Cara Pilih Kaca Film Terbaik Bagi Mobil Anda

Inilah Hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Memilih Kaca Film untuk Mobilmu

Meskipun mobil melindungi kita dari elemen-elemen umum, kita masih terekspos pada bahaya sinar matahari yang tidak terlihat selama perjalanan. Inilah manfaat dari kaca film, tidak hanya sebagai privasi untuk kendaraanmu, tapi juga menawarkanmu perlindungan dari sinar UV yang berbahaya. Dengan berbagai macam kaca film di pasar yang tersedia dalam berbagai harga dan standar, bagaimana seseorang dapat memilih kaca film yang bagus? Inilah petunjuk dari 3M untuk memahami faktor-faktor untuk memilih kaca film/surya untuk mobilmu.

kaca fllm mobil

 


Pertama-tama, kita harus memahami:

Tingkat Visible Light Transmission (VLT – Transmisi Cahaya Tampak) biasanya ditunjukkan dalam persentase yang setara dengan persentase cahaya tampak yang masuk ke jendela kendaraan. Dengan kata lain, 30% VLT menyaring 70% cahaya dan hanya memungkinkan 30% VLT masuk. Semakin rendah persentasenya, semakin gelap kaca filmnya. Sedangkan SPF adalah ukuran seberapa lama tabir surya akan melindungi kulitmu dari sinar ultraviolet B (UVB). Sinar UVB cenderung merusak epidermis yaitu bagian terluar kulit. Inilah 3 tingkat SPF yang paling umum terlihat di sunblock:

  • SPF 15 menghalangi 93% sinar UVB
  • SPF 30 menghalangi 97% sinar UVB
  • SPF 50 menghalangi 98% sinar UVB

*Singkatnya, SPF 30 berarti tabir surya tersebut menyediakan perlindungan 30x lebih banyak daripada tanpa tabir surya.

Apakah kamu pernah melihat perubahan warna, gelembung, lengkungan atau pengelupasan pada film mobil? Seringkali ini disebabkan oleh film bermutu rendah, yang lebih rentan terhadap faktor-faktor yang kami daftar di atas. Terlebih lagi, harganya hanya sebagian kecil dari merek terkenal, tapi mungkin tidak melindungimu dan bagian dalam mobilmu dari sinar UV yang berbahaya atau bahkan panas –  hanya sebagai dekorasi. Film bermutu rendah juga tersedia di hampir semua toko aksesoris mobil.

Fitur perlindungan dasar

Seperti yang telah kami sebutkan di atas, memaparkan kulitmu ke matahari bisa menimbulkan masalah kulit dan skenario terburuk, kanker kulit. Untuk mencegahnya, sangat penting untuk memilih film yang menyediakan perlindungan yang kamu butuhkan. Film biasa yang berkualitas akan setidaknya memiliki fitur perlindungan UV dan penolak panas. Sebagian besar kaca film standar akan menahan 99% sinar UV.

kaca fllm mobil

Pilihlah merek yang terpercaya

Perusahaan bisa saja membuat klaim tentang produk mereka tapi apakah kamu tahu mana yang akurat? Inilah mengapa melakukan penelitian sangat berguna. Lihatlah halaman produk spesifikasinya secara online untuk membuktikan data mereka atau carilah merek yang diakreditasi oleh pihak ketiga. Merek seperti kaca film 3M direkomendasikan oleh yayasan kanker kulit Amerika, karena menyediakan faktor perlindungan matahari (SPF) secara total 1.000 – 30 kali lebih tinggi dari tabir surya premium. Tingkat SPF film yang tinggi memberikan perlindungan dari bahaya sinar UV matahari, termasuk sengatan matahari, penuaan dini dan kanker kulit. Dengan menolak radiasi sinar UV, kaca film juga membantu melindungi dekorasi bagian dalam kendaraanmu dari pemudaran warna dan keretakan.

Mendinginkan dan mengurangi penggunaan bahan bakar

Sangat penting untuk mengingat kalau kaca film sendiri tidak dapat menghalangi seluruh panas dari bagian dalam sebuah kendaraan dan ini dikarenakan bagian lain dari kendaraan juga menyerap panas. Bagaimanapun, dengan bantuan kaca film yang berkualitas bagus, sejumlah besar panas bisa terhalang tergantung dari Total Solar Energy Rejected (TSER – Total Energi Matahari yang Ditolak). TSER adalah istilah yang akan sering kamu lihat di brosur kaca film. Ianya setara dengan panas yang dihalang oleh film. Semakin tinggi angkanya, semakin banyak panas yang dihalang sehingga akan mendinginkan mobilmu lebih cepat. Hasilnya, kamu tidak perlu menyetel AC hingga maksimum dan mungkin selanjutnya mengurangi penggunaan bahan bakar pada sejumlah mobil.

kaca fllm mobil

Keamanan dan keselamatan

Selain melindungi penumpang kendaraan dari sinar UV yang berbahaya, kaca film juga mencegah jendelamu agar tidak pecah menjadi potongan-potongan kecil saat terjadi benturan. Film keamanan bisa menahan pecahan kaca tetap menjadi satu dan menghindarinya terbang di udara yang bisa menyebabkan kerusakan tambahan saat terjadi kecelakaan atau perampokan. Di Indonesia, dimana kasus pemecahan kaca mobil dan perampokan merajalela, film keamanan terbukti membantu karena mempersulit kriminalitas dan memakan waktu untuk terjadi. Ingatlah kalau film keamanan tidak diciptakan untuk tidak dapat ditembus jika operasi penyelamatan harus terjadi.

kaca fllm mobil

Garansi

Selain melihat spesifikasi kaca film tersebut, kamu juga semestinya mengecek jika mereka menyediakan garansi. Kebanyakan produk berkualitas memiliki garansi dari pabrik yang dipenuhi oleh penjual resmi. Jika film tersebut cacat atau mulai mengelupas dalam masa garansi, seharusnya kamu bisa mengajukan klaim. Inilah mengapa membeli kaca film dari penjual resmi yang sah juga penting. Tips kami, kunjungi situs web merek tersebut untuk melihat daftar penjual resmi terdekat di sekitarmu. Ini untuk memastikan kalau kamu tetap dilindungi dalam masa garansi walaupun toko tersebut sudah tidak lagi beroperasi. Kamu juga harus membandingkan panjang dan cakupan garansi karena sebagian merek memberikan jangka waktu yang lebih lama sehingga lebih menguntungkan. Inilah mengapa kami sarankan untuk memilih merek terpercaya yang memiliki sejarah kualitas kinerja dan pelayanan after-sales yang bagus.

Haruskan saya memasang film metalisasi?

Film metalisasi adalah tipe kaca film yang populer di pasar karena harganya cukup terjangkau dan terbukti berkualitas. Memang terdengar sebuah pilihan yang ideal, tapi film metalisasi memiliki beberapa masalah. Dikarenakan senyawa logam di dalamnya, film metalisasi mungkin menghambat GPS dan sinyal HP, Tag RFID, dan bahkan sinyal pagar otomatis. Masalah lainnya dengan film metalisasi adalah korosi. Korosi terjadi saat logam terpapar air dan udara, menyebabkan reaksi kimia. Hal ini mempengaruhi penampilan film dan bahkan kinerja penghalang panas. Seiring dengan berjalannya waktu, warna film akan berubah menjadi ungu atau coklat yang kemudian mempengaruhi penglihatan. Inilah hal-hal untuk dipertimbankan jika kamu disarankan memilih film metalisasi.

Film yang lebih gelap tidak berarti menahan panas lebih baik

Pertama-tama, cek aturan pewarnaan sebelum memasangnya, untuk mencegah masalah dengan otoritas lokal. Peraturan saat ini di Malaysia adalah – 70% VLT untuk kaca depan, 50% VLT untuk jendela samping depan dan persentasi apa pun untuk jendela belakang. Film yang lebih gelap belum tentu memantulkan panas lebih baik dari film yang jernih. Penolakan panas dihitung berdasarkan TSER. Jadi, saat memilih film untuk mendinginkan mobilmu, ingatlah bahwa semakin gelap warnanya tidak berarti menolak pemanasan lebih baik.

Perdebatan mengenai kaca film terbaik masih subjektif, karena setiap orang memiliki selera, budget dan kebutuhan yang berbeda. Kami harap tips-tips ini mempersempit pilihanmu dan membantumu menemukan kaca film yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Ingin jual mobil Anda? Jadwalkan inspeksi di Carsome sekarang dan kami siap membantu Anda!