Hal Harus Diperhatikan Ketika Membeli Mobil MPV Bekas 

MPV masih menjadi primadona dalam pasar otomotif Indonesia. Pilihannya pun beraneka ragam, mulai dari Toyota Avanza, Daihatsu Terios, Suzuki Ertiga, Honda Mobilio, hingga Mitsubishi Xpander. Lantas hal apa saja yang harus diperhatikan ketika membeli MPV bekas?

Mobil keluarga dengan daya tampung 7 penumpang seperti MPV masih menjadi daya tarik untuk konsumen otomotif di Indonesia. Sifat kekeluargaan yang kuat di Indonesia menjadi salah satu faktor mengapa mobil ini masih laris dari dahulu hingga saat ini. 

Namun tidak semua orang mempunyai anggaran yang cukup untuk membeli mobil baru. Maka solusi untuk mendapatkan MPV impian adalah membeli mobil bekas. Sebelum membeli mobil bekasnya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

  • Kondisi Mesin

Poin paling utama dalam membeli MPV bekas adalah kondisi mesin. Untuk memastikan hal ini, cara paling mudah ialah melihat jejak rekam servis pemilik sebelumnya. Bila masih berusia muda dibawah 5 tahun, biasanya masih rutin ke bengkel resmi. Ini bisa dilihat dari buku servis yang didapat dari pabrikan.

Namun bila sudah berusia cukup tua, lakukan test drive dan pastikan mobil berjalan dengan baik. Tidak hanya saat berakselerasi tapi juga saat pindah gigi baik manual maupun otomatis. 

Periksa bagian cairan seperti oli mesin, minyak rem dan radiator. Pastikan tidak ada kebocoran dan masih dalam kondisi baik. Jangan lupa untuk memeriksa kondisi baterai aki  apakah masih mempunyai tegangan voltase yang normal atau sudah mulai lemah.

  • Kaki-kaki

Bagian lain yang juga wajib diperiksa adalah kaki-kaki alias suspensi. Tidak hanya kondisi ban atau velg tapi juga shockbreaker dan komponen dalam lainnya. Untuk awalan bisa saja diuji ketika melakukan test drive melewati polisi tidur atau jalanan agak rusak. Bila terasa bantingannya terlalu keras atau malah terlalu lembut maka kemungkinan ada komponen yang bermasalah.

Namun cara paling benar adalah membawa ke bengkel spesialis kaki-kaki. Sehingga bisa dipastikan apakah ada komponen-komponen yang harus diganti atau masih baik. Umumnya para pemilik mobil ini pernah menggunakannya untuk keluar kota.

  • Sirkulasi Udara Atau AC

AC atau sirkulasi udara menjadi bagian penting lainnya yang juga wajib diperiksa. Saat melakukan test drive, coba nyalakan AC pada posisi terendah, rasakan apakah sejuk atau tidak? Bila sudah dalam waktu 5 menit belum merasa sejuk dan harus dinaikkan kekuatan anginnya, kemungkinan ada komponen yang harus diganti.

Umumnya komponen seperti filter AC yang harus dibersihkan bila kotor. Namun bila sudah terlalu parah kondisinya, maka harus diganti. Kerusakan terparah pada komponen AC ialah kompresor yang sudah rusak atau freon yang kerap harus diisi. Bila kompresor harus diganti, hal ini akan membutuhkan biaya yang besar.

  • Keuntungan Membeli MPV Sejuta Umat

Membeli MPV sejuta umat yang banyak dipakai seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, Honda Mobilio dan Mitsubishi Xpander punya keuntungan. Seperti depresiasi harga yang tidak setinggi model lain mengingat permintaan pasar masih tinggi dengan model mobil seperti ini.

Keuntungan lainnya ialah harga spare part terjangkau dan banyak dijual. Populasi mobil yang sangat banyak membuat bengkel sudah menyiapkan spare parts fast moving. Sehingga tidak perlu khawatir menunggu terlalu lama saat mobil bermasalah. Pun harga yang dijual lebih terjangkau.

Cek mobil di sini

Bila Anda tipe bepergian yang beramai-ramai mengajak keluarga, maka MPV menjadi pilihan ideal mengingat kapasitas hingga 7 orang termasuk pengemudi. Bagasi yang diberikan juga cukup untuk menaruh barang bawaan selama perjalanan.

  • Cari MPV Keluarga di CARSOME saja

Mobil-mobil MPV banyak tersedia di CARSOME. Mencari MPV keluarga impian pun akan lebih mudah melalui website CARSOME.id, dengan filter yang komplit. Anda bisa mencari MPV impian berdasarkan merek dan model, tipe mobil, anggaran, tahun produksi, transmisi, jarak tempuh, warna, dan tentunya sudah ada jaminan CARSOME Certified untuk semua mobil yang ditawarkan.

Bila ingin melihat langsung mobilnya, Anda bisa mengunjungi CARSOME Experience Center terdekat di kota Anda dan mencoba test drive GRATIS dari rumah.

Untuk info lebih lanjut bisa hubungi Call Center kami di (021) 5020 2030 pada hari Senin sampai Minggu jam 08.30 sampai 17.30 WIB atau segera mengakses website CARSOME.