Daihatsu Rocky 2021, SUV Ekonomis Fitur Unggul Harga Ekonomis!

Daihatsu Rocky 2021 memang belum secara resmi diluncurkan di pasar otomotif Indonesia, namun mobil ini sudah sangat ditunggu kedatangannya di Indonesia. Mobil Daihatsu Rocky sendiri pertama kali diluncurkan pada ajang Tokyo Motor Show 2019.

Mobil terbaru di Daihatsu Rocky sendiri masuk kedalam kategori mobil compact SUV ataupun crossover yang memiliki kapasitas penumpang hingga 5 orang dengan ukuran kabin yang tergolong cukup luas. 

Daihatsu Rocky juga menjadi salah satu varian mobil yang terdaftar dalam Keputusan Menteri Perindustrian Nomor 169 tahun 2021 yang mengatur tentang Kendaraan Bermotor dengan PPnBM atas Penyerahan Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah dan Ditanggung oleh Pemerintah pada Tahun Anggaran 2021. Namun, untuk saat ini besaran harga secara spesifik belum dapat dipastikan setelah PnBM mobil baru 0% 2021

daihatsu-rocky-indonesiasource: jppn.com

Dengan begitu, nantinya Anda dapat mendapatkan Daihatsu Rocky dengan harga yang lebih murah dari pada harga normal. Diprediksi nantinya Daihatsu Rocky akan menjadi primadona dalam kategori mobil SUV ekonomis, sama posisinya dengan Toyota Raize. 

Fakta menarik lainnya tentang Daihatsu Rocky adalah penggunaan sistem perpindahan gigi Continuously Variable Transmission atau CVT. Hal tersebut merupakan kali pertama Daihatsu akan menggunakan transmisi CVT untuk pasar Indonesia. Transmisi CVT sendiri memiliki beberapa perbedaan dasar dengan transmisi otomatis konvensional, terutama dari sisi mekanisme kerjanya. 

Jika pada transmisi 4 AT menggunakan planetary gear set untuk sistem perpindahan giginya, CVT menggunakan puli atau driven pulley serta sabuk baja sebagai komponen utama untuk penggerak giginya.

Dengan penggunaan CVT tersebut, Daihatsu Rocky akan memberikan sensasi berkendara yang lebih halus atau bahkan sama sekali tak terasa saat proses perpindahan kecepatannya. Selain itu, Anda juga dapat berkendara dengan akselerasi yang bertenaga serta mulus pada kecepatan yang rendah sekalipun. Teknologi CVT juga akan lebih menghemat bahan bakar serta berbunyi senyap pada kecepatan tinggi sekalipun.

Daihatsu sendiri telah mengklaim bahwa Dual Mode CVT yang nantinya akan digunakan pada mobil Daihatsu Rocky adalah teknologi pertama di dunia yang menggabungkan penggerak sabuk serta penggerak roda gigi. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan efisiensi transmisi, bahan bakar, serta menghasilkan akselerasi yang lebih baik dan lebih hening.

Spesifikasi Daihatsu Rocky 2021

Daihatsu Rocky 2021  
Mesin 1 KR-VET, 12-valve DOHC Intercooler Turbo Horizontal
Jenis Transmisi Automatic Continuously Variable Transmission (CVT)
Tenaga  72 kW (98 PS) / 6.000 rpm
Torsi  140 Nm (14.3 kg.m) / 2.400 – 4.000 rpm
Seater  5-seater
Panjang, Lebar, Wheelbase 3.995 mm, 1.695 mm, 1.620 mm
Rem Depan & Belakang Ventilated Disc & Drum
Suspensi Depan & Belakang MacPherson Strut Type Coil Spring & Torsion Beam

1. Dimensi Mobil

Daihatsu Rocky memiliki dimensi panjang x lebar x tinggi sebesar 3.995 mm x 1.695 mm x 1.620 mm dengan profil ban yang berukuran 195/5 dan dilengkapi dengan velg berukuran 16 inci.

2. Mesin Mobil

Daihatsu Rocky sudah ditenagai mesin yang berjenis 1 KR-VET dengan 12-valve DOHC Intercooler Turbo Horizontal. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga hingga 98 ps pada putaran 6.000 rpm serta torsi sebesar 140 Nm. Mobil ini juga telah dilengkapi dengan transmisi berjenis Automatic Continuously Variable Transmission (CVT) yang mampu menampung hingga 996 cc pada isi silindernya.

3. Bahan Bakar yang Digunakan

Daihatsu Rocky menggunakan bahan bakar berjenis bensin untuk mengisi 3 silindernya.

Fitur Daihatsu Rocky 2021

 

daihatsu-rocky-indonesia-interiorsource: otomotif.kompas.com

Meskipun tergolong ke dalam varian mobil yang menerima insentif PPnBM 0 persen, Daihatsu Rocky tetap dilengkapi dengan berbagai fitur yang menarik, lho! Dari sisi keamanannya, mobil ini sudah dilengkapi dengan fitur anti-theft system alarm serta engine immobilizer.

Selain itu, Daihatsu Rocky juga dilengkapi dengan anti-lock bracking system, electronic brake distribution, uphill & downhill assist control, vehicle stability control system, rearview camera, ISOFIX, airbag system (6 airbags), serta sabuk pengaman depan berjenis 3-point ELR seat belt with pretensioner & force limiter mechanism.

Interior Daihatsu Rocky 2021

Dengan ukuran kabin yang cukup luas, Daihatsu Rocky mampu memuat hingga 5 orang penumpang di dalamnya. Untuk urusan entertainment di dalam mobil, Anda tak perlu khawatir karena sudah tersedia touchscreen head unit dengan ukuran 8.0 inci yang dapat Anda gunakan untuk hiburan.

Interior Daihatsu Rocky pun dinilai sporty dan lumayan stylish dengan desain dashboard yang dibalut dengan warna abu-abu serta aksen alumunium pada bagian setir kemudi serta ventilasi AC. Selain itu, mobil ini juga dilengkapi dengan 9-inch smartphone linked display audio.

Eksterior Daihatsu Rocky 20

Daihatsu Rocky cocok bagi Anda yang mengidamkan mobil dengan kesan yang tegas, kokoh, dan gagah. Didesain dengan gril yang cukup besar, mobil ini juga terkesan sporty karena dilengkapi dengan headlamp LED yang agak runcing.

Seperti layaknya Toyota Fortuner, Daihatsu Rocky juga sudah mendapatkan pilar D yang mengambang. Hal tersebut menambah kesan mewah serta eksklusif pada tampilan Daihatsu Rocky yang memiliki bumper yang cukup tinggi pada bagian belakangnya.

Pada bagian lampu kabut depan Anda dapat menemukan lampu halogen, serta lampu LED rear combination lamp pada bagian belakangnya.

Harga Daihatsu Rocky 2021

 

daihatsu-rocky-2021sumber: dream.co.id

Meskipun harga pastinya belum keluar sebelum mobil ini resmi diluncurkan, namun beberapa pihak telah memprediksi harga jual dari varian mobil Daihatsu yang satu ini. Untuk range harga jual Daihatsu Rocky nantinya diprediksi akan berkisar di antara 180 juta rupiah hingga 250 juta rupiah. Gimana Sobat Carsome sedang menunggu-nunggu kapan keluarnya mobil ini, ya? Anda tidak perlu ragu untuk menjual mobil lama Anda di Carsome! 

Jual beli mobil bekas di Carsome sangat Terpercaya, Mudah, dan Cepat. Carsome memiliki lebih dari 1000 mitra terpercaya yang tersebar di Indonesia. Info lebih lanjut, Anda dapat hubungi kami

Baca juga: Cara Transaksi Jual Beli Mobil Tunai Aman dan Terpercaya, Mobil Laku Dalam 1 Jam Saja!