Cocok Jadi Mobil Pertama, Inilah Kelebihan Toyota Calya

Toyota Calya yang hadir sejak Juli 2016 mendapat respon positif dari konsumen Tanah Air. Disebut cocok sebagai mobil pertama, namun ada beberapa kelebihan dan kekurangan Toyota Calya yang harus diperhatikan.

Program pemerintah dalam menghadirkan mobil terjangkau melalui Low Cost Green Car (LCGC) tergolong sukses. Mobil yang dahulu identik hanya untuk kelas atas kini bisa dimiliki banyak orang. Terlebih punya insentif pajak yang meringankan pemiliknya.

Pabrikan besar pun menawarkan produk terbaiknya di segmen LCGC ini, seperti Honda Brio Satya, Toyota Calya, Daihatsu Sigra, Toyota Agya dan Daihatsu Ayla. Sampai saat ini seluruh produk tersebut masih dijual.

Toyota Calya dibekali dengan fitur-fitur standar yang dinilai cukup untuk memberikan keamanan dan kenyamanan penggunanya. Selain itu, mesin yang digunakan juga terbilang cukup baik performanya.

Toyota Calya termasuk golongan LCGC, tak heran kalau harganya masih bisa terjangkau untuk banyak kalangan. Toyota Calya juga sukses di pasaran, terbukti dengan terus dipasarkannya mobil ini hingga mengalami facelift.

Tentunya, mobil ini memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang bisa dijadikan pertimbangan calon konsumen sebelum membelinya. Bila Anda berminat dengan Toyota Calya bekas, simak kelebihan dan kekurangannya berikut ini.

1. Harga Terjangkau

Harga menjadi salah satu faktor utama yang dilihat oleh target pasar Toyota Calya. Saat ini harga Toyota Calya bekas cukup terjangkau. Termurahnya cukup Rp 111 jutaan untuk tahun produksi 2016-2018.

Bila ingin usia mobil yang lebih muda, yakni 2019-2020 harganya mulai dari Rp 115 jutaan. Selisihnya cukup besar bila dibandingkan dengan membeli kondisi baru yang saat ini harganya sudah mencapai Rp 160 jutaan hingga Rp 180 jutaan.

2. Kabin yang Luas

Perubahan dari Toyota Calya lama dengan versi facelift tidak terlalu signifikan. Untuk kabin atau interiornya, kurang lebih masih sama seperti sebelumnya. 

Ruang kaki dan ruang kepala masih cukup lapang. Posisi duduk juga bisa diatur cukup nyaman. Ruang bagasinya juga memadai dan bisa menambah luasnya dengan melipat bangku baris ketiga.

3. Konsumsi BBM Irit

Mobil LCGC tidak hanya harganya saja yang terjangkau dan emisinya yang rendah. Tapi, mobil ini juga memiliki konsumsi bahan bakar minyak (BBM) yang irit atau efisien. 

Mesin yang memiliki kode 3NR-VE ini memiliki spesifikasi 1.200 cc 4-silinder segaris DOHC Dual VVT-I dengan teknologi Electronic Fuel Injection. Teknologi Dual VVT-i punya peran penting dalam menghemat bahan bakar.

4. Head Unit Canggih

Berbeda dengan versi yang lama, pada versi facelift, mulai tahun 2019 sudah dibekali dengan head unit yang baru. Head unit ini juga sudah memiliki teknologi layar sentuh. 

Banyak fitur yang disematkan di dalamnya, seperti radio, pemutar musik via USB dan Bluetooth, serta fitur My Toyota. Setirnya juga sudah dilengkapi dengan audio steering switch.

5. Fitur Keselamatan Cukup Lengkap

Meskipun dipasarkan dengan harga yang cukup terjangkau, tapi soal fitur keselamatan, Toyota tetap mengutamakannya. Pada Toyota Calya terbaru, sudah disematkan sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake-force Distribution (EBD), SRS Airbag, sensor parkir, serta kunci dengan immobilizer.

CARSOME Certified Bikin Konsumen Peace of Mind

Hadirnya CARSOME Certified menjadi barometer untuk pasar mobil bekas saat ini. Mobil rekondisi berkualitas yang menjadi standar baru untuk menghadirkan peace of mind untuk konsumen.

Salah satu poin penting adalah inspeksi secara ketat pada 175 titik untuk memastikan bahwa mobil dalam kondisi baik dan layak pakai. Selain itu proses perbaikan di CARSOME juga dilakukan oleh ahlinya untuk menghasilkan mobil yang berkualitas.

Dalam inspeksi tersebut juga memastikan kepada konsumen bahwa mobil yang dijual bukan bekas banjir, dan mengalami kerusakan besar sebelumnya. Apalagi ada garansi 1 tahun dan jaminan 5 hari uang kembali.

Segera kunjungi CARSOME Experience Center terdekat atau carsome.id untuk melakukan pemesanan dan melakukan test drive secara GRATIS.

Baca juga: 20 Mobil yang Cocok untuk Anak Muda, Keren dan Ekonomis!