Penting! 5 Bagian Mobil Ini Perlu Diperhatikan Saat Musim Hujan

Memasuki musim hujan, jalanan yang licin berpotensi menimbulkan kecelakaan bila pengemudi tidak hati-hati. Bukan hanya dari sisi pengemudi tapi bagian-bagian mobil juga wajib diperhatikan agar perjalanan tetap aman dan nyaman. Lantas bagian mana saja yang wajib diperiksa saat musim hujan?

  • Ban Mobil

Bagian ban salah satu paling penting dalam berkendara karena bersentuhan langsung dengan aspal. Terlebih saat musim hujan, jalanan yang licin membuat grip ban bisa berkurang dibandingkan ketika jalanan kering. 

Maka ketika musim hujan, periksa kondisi ban mobil Anda. Pertama dari sisi kembang telapak ban, apakah masih layak untuk dipakai atau sudah aus? Bila sudah aus maka lebih baik ganti ban baru agar tidak mudah tergelincir.

Untuk mengetahui apakah ban sudah aus atau belum bisa melalui Tire Wear Indicator (TWI) di alur ban mobil. Tetapi bila kembangan telapak ban masih bagus, periksa juga tekanan udaranya. Pastikan sesuai standar yang ditentukan pabrik. 

Baca juga: Siap Terobos Banjir, 5 Pilihan Mobil SUV Terbaik di Indonesia

  • Rem 

Masih di sekitar kaki-kaki, periksa bagian rem pada mobil. Jalanan yang licin membutuhkan rem yang lebih pakem. Jarak pengereman pun semakin pendek ketika jalanan licin.

Ada beberapa ciri rem bermasalah. Seperti muncul suara decit yang umumnya gejala awal kampas rem mulai habis. Kampas rem habis bisa membuat pengereman tidak maksimal dan bisa berakibat fatal seperti tabrakan beruntun.

Gejala lain yang bisa dirasakan adalah getaran saat menginjak pedal rem. Piringan cakram yang tidak rata menjadi salah satu penyebab getaran saat menginjak pedal rem. Ciri lainnya adalah injakan pedal rem terasa keras atau justru sangat dalam seperti rem blong.

  • Wiper

Fitur sederhana seperti wiper menjadi sangat berguna ketika musim hujan tiba. Ketika wiper bermasalah, visibilitas jadi terbatas dan berbahaya. Karet yang mengeras atau getas umumnya menjadi penyebab wiper tidak bekerja optimal.

Selain itu jamur pada kaca juga bisa menjadi penyebab wiper sulit menyeka air hujan. Terkadang masih ada sisa-sisa air yang mengganggu visibilitas berkendara. Terlebih saat musim hujan jamur lebih cepat muncul.

Masalah lain pada wiper yang juga perlu diperhatikan adalah tekanan pada kaca ketika menyapu air hujan. Bila tekanan wiper mulai melemah maka sapuan air menjadi berkurang. Selain itu juga wiper terlihat bergetar ketika dioperasikan dalam kecepatan tinggi.

  • AC

Komponen AC juga harus diperhatikan sebelum mengemudi saat musim hujan. Masih soal visibilitas, ketika AC tidak bekerja optimal, akan menimbulkan embun pada kaca. Apalagi kalau mobil Anda tidak memiliki fitur defogger.

Beberapa penyebab AC tidak dingin atau bekerja optimal diantaranya freon habis, kondensor kotor, kompresor rusak, extra fan mati, hingga fan belt putus.Selain itu juga pastikan filter AC mobil masih dalam keadaan baik. Selain membuat AC tetap nyaman juga tidak bau. 

Baca juga: Meski Dingin, Jangan Matikan AC Mobil Saat Hujan

  • Lampu

Lampu menjadi bagian wajib diperiksa untuk menjaga pandangan pengemudi. Terlebih ketika hujan deras membutuhkan lampu utama juga lampu kabut. Jangan sampai lampu utama mobil mati sehingga bisa berbahaya baik untuk Anda sendiri atau pengendara lain karena mobil tidak terlihat akibat hujan deras.

Beli Mobil di CARSOME Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Membeli mobil di CARSOME secara online atau datang ke Showroom tidak perlu takut dengan adanya biaya tersembunyi. Seluruh mobil berkualitas yang dijual di CARSOME harganya sesuai dengan yang tertera di website. Apa yang Anda lihat, maka itu yang dibayar.

Di CARSOME kami menerapkan transparansi penuh untuk memberikan peace of mind kepada para pelanggan. Begitu juga ketika melakukan tukar tambah, tidak perlu khawatir karena yang Anda bayar akan kami paparkan secara transparan.

Segera download aplikasi CARSOME dan dapatkan berbagai kemudahan dalam menjual & membeli mobil bekas berkualitas dalam satu genggaman.

Baca juga: Jangan Tertipu, Tips Mudah Kenali Mobil Bekas Banjir