20 Mobil yang Cocok untuk Anak Muda, Keren dan Ekonomis!

Mobil yang cocok untuk anak muda tentunya mobil yang mengedepankan efisiensi dan mendukung mobilitas sehari-hari.  Namun, sebelum Anda membeli mobil, sudah pasti banyak sekali faktor yang harus diperhitungkan secara matang. Terlebih untuk anak muda zaman sekarang yang ingin membeli mobil yang berguna bagi mobilitas Anda di harga terjangkau.

Berbagai faktor mulai dari fitur-fitur mobil, keamanan, tampilan mobil dari sisi interior ataupun eksterior, serta tingkat efisiensi dari bahan bakar yang digunakan menjadi penting untuk diperhatikan. Nah, saat ini minat masyarakat Indonesia kebanyakan jatuh pada tipe mobil LCGC (Low Cost Green Car). Jika berkaca melalui trend di tahun 2020 lalu, mobil populer yang terjual di masa pandemi lalu adalah mobil yang bewarna hitam. Wah, bisa jadi trend saat ini masyarakat saat ini lebih memilih mobil dengan warna yang mencolok, ya? 

Jenis mobil LCGC menjadi tren saat ini. Konsumsi bahan bakarnya yang lumayan irit, serta dinilai cukup ramah lingkungan. Jadi, tidak heran jika banyak dari kalangan anak muda yang tertarik untuk membeli mobil LCGCBagi Anda yang masih bingung dalam menentukan pilihan, Carsome sudah memilih 10 mobil terbaik yang cocok untuk anak muda saat ini!

20 Mobil yang Cocok untuk Anak Muda

1. Daihatsu Ayla

Daihatsu Ayla merupakan pesaing utama dari merek Toyota Agya. Jika dilihat sekilas, kedua desain dari mobil ini sangat mirip. Tema anak muda yang diusungnya membuat Daihatsu Ayla semakin stylish, namun juga tidak melupakan kenyamanan pengemudi dan penumpang dalam berkendara.

Daihatsu Ayla sendiri masuk ke dalam kategori mobil LCGC yang dilengkapi mesin 3 silinder dengan kapasitas mesin mencapai 998 cc. Dari sisi keamanan, Daihatsu Ayla sudah dilengkapi dengan fitur AT shift lock, rear parking sendor, dan electric outer mirror.

Untuk harga Daihatsu Ayla memang terbilang ekonomis dan terjangkau. Anda bisa mendapatkan mobil yang irit bahan bakar dan mampu menampung hingga 5 orang penumpang dalam kabinnya. Menarik, bukan? Anda dapat meminang Daihatsu Ayla di CARSOME dengan kisaran harga mulai dari Rp80 jutaan dengan TDP mulai dari 5 jutaan saja. 

2. Suzuki Karimun Wagon R GS

Suzuki Karimun Wagon R GS merupakan alternatif bagi Anda yang tidak terlalu menyukai Agya ataupun Ayla. Dibekali dengan mesin DOHC 3 silinder dengan kapasitas mesin hingga 1000 cc membuat mobil ini irit bahan bakar.

Suzuki Karimon Wagon R GS  menempuh jarak sejauh 20,7 km hanya dengan 1 liter bahan bakar. Mobil ini tersedia dalam 8 warna menarik yang disesuaikan dengan tren anak muda saat ini, yaitu splash green, pearl white, silky silver, lagoon turquoise, radiant red, burgundy red, graphite grey, dan cool black. Anda dapat meminang Suzuki Karimun Wagon R GS di CARSOME dengan kisaran harga mulai dari Rp100 jutaan dengan cicilan rendah mulai dari 2 jutaan saja. 

3. Toyota Agya

Toyota Agya dikenal sebagai salah satu mobil yang paling irit bahan bakar karena mampu menempuh jarak hingga 19,3 km hanya dengan 1 liter bahan bakar. Hal tersebut dikarenakan Toyota Agya menggunakan mesin 1KR DOHC 12 Valve yang juga didukung dengan teknologi Electronic Full Injection (EFI).

Tak heran, Toyota Agya menjadi salah satu tipe mobil LCGC yang paling di kalangan anak muda saat ini. Kelebihan lainnya yang bisa ditonjolkan adalah ukuran kabin mobilnya yang dinilai cukup lega dan mampu menampung hingga 5 orang penumpang.

Demi mendukung kenyamanan dan keamanan pengendara, Toyota Agya dilengkapi dengan electronic power steering, power door lock, power windows, AC, dan eco model indicator yang dapat berfungsi untuk memberikan informasi terkait dengan penggunaan konsumsi bahan bakar yang sudah digunakan.

Anda dapat meminang Toyota Agya di CARSOME dengan kisaran harga mulai dari Rp100 jutaan dengan cicilan rendah mulai dari 2 jutaan saja. 

4. Datsun Go

Dilengkapi dengan mesin 1.200 cc dan torsi maksimum 104 Nm pada 5.000 rpm membuat Datsun Go diminati oleh banyak orang. Meskipun memiliki body yang terkesan kecil, Datsun Go mampu memuat hingga 7 orang penumpang di dalamnya.

Untuk bagian eksteriornya sendiri, Datsun Go dirancang dengan model yang futuristik dan terkesan kokoh. Datsun Go dapat menempuh jarak hingga 20,6 km hanya dengan 1 liter bensin.

Anda dapat memiliki Datsun Go di CARSOME dengan kisaran harga mulai dari Rp70 jutaan dengan cicilan rendah mulai dari 1  jutaan saja. 

5. Honda Brio Satya

Honda Brio berhasil mendapatkan penghargaan sebagai mobil LCGC terbaik di tahun 2015. Dengan desain yang dibuat mengikuti tren anak muda, Honda Brio Satya terbukti sangat irit dalam hal konsumsi bahan bakar. Honda Brio Satya sudah teruji mampu menempuh jarak hingga 21,2 km hanya dengan menggunakan 1 liter bahan bakar.

Mobil ini pun sudah lolos uji emisi standar EURO sehingga aman dan ramah untuk lingkungan. Dengan harga ekonomis yang ditawarkan, Anda sudah bisa mendapatkan mobil dengan desain sporty yang dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan. Fitur-fitur tersebut antara lain adalah sensor parking, rem ABS, foglamp, dan immobilizer.

Anda dapat memiliki Honda Brio Satya di CARSOME dengan kisaran harga mulai dari Rp130 jutaan dengan cicilan rendah mulai dari 2  jutaan saja. 

6. Daihatsu Sigra

Hampir mirip dengan Daihatus Ayla, Daihatsu Sigra yang juga masuk dalam kategori mobil LCGC besutan Daihatsu memiliki beberapa perbedaan. Mulai dari kapasitas (kursi) penumpangnya yang bisa memuat hingga 7 orang penumpang membuat Daihatsu Sigra cocok digunakan untuk anak muda hingga keluarga baru. Daihatsu Sigra juga dikenal karena mesinnya yang irit dalam hal pemakaian bahan bakar dan sangat cocok digunakan untuk jalanan perkotaan. 

Anda dapat memiliki Daihatsu Sigra di CARSOME dengan kisaran harga mulai dari Rp130 jutaan dengan cicilan rendah mulai dari 2  jutaan saja. 

7. Mitsubishi Mirage

Dibekali dengan mesin berteknologi DOHC MIVEC 1.193 cc, Mitsubishi Mirage turut menjadi pesaing mobil-mobil sebelumnya. Untuk urusan bahan bakar, Mitsubishi Mirage sudah teruji mampu menempuh jarak hingga 22,4 km hanya dengan menggunakan 1 liter bahan bakar.

Mitsubishi Mirage sendiri memiliki desain body yang elegan dan terkesan sporty sehingga sangat cocok digunakan oleh anak muda. Mobil ini telah dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan, mulai dari high tensile steel, rem ABS, immobilizer, hingga keyless entry

Anda dapat memiliki Mitsubishi Mirage di CARSOME dengan kisaran harga mulai dari Rp100 jutaan.

8. Suzuki Ignis

Mobil selanjutnya merupakan mobil LCGC andalan Suzuki yang dirilis di tahun 2020. Suzuki Ignis dengan generasi terbaru memiliki tampilan yang terlihat sangat macho namun juga unik karena dimensinya yang cenderung minimalis. 

Karena tergolong ke dalam mobil LCGC, Suzuki Ignis pun cukup irit dalam penggunaan bahan bakarnya karena didukung dengan mesin berjenis K12M yang berkapasitas 1.197 cc. Dilengkapi dengan teknologi multipoint injection, sistem pembakaran Suzuki Ignis dinilai cukup efektif dan mampu menekan konsumsi bahan bakar.

Anda dapat memiliki Suzuki Ignis di CARSOME dengan kisaran harga mulai dari Rp100 jutaan dengan cicilan mulai dari 3 jutaan.

9. Toyota Calya

Banyak yang beranggapan bahwa Toyota Calya merupakan saudara kembar dari Daihatsu Sigra karena desain dan tampilannya yang cukup mirip. Sama halnya dengan Sigra, Calya pun memiliki kabin yang luas dan mampu memuat hingga 7 orang penumpang di dalamnya.

Toyota Calya menjadi salah satu mobil LCGC dengan tingkat efisiensi bahan bakar yang cukup baik dan sangat cocok untuk digunakan sebagai city car. Bagi Anda yang tertarik dengan Toyota Calya, Anda harus mengeluarkan uang senilai 146 juta rupiah hingga 162 juta rupiah.

Anda dapat memiliki Toyota Calya  di CARSOME dengan kisaran harga mulai dari Rp115 juta dengan cicilan mulai dari 2 jutaan.

10. Mazda 2  SkyActiv

Mazda 2 SkyActiv sendiri merupakan pesaing dan alternatif dari Toyota Yaris ataupun Honda Jazz. Bagi Anda yang sedang mencari mobil hatchback untuk dikendarai di daerah perkotaan, Mazda 2 SkyActiv dapat menjadi salah satu pilihan Anda.

Memiliki desain yang terkesan agresif, Mazda 2 SkyActiv memiliki tampilan yang cenderung stylish dan sporty. Dari sisi performanya pun tidak perlu diragukan lagi, Mazda 2 SkyActiv dikenal sangat efisien dalam hal konsumsi bahan bakarnya. Selain itu, fitur yang dimiliki pun sangat mumpuni dan mampu menjadi kuda hitam di kelasnya.

Anda dapat memiliki Mazda 2 SkyActiv  di CARSOME dengan kisaran harga mulai dari Rp170 juta.

11. Nissan March

Salah satu mobil hatchback keluaran Nissan adalah Nissan March. Jika dilihat dari sisi eksterior maupun interiornya, Nissan March memang didesain khusus untuk kalangan anak muda. Pada bagian interior, Nissan March memiliki 7 inci pada head unitnya.

Untuk urusan mesin, Nissan March dikenal lincah karena memiliki suspensi yang lembut dan nyaman. Dilengkapi dengan mesin yang berkapasitas 1.2 L dan 1.5 L dan puncak terbesar torsi sebesar 102 Nm (4.000 rpm) membuat Nissan March cocok digunakan di perkotaan yang padat.

Anda dapat memiliki Nissan March di CARSOME dengan kisaran harga mulai dari Rp100 juta dengan cicilan rendah mulai dari 2 jutaan.

12. Toyota Yaris

Salah satu mobil yang cocok untuk digunakan anak muda  adalah Toyota Yaris. Dengan desainnya yang cukup trendy dan dilengkapi dengan berbagai fitur hiburan berbasis android membuatnya banyak menjadi pilihan bagi pelajar ataupun kaum milenial dengan mobilitas tinggi. 

Toyota Yaris pun masuk ke dalam kategori mobil yang irit dalam hal penggunaan bahan bakar. Memiliki mesin dengan tipe 1 NZ-FE 1,4 liter yang berjenis DOHC VVT-i membuat Toyota Yaris mampu menghasilkan tenaga hingga 109 ps.

Beberapa fitur yang tersedia di mobil ini antara lain adalah sistem navigasi, koneksi internet Wifi, 3 point seatbelt, dual STS airbags, immobilizer key, serta security system

Anda dapat memiliki Toyota Yaris di CARSOME dengan kisaran harga mulai dari Rp160 jutaan.

13. Honda Jazz

Dilengkapi dengan teknologi Drive by Wire menjadikan Honda Jazz sebagai salah satu mobil anak muda yang dikenal irit dalam hal pemakaian bahan bakar. Teknologi tersebut memberikan kemampuan untuk mengontrol throttle valve sehingga bisa dibuka dan ditutup demi mendapatkan akselerasi yang lebih presisi namun tetap hemat dalam hal penggunaan bahan bakar.

Mobil dengan tampilan eksterior yang dynamic dan sporty ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan internasional, seperti pedestrian protection, seatbelt adjuster, seatbelt 3P ELR, side impact beam, dan dual SRS airbags

Anda dapat memiliki Honda Jazz di CARSOME dengan kisaran harga mulai dari Rp200 jutaan.

14. Toyota Raize

Toyota Raize merupakan salah satu mobil terobosan Daihatsu New Generation Architecture (DNGA) dan merupakan hasil kolaborasi antara Daihatsu dan Toyota. Toyota Raize sendiri memiliki desain yang cenderung compact dan terkesan mungil serta modern.

Toyota Raize juga sudah dilengkapi dengan layar LCD 7 inci pada bagian interiornya sehingga sangat cocok bagi anak muda. Mobil yang tersedia dengan beberapa varian warna ini juga dinilai hemat dari sisi bahan bakarnya dan termasuk ke dalam salah satu mobil LCGC yang sedang laris di pasaran saat ini.

Anda dapat memiliki Toyota Raize di CARSOME dengan kisaran harga mulai dari Rp200 jutaan dengan cicilan mulai dari Rp5 jutaan.

15. Daihatsu Rocky

Rocky merupakan salah satu varian yang masuk ke dalam kategori mobil kecil murah inovasi Daihatsu. Rocky sendiri memiliki desain yang bisa dibilang modern dan menjadi salah satu terobosan dari Daihatsu New Generation Architecture (DNGA).

Daihatsu Rocky dilengkapi dengan mesin 1KR-VET 2 silinder 1.000 cc turbo incooler yang bertenaga 140 Nm pada 4.000 rpm.

16. Suzuki Swift

Suzuki Swift tersedia dalam 4 tipe, yaitu SZ-L, SZ-T, SZ5, dan SZ5 ALLGRIP. Bagi Anda yang tertarik dengan Suzuki Swift, Anda dapat mendapatkan mobil yang dilengkapi dengan mesin K14D bersistem 48V. Suzuki Swift menggunakan Hybrid 12 V dengan torsi maksimum 107 Nm pada 2.800 rpm.

17. Honda Freed

Honda Freed dikenal sebagai salah satu mobil favorit anak muda serta keluarga muda karena kesannya yang mewah. Mampu menampung hingga 8 orang penumpang, Honda Freed sangat cocok digunakan untuk berpergian dalam kota bersama dengan teman.

Honda Freed dilengkapi dengan mesin i-VTEC 1.5 SOHC 16 katup dengan kapasitas mesin 1.497 cc. Honda Freed sendiri dikenal sebagai mobil yang ramah lingkungan dengan torsi sebesar 146 Nm pada 4.800 rpm.

19. Suzuki Baleno

Suzuki Baleno yang hadir tahun 2019 lalu resmi tampil dengan desain Liquid Flow Design. Mobil Suzuki Baleno ini mengalami transformasi penting dari yang dahulunya dikenal dengan mobil sedan. Hingga saat ini Baleno dikenal menjadi Completed Hatchback. 

Namun, tidak sedikit yang menyebutnya sebagai City Car. Mobil ini dapat dimuat 5 penumpang dan memiliki tangki bahan bakar 37 liter. Untuk 1 liternya, Suzuki Baleno dapat menempuh 22.17 km untuk perjalan dalam ibu kota. Suzuki Baleno ini mobil yang diimpor dari India.

Fitur yang dikembangkan dalam mobil ini sudah setara dengan berbagai mobil City Car modern saat ini yang mengedepankan efektifitas pada teknologi headunit yang sudah dapat mengkoneksikan telepon. Harga Suzuki Baleno bekas di CARSOME saat ini adalah dibawah Rp 150 jutaan.

20. Daihatsu Sirion

Daihatsu Sirion menjadi City Car yang diminati oleh anak muda di tahun 2020 lalu dan menjadi city car terbaik di kalangan gen Z dalam ajang Marketeers Youth Choice Brands of The Year 2020. 

Interior dari mobil Sirion ini menjadi satu hal yang sangat mendukung mobilitas karena dilengkapi dengan berbagai kompartemen yang mendukung mobilitas Anda. Sirion juga dilengkapi dengan 4 buah air bag, sensor belakang dan depan hingga ISOFIX dan seatblet.

City Car memang di desain untuk membantu pergerakan Anda agar semakin mudah. Hal ini diterapkan pada Sirion khusunya pada bagian kemudi yang didesain agar memiliki injeksi autospeed sensing. Sehingga di berbagai cuaca seperti apapun, seluruh fungsi lampu dan wiper dapat dengan mudah diatur. Tidak mau kalah, mobil Sirion 1 liternya dapat mencapai 20 km dengan kecepatan rata-rata 90km/jam. Untuk saat ini Anda bisa mendapatkan Daihatsu Sirion bekas dengan cicilan mulai dari Rp2 jutaan di CARSOME.

Jual mobil bekas sekarang lebih mudah dengan CARSOME, lho! Anda bisa tukar tambah dengan mobil bekas yang CARSOME miliki. Untuk menjual mobil, prosesnya sangat terpercaya, cepat dan mudah. Nah, itu dia berbagai rekomendasi mobil yang cocok untuk anak muda di zaman modern saat ini. Selain mendukung mobilitas, mobil di atas ini tergolong ekonomis dan terjangkau harganya bagi Anda para pemuda. Jika ada pertanyaan atau informasi lebih lanjut mengenai jual mobil bekasmu, silahkan hubungi kami!

Baca juga: Cara Jual Mobil Bekas Cepat Laku, Ini 15 Tips Jitunya!