Low Cost Green Car: Pengertian, Keunggulan, Jenis & Harga Mobil

Low cost green car artinya adalah kendaraan murah yang tergolong ramah lingkungan. LCGC sendiri merupakan program dari pemerintah yang mengatur aturan untuk kendaraan yang dijual dengan harga ekonomis dan ramah lingkungan.

Target dan tujuan dari program tersebut tentu saja untuk menghadirkan kendaraan dengan harga yang terjangkau bagi kalangan menengah ke bawah. Keunikan tersendiri dari mobil LCGC adalah harganya yang dibatasi dibawah Rp 200 juta

Istilah LCGC sendiri sudah mulai ramai digunakan sejak tertulis secara langsung dalam peraturan pemerintah nomor 33 dan 41 tahun 2013. Secara spesifik, kendaraan LCGC merupakan kendaraan yang mencakup low carbon emission, mobil listrik, dan hybrid biodiesel.

mobil-lcgc-artinya

Keunggulan Mobil Low Cost Green Car (LCGC)


1. Hemat Bahan Bakar

LCGC atau low cost green car merupakan jenis kendaraan yang memang diciptakan dengan konsep yang ramah lingkungan. Dengan konsep tersebut, penggunaan bahan bakar yang digunakan harus bersifat seefisien mungkin, agar polusi yang dihasilkan juga sangat minimum.

Kebanyakan LCGC dirancang hanya menghabiskan 1 liter bahan bakar untuk jarak tempuh minimal 20 km. Dengan begitu, mobil LCGC sebenarnya sangat cocok untuk digunakan bagi Anda yang tinggal di daerah perkotaan yang sering menghadapi kemacetan.

2. Durabilitasnya Panjang

Dengan harga jual yang murah bukan berarti mobil LCGC memiliki durabilitas yang payah. LCGC sendiri telah dirancang dan diuji kualitasnya agar dapat menghasilkan performa yang maksimal dengan usia yang awet.

Seperti contoh pada Toyota Agya yang sudah dilengkapi dengan mesin 1.200 cc, 4 silinder segaris, 16 katup, DOHC dengan kualitas yang tak main-main. Durabilitas mobil LCGC pun dapat semakin bertahan lama apabila didukung dengan perawatan serta suku cadang terbaik.

3. Harganya yang Tergolong Sangat Murah

Dengan harga yang sangat terjangkau dari kisaran 100 juta hingga 160 juta rupiah, mobil LCGC menjadi pilihan bagi kalangan menengah ke bawah. Dengan harga yang ditawarkan, mobil LCGC sangat cocok untuk Anda yang ingin membeli kendaraan pertama Anda. Untuk kalian yang mengutamakan mobilitas, ini dia 10 Mobil yang Cocok untuk Anak Muda, Keren dan Ekonomis!

Harga mobil LCGC yang sangat terjangkau dengan berbagai tipe dan variasi yang beragam, membuatnya cocok menjadi kendaraan pertama Anda. Tak heran, banyak anak muda yang melirik ke pasar mobil LCGC saat ini.

4. Ramah Lingkungan

Dengan penggunaan bahan bakar yang cenderung lebih sedikit jika dibandingkan dengan tipe mobil biasa, LCGC dinilai cukup ramah lingkungan.

5. Dimensi atau Body Kendaraan Lebih Compact

Keunggulan selanjutnya dari low cost green car adalah dari segi desainnya. Memiliki body dengan desain yang compact dan relatif lebih kecil jika dibandingkan dengan mobil lainnya membuat LCGC cukup lincah untuk dikendarai.

Karena ukuran body mobilnya yang tidak terlalu besar, mobil LCGC cocok digunakan sehari-hari di jalanan perkotaan yang sering mengalami kemacetan.

6. Biaya Perawatan yang Murah

Ternyata selain harganya yang murah, biaya perawatan untuk mobil LCGC juga tergolong murah, lho! Biaya untuk perawatan mobil LCGC biasanya berkisar di angka 1,7 juta rupiah. Biaya tersebut sudah bisa Anda dapatkan jika melakukan perawatan di bengkel resmi.

7. Mudah untuk Dimodifikasi

Jika Anda menginginkan mobil LCGC dengan desain yang unik dan berbeda dari yang lainnya, Anda bisa melakukan modifikasi pada mobi LCGC yang Anda miliki. Saat ini sudah lumayan banyak bengkell khusus yang memang menyediakan pelayanan untuk modifikasi mobil LCGC.

8. Memiliki Nilai Jual Kembali yang Tidak Terlalu Rendah

Kebanyakan permasalahan mobil lain adalah nilai jualnya yang sangat rendah di pasaran. Untuk mobil LCGC sendiri, justru memiliki nilai jual kembali yang bisa dibilang lumayan tinggi di pasaran. Di pasaran saat ini, mobil LCGC memiliki nilai jual kembali yang berkisar di angka 120 juta hingga 150 juta rupiah.

Harga jual kembali tersebut juga bergantung pada kondisi serta tipe mobil LCGC Anda saat akan dijual. Jadi, Anda tak perlu khawatir jika sewaktu-waktu ingin menjual mobil LCGC Anda.

Baca juga: Cara Transaksi Jual Beli Mobil Tunai Aman dan Terpercaya Mobil Laku Dalam 1 Jam Saja!

mobil-lcgc-artinya-dan-jenisnya

Kelemahan Mobil Low Cost Green Car (LCGC)


1. Tenaga yang Dihasilkan Relatif Kecil

Mesin yang digunakan padar mobil-mobil LCGC biasanya hanya memiliki kapasitas di angka 1000 hingga 2000 cc. Hal tersebut menyebabkan tenaga yang dihasilkan cukup kecil. Tak heran, power ataupun tenaga yang dihasilkan mobil LCGC tentu saja kalah jauh jika dibandingkan dengan mobil non-LCGC.

2. Memiliki Bobot yang Terlalu Ringan

Dengan ukuran body mobil yang compact dan relatif kecil membuat mobil LCGC memiliki bobot yang relatif ringan. Hal tersebut sebenarnya merupakan sebuah kelemahan dari suatu mobil. Mengapa?

Dengan bobot yang terlalu ringan, apabila mobil dipacu dengan kecepatan yang lumayan tinggi, maka mobil akan mudah terasa oleng dan lepas kendali. Hal itu justru dapat membahayakan pengemudi mobil.

3. Memiliki Ukuran Bagasi yang Tidak Terlalu Luas

Permasalahan lain dari body mobil LCGC yang relatif kecil adalah ukuran bagasinya yang tidak terlalu luas. Dengan kata lain, Anda tidak akan bisa memuat banyak barang pada bagasi mobil LCGC.

4. Memiliki Kapasitas Penumpang yang Kecil

Sama halnya dengan ukuran bagasi, ukuran kabin untuk mobil LCGC pun tergolong kecil. Dengan ukurannya yang bisa dibilang mungil membuat kabin mobil LCGC biasanya hanya mampu memuat hingga 5 orang saja di dalamnya.

5. Banyak Fitur yang Tidak Tersedia

Dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, membuat mobil LCGC harus meniadakan beberapa fitur-fitur kelengkapan yang ada di mobilnya. Kebanyakan mobil LCGC dengan tipe terendah memang tak memiliki fitur keamanan seperti airbag ataupun rem ABS.

kekurangan-kelemahan-mobil-lcgc

7 Daftar Mobil LCGC Terbaik dengan Harga Terjangkau

1. Honda Brio (Mulai dari 146 Juta Rupiah)
2. Toyota Agya (Mulai dari 143 Juta Rupiah)
3. Datsun GO (Mulai dari 112 Juta Rupiah)
4. Daihatsu Ayla (Mulai dari 102 Juta Rupiah)
5. Toyota Calya (Mulai dari 147 Juta Rupiah)
6. Daihatsu Sigra (Mulai dari 119 Juta Rupiah)
7. Suzuki Karimun Wagon R (Mulai dari 120 Juta Rupiah)

 

mobil-lcgc-jenisnya

Pilih Mobil LCGC atau Mobil Bekas?

Pilihan untuk memilih mobil LCGC atau mobil bekas sebenarnya kembali lagi kepada kebutuhan Anda. Mobil LCGC cocok bagi Anda yang tidak terlalu peduli dengan fitur serta desain mobil yang mewah. Di sisi lain, jika Anda mencari mobil dengan ketahanan yang lebih lebih baik, mobil bekas sebenarnya lebih cocok bagi Anda.

Dengan harga yang sama, Anda dapat memilih antara mobil LCGC keluaran terbaru atau mobil bekas yang sudah berusia 4-5 tahun namun masih dalam kondisi yang prima. Keduanya memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing. 

Gimana sobat Carsome? Lagi kepikiran mana yang lebih efektif beli mobil baru atau bekas ya? 

Jual beli mobil bekas gampang banget terpercaya, mudah dan cepat di Carsome. Prosesnya sangat aman dan tentu harga penjualan mobil Anda bisa ditawar dengan harga yang tinggi. Yuk, segera daftarkan mobilmu di www.carsome.id dan jangan sampai ketinggalan berbagai promo menariknya! 

Baca juga: 16 Daftar Harga Mobil Dibawah 200 Juta Sepanjang Tahun 2021