Penyebab AC Mobil Tidak Dingin, Kapan Harus Diganti?

Penyebab AC mobil tidak dingin biasanya diakibatkan karena freon mobil yang tidak berfungsi dengan baik. AC atau air conditioner (pendingin udara) merupakan salah satu fitur utama dalam sebuah kendaraan yang biasanya Anda gunakan setiap kali berkendara. Namun, pernahkah Anda mengalami permasalahan AC mobil tidak dingin dan tidak berfungsi dengan optimal?

Apabila saat AC dinyalakan ternyata hanya menghembuskan angin yang pelan dan kurang dingin, mungkin kondisi AC yang Anda gunakan harus diperiksa. Selain itu, beberapa AC yang bermasalah juga bisa mengeluarkan suhu panas di dalam kabin. Hal tersebut tentu saja sangat membuat pengalaman berkendara Anda menjadi tidak nyaman.

penyebab-ac-mobil-tidak-dingin

Pengharum AC mobil bisa menyebabkan kerusakan pada AC mobil. Hindari juga memasang pengharum pada ventilasi AC, sehingga membuat kisi-kisi AC rusak dan tidak dinging. Dalam artikel ini akan dibahas penyebab AC mobil tidak dingin, bagaimana cara untuk mencegahnya beserta dengan langkah perbaikan yang harus dilakukan. Selengkapnya hanya di Carsome!

Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

1. Freon Kurang atau Bahkan Habis

Salah satu penyebab utama dan yang paling umum terjadi pada permasalahan AC mobil yang kurang dingin adalah berkurangnya jumlah freon yang digunakan. Berkurangnya jumlah freon atau bahkan hingga kekosongan freon biasanya disebabkan karena beberapa faktor.

Faktor-faktor tersebut antara lain karena adanya kebocoran freon pada sambungan pipa, relief valve, dan saft yang terletak pada bagian kompresor dalam mobil. Cara kerja AC itu sendiri bergantung pada bagian dari freon, untuk itu lakukan pengecekan secara manual dengan melihat melalui filter AC saat mesin menyala.  Anda juga bisa mengecek lubang pengisian freon. Jika Anda tekan atau tusuk dengan paku dan menyemburkan gas, maka ini tandanya freon masih tersisa.

2. Kondensor AC yang Kotor

Kondensor AC yang kotor atau bahkan sudah berkarat ternyata juga dapat menyebabkan gangguan pada AC. Kondisi yang kotor membuat kondensor tidak dapat bekerja secara optimal dalam rangka membuang panas dari gas yang bertekanan tinggi dari dalam kompresor.

Akibat hal itu, proses kondensasi yang terjadi pun tidak dapat berjalan secara maksimal sehingga menyebabkan AC mobil menjadi tidak dingin.

3. Motor Extra Fan Mulai Lemah atau Mati

Extra Fan sendiri merupakan sebuah komponen yang terletak di bagian depan kondensor dan berfungsi dalam proses kondensasi pada kondensor. Dengan melemahnya putaran extra fan atau bahkan extra fan yang sudah tidak menyala lagi membuat proses kondensasi tidak akan berjalan dengan optimal. 

Itulah mengapa Anda harus selalu mengecek extra fan secara berkala. Pastikan extra fan selalu menyala atau berputar saat kondisi mesin mobil dinyalakan.

4. Kompresor yang Aus

Penyebab AC mobil tidak dingin yang selanjutnya adalah kompresor AC mobil yang sudah aus. Salah satu tanda-tanda jika kompresor AC mobil Anda sudah mulai aus atau bahkan rusak adalah tekanan AC yang tidak normal.

Anda dapat melakukan pengecekan pada sight glass, apabila sudah terlihat berwarna kehitaman maka dapat dipastikan terdapat permasalahan pada bagian receiver dryer ataupun expansion valve.

5. Thermostat yang Bermasalah

Thermostat atau yang biasa disebut dengan thermistor cooler merupakan salah satu komponen yang berfungsi untuk membaca temperatur serta suhu yang terdapat di dalam evaporator. Data suhu tersebut nantinya akan diteruskan ke bagian amplifier.

Apabila thermostat dalam mobil Anda rusak, sistem AC akan dapat terganggu karena pengiriman data suhu ke amplifier tidak dapat optimal. Hal tersebut juga dapat berakibat pada AC mobil tidak dingin.

6. Drivebelt atau Fanbelt yang Putus

Drivebelt atau fanbelt merupakan komponen yang berfungsi untuk menyalurkan putaran mesin pada kompresor mobil Anda. Fanbelt yang putus menyebabkan kompresor tidak dapat berputar. Hal tersebut membuat freon yang ada dalam mobil tidak dapat bersirkulasi dan menyebabkan kabin mobil Anda terasa panas.

7. Penggunaan Oli Kompresor yang Berlebihan

Siapa sangka ternyata penggunaan volume oli pada kompresor yang berlebihan juga dapat menyebabkan AC mobil menjadi tidak dingin. Penggunaan volume oli yang berlebih dapat membuat ruang untuk freon berkurang. Hal tersebut berakibat pada jumlah freon yang kurang memadai sehingga kondisi mobil menjadi kurang dingin.

8. Saluran Pembuangan Air Kondensasi yang Tersumbat

Salah satu cara untuk mengetahui tersumbatnya saluran pembuangan air kondensasi adalah dengan melihat kondisi dasbor mobil. Apabila tersumbat, maka akan terjadi kebocoran atau dasbor mobil yang berembun saat AC mobil dinyalakan.

Hal tersebut menyebabkan AC mobil tidak dingin dan dapat memunculkan bau yang tidak sedap di dalam mobil karena kondisi karpet mobil yang basah dan lembab.

9. Magnetic Clutch yang Rusak

Penyebab AC mobil tidak dingin berikutnya adalah kondisi magnetic clutch yang rusak ataupun putus. Salah satu cirinya adalah saat kompresor AC mobil Anda tidak bekerja padahal fanbelt mobil Anda berfungsi dengan baik.

10. Evaporator yang Tersumbat atau Kotor

Kondisi evaporator yang tersumbat dan kotor dapat mengambat aliran udara yang akan berhembus dari blower. Hal tersebut berujung pada sistem sirkulasi AC yang kurang lancar.

Cara Pencegahan AC Mobil yang Tidak Dingin

  • Jaga selalu kebersihan kabin.
  • Tutup jendela mobil selama berkendara.
  • Jangan merokok di dalam mobil.
  • Selalu bersihkan kondensor mobil ketika mencuci mobil.
  • Memasang filter kabin.
  • Selalu periksa kipas kondensor secara berkala.
  • Pilihlah tempat atau area parkir yang sejuk saat akan memarkirkan mobil dalam waktu yang cukup lama.
  • Hindari menyalakan AC mobil secara langsung saat mobil baru dihidupkan.

Cara Perbaikan AC Mobil yang Tidak Dingin

Apabila AC mobil Anda sudah terlanjur tidak dingin, mau tidak mau Anda harus membawanya ke bengkel resmi untuk melakukan perbaikan atau bahkan penggantian komponen. Hal tersebut karena AC merupakan salah satu komponen penting yang keseluruhannya tertanam pada bagian dalam mobil, sehingga memerlukan tenaga ahli untuk membongkarnya.Nah begitulah cara kerja AC, jika Anda mendapati AC mobil tidak dingin segera lakukan dan kenali penyebab di atas. Semoga semua informasi diatas dapat bermanfaat, ya! 

Jual beli mobil bekas di Carsome terpercaya, mudah, dan cepat! Tidak perlu menunggu lama, proses transaksi berlangsung secara aman. Hindari berbagai modus penipuan yang sering terjadi. Kenali resiko jual beli mobil bekas online dan kenali berbagai penipuannya

Baca juga: 19 Mobil Terbaru 2021 Spesifikasi, Review, dan Kisaran Harga