Kenali Apa Itu Ground Clearance dan Fungsinya pada Mobil Anda!

Bagi pengendara ataupun pemilik mobil, istilah ground clearance mungkin sudah sangat sering terdengar. Namun, sebenarnya apa itu ground clearance? Ground clearance artinya adalah sebuah ruang yang letaknya berada di antara dasar ban mobil Anda dengan bagian bawah dari komponen sasis.

Ground clearance menjadi salah satu hal yang cukup vital dan krusial sebelum Anda memutuskan untuk membeli suatu tipe mobil terutama untuk tipe SUV. Ground clearance yang merupakan jarak terendah mobil ke tanah memiliki standarnya masing-masing untuk setiap tipe mobil.

Ukuran tersebut nantinya akan sangat mempengaruhi tingkat kenyamanan serta performa dari mobil tersebut saat dikendarai. Lalu, bagaimana sebenarnya mengukur jarak tersebut? Berapa ukuran standarnya agar kendaraan Anda nyaman saat dikendarai? Carsome sudah menyiapkan seluruh informasi penting terkait dengan ground clearance agar Anda bisa mendapatkan pengalaman berkendara terbaik!

Apa Itu Ground Clearance?

Jika dilihat secara definitif, ground clearance adalah jarak terendah yang dapat diukur dari komponen mobil ke bagian permukaan jalanan atau tanah. Namun, yang perlu diingat adalah komponen mobil yang dimaksud bukanlah ban mobil, tapi komponen lain seperti sasis mobil.

Biasanya, komponen mobil yang memiliki jarak paling deket dengan jalanan atau tanah adalah center muffler atau exhaust system. Dari komponen itulah jarak ground clearance biasanya dihitung.

Jarak ground clearance menjadi penting untuk diperhatikan, karena akan sangat berpengaruh pada tingkat keamanan serta potensi kerusakan komponen mobil jika digunakan di jalanan yang tidak terlalu rata. Jarak ground clearance yang semakin tinggi akan membuat sebuah mobil lebih aman untuk dikendarai dan terhindar dari potensi benturan karena batu, kerikil, ataupun jalanan yang tidak rata.

Pentingnya Ground Clearance pada Mobil Anda!

 

1. Untuk Menghindari Air Masuk ke Dalam Mesin Mobil

Tinggi ground clearance yang cukup rendah dapat memunculkan potensi mesin mobil kemasukan air saat melewati jalan yang banjir atau tergenang air. Masuknya air ke dalam mesin mobil dapat melalui bagian filter udara atau sistem pelumasan. Kondisi seperti itu biasa disebut sebagai persoalan water hammer yang dapat berakibat rusaknya mesin mobil Anda.

Saat melewati jalanan yang banjir atau saat menerjang jalanan yang berarus air tinggi, potensi knalpot mobil untuk kemasukan air pun akan menjadi lebih tinggi jika ground clearance terlalu rendah. Perlu Anda ingat, bahwa biaya untuk perbaikan tersebut tidaklah mudah karena harus mengganti beberapa komponen seperti bagian stang piston yang kemasukan air.

2. Agar Nyaman dan Aman saat Melewati Jalanan dengan Berbagai Medan

Salah satu kelebihan ataupun keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan mengendarai mobil yang memiliki ground clearance yang cukup tinggi adalah mampu untuk berjalan di kondisi jalanan seperti apapun.

Dengan tingginya jarak antara ground clearance dengan permukaan jalanan membuat mobil Anda akan mampu bergerak dengan lebih fleksibel, terlebih saat melewati medan yang kurang rata sekalipun. Dengan begitu, komponen-komponen lain mobil Anda pun akan lebih terjaga keawetannya karena tidak adanya benturan yang terlalu keras dengan bagian permukaan jalan yang dilewati.

Kategori Ground Clearance di Pasar Mobil Indonesia

ground-clearance-adalah

1. Ground Clearance Rendah (170-180 mm)

Kategori yang pertama merupakan tipe-tipe mobil dengan ukuran ground clearance yang rendah. Untuk kategori yang pertama ini, jarak terendah ke permukaan jalannya berkisar antara 170 hingga 180 mm. Tipe mobil yang masuk ke dalam kategori ini contohnya seperti mobil Toyota Agya ataupun Toyota All New Sienta.

Ukuran tersebut dianggap merupakan ukuran ground clearance yang ideal untuk penggunaan mobil dalam kota. Namun, tetap perlu diperhatikan saat melintasi jalanan yang tidak rata, bergelombang, atau bahkan berlubang. Pengendara diharapkan agar tetap berhati-hati agar tidak terjadi gesekan yang terlalu besar antara kolong mobil dengan bagian permukaan jalan yang dapat menyebabkan kerusakan pada body atau kolong mobil.

Anda juga harus waspada saat berkendara di jalanan yang tergenang air. Untuk kategori yang pertama ini, batas maksimal untuk genangan air yang masih aman untuk Anda lewati adalah sekitar 20 hingga 25 cm. Sebisa mungkin hindari untuk melalui jalan yang memiliki genangan air lebih tinggi dari ukuran tersebut.

2. Ground Clearance Sedang (190-200 mm)

Kategori yang kedua merupakan mobil-mobil dengan ukuran ground clearance sedang yang berkisar antara 190 hingga 200 mm. Salah satu mobil yang masuk ke dalam kategori ground clearance sedang adalah mobil Toyota Avanza yang merupakan mobil MPV paling laris di Indonesia.

Dengan ukuran ground clearance sedang, Toyota Avanza dinilai sangat ideal untuk dikendarai di jalanan perkotaan Indonesia. Dengan ukuran ground clearance sedang, Anda tak perlu khawatir jika harus melewati jalan dengan kondisi medan yang tidak rata, bergelombang, ataupun berlubang sekalipun.

Mobil seperti Toyota Avanza sendiri aman dikendarai untuk melewati jalanan yang tergenang air atau banjir. Yang harus diperhatikan adalah ukuran ketinggian genangan air yang dilewati agar tidak melebihi jarak yang direkomendasikan, yaitu sekitar 25 hingga 30 cm.

3. Ground Clearance Tinggi (Lebih dari 200 mm)

Kategori yang terakhir adalah tipe ataupun jenis mobil yang memiliki ukuran ground clearance yang terbilang tinggi jika dibandingkan dengan jenis lainnya. Untuk kategori ini biasanya digolongkan untuk kendaraan yang memiliki ground clearance melebihi 220 mm, seperti Toyota All New Rush.

Jika dilihat dari ukuran tersebut, mobil ini memang didesain untuk melintasi jalanan dengan permukaan yang ekstrim seperti jalur perbukitan ataupun pegunungan. Tipe mobil ini juga cocok bagi Anda yang memiliki keperluan untuk mengangkut penumpang ataupun barang dalam jumlah yang lumayan banyak, karena dengan ukuran ground clearance yang tinggi, gesekan bagian bawah mobil dengan permukaan jalan akan dapat dihindari.

Itudia hal seputar Ground Clearance yang wajib Anda ketahui agar tidak salah dalam membeli mobil SUV. Kenali juga medan setempat Anda supaya tidak salah dalam memilih mobil yang tepat. Jika Anda sedang mencari mobil city car yang menarik untuk dikendari, maka coba simak tips rekomendasi mobil sedan murah dan irit untuk Anda! 

Membeli mobil murah berkualitas dapat Anda lakukan di Carsome sekarang! Jual beli mobil bekas sekarang tidak perlu sulit lagi atau takut ditipu nih sobat Carsome. Anda dapat membeli mobil bekas melalui proses tukar tambah atau menjual mobil lama Anda

Baca juga: Cara Kredit Mobil Bekas Mudah dan Aman!