negara saja berdasarkan kebutuhan masyarakat yang disesuaikan. 

Apakah Sobat Carsome penggemar mobil retro? Gausah khawatir karena mobil retro selalu diinovasikan dari waktu ke waktu. Jadi, hobby Andapun dapat tersalurkan bukan? Nah, jika bingung apa yang harus dilakukan untuk mendapatkan budget? 

Beli mobil bekas berkualitas di Carsome sangatlah mudah, ada berbagai pilihan mobil bekas menarik dan berkualitas untuk Anda. Kabar baiknya Anda dapat melakukan test drive dan melihat 175 laporan titik inspeksi kendaraan pilihan Anda. Sehingga, semua bentuk informasi yang disediakan sangat transparan. Anda juga dapat membeli mobil bekas dengan kredit

Gimana? Seru bukan melihat berbagai harga mobil bekas yang terjangkau di Carsome. Nikmati cara baru bertransaksi untuk kendaraan Anda. Jangan lupa juga di Carsome, Anda bisa menjual mobil bekas! Cukup hubungi beberapa lokasi inspeksi Carsome terdekat di wilayah Anda!

Baca juga: 16 Daftar Harga Mobil Dibawah 200 Juta Sepanjang Tahun 2021